Kesalahan Dalam Menulis Artikel yang Sering Terjadi

Kesalahan Dalam Menulis Artikel – Halo semuanya, artikel adalah sebuah tulisan atau karangan lengkap dan valid dengan panjang tertentu yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada publik melalui media internet.

Kesalahan Dalam Menulis Artikel

Informasi yang diberikan juga dapat melalui koran, majalah, atau media lainnya. Informasi yang diberikan pun haruslah berdasarkan fakta, mendidik atau bisa juga menghibur.

Baca juga: Menulis Artikel yang Kurang Tepat dari Blogger

Menulis bukanlah sekedar memberikan tulisan kepada publik melalui media blogger. namun harus ada informasi yang bermanfaat yang diberikan kepada setiap mereka yang membacanya.

Kesalahan Dalam Menulis Artikel

1. Artikel Tidak Informatif

Pada saat ingin memberikan sebuah konten bacaan kepada publik, semestinya ada sebuah informasi yang bisa didapat pembaca setelah mereka membaca artikel yang Anda buat.

Artikel harus berdasarkan data yang akurat dan valid dengan begitu tulisan Anda akan dinilai berbobot dan bermanfaat.

Baca : Bagaimana Mendapatkan Ide Menulis

2. Artikel Berantakan

Artikel yang berantakan adalah tulisan yang dibuat secara tidak tertata atau tersusun secara rapi sehingga sulit dimengerti oleh pembaca.

Contoh tulisan yang berantakan seperti, penggunaan kosa kata yang tidak tepat penempatannya, penggunaan tanda baca yang kurang tepat, menggunakan bahasa-bahasa yang sulit dimengerti, dan lain sebagainya.

Dengan konsep bacaan yang tertata rapi tentunya akan membuat pengunjung tidak merasa bingung dan akan sangat mudah untuk memahami inti sari dari konte situs Anda.

Jadi sebaiknya mulailah menulis dengan beberapa kalimat diawal, lalu di ikuti point artikel dan terakhir kesimpulan dari tulisan yang Anda buat.

Baca : Modal Dasar Menulis Artikel

3. Paragraf  Berlebihan

Kesalahan dalam menulis artikel berikutnya adalah penggunaan jumlah paragraf yang berlebihan akan membuat pengunjung merasa bosan dan kurang betah membaca.

Sebaiknya gunakan hanya 3 baris dalam setiap paragraf karena tampak lebih rapi dan akan mudah dimengerti oleh pembaca.

Artikel dengan jumlah karakter yang baik menurut saya 500-700, boleh saja sampai ribuan karakter namun tulisannya harus tertata rapi, seperti yang saya katakan sebelumnya.

Jumlah diatas adalah jumlah yang standar dan ideal untuk sebuah tulisa di blog. Boleh saja lebih karena dasarnya artikel adalah sebuah bacaan dengan data yang terlengkap.

Namun jika dengan 500 kata tersebut sudah dapat mencakup semua materi dengan lengkap, kenapa harus diperpanjang? Logikanya kan seperti itu.

4. Penggunaan Bahasa Gaul

Sebenarnya tidak dilarang untuk menggunakan bahasa gaul. Keadaan dan waktu yang tepat dalam menggunakan sebuah bahasa adalah hal terpenting karena tidak semua orang dapat memahaminya.

Jadi sebaiknya gunakan bahasa yang memang lazim dan mudah dipahami sehingga tidak membuat pengunjung Anda bingung dan pergi mencari jawaban di blog lainnya.

Kesimpulan

Membuat sebuah tulisan yang dibagikan kepada publik haruslah informasi yang berbobot dan mudah dipahami setiap pembacanya.

Menulis tidaklah sesusah yang dipikirkan jika kita ingin belajar dan terus menulis, maka dengan sendirinya Anda akan terbiasa dengan semua hal tentang menulis.

Baca Juga : Cara Cepat dan Mudah Menulis Artikel

Itulah beberapa kesalahan dalam menulis artikel yang sering terjadi didalam dunia blogging.

Untuk menghilangkannya kebiasaan buruk tersebut, Anda harus membiasakan diri dengan gaya penulisan yang baik dan rapi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih,

Tinggalkan komentar