Kekurangan Berjualan di Marketplace dan Cara Membuat Toko Online

Kekurangan Berjualan di Marketplace – Halo Indonesian Blogger, Ada banyak cara untuk mulai berjualan secara online, seperti berjualan di jejaring sosial seperti Facebook atau Instagram, marketplace, dan toko online sendiri.

Kekurangan Berjualan di Marketplace

Ketika Anda baru mengenal dunia online, Anda dapat mencoba berjualan di jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram. Menjual di jejaring sosial adalah cara termudah untuk menjual secara online.

Anda hanya perlu untuk melakukan update post setiap harinya untuk menawarkan produk atau layanan yang Anda tawarkan di akun media sosial tersebut. Saat ada yang ingin membeli produk, tentunya akan langsung bertransaksi dengan Anda.

Namun, berjualan di jejaring sosial memiliki kelemahan. Salah satunya adalah bahwa data pembeli tidak dapat direkam dengan jelas. Anda harus mencatat semua penjualan, pemasukan, dll secara manual jika Anda ingin mendapatkan informasi penjualan Anda.

Selain menggunakan media sosial, Anda juga dapat memanfaatkan marketplace seperti bukalapak, tokopedia, dan lain sebagainya untuk memperluas jangkauan penjualan Anda.

Baca juga: Cara Mencari Produk Untuk Dijual Kembali

Namun sebelum Anda memutuskan berjualan di marketplace, Anda juga harus tahu terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan berjualan di marketplace yang akan saya bahas dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Marketplace

1. Kelebihan Marketplace

Banyak Calon Pembeli Berkumpul

Secara logika, marketplace sudah memiliki nama baik di masyarakat sehingga orang-orang sudah tahu kemana mereka harus pergi ketika ingin membeli sesuatu.

Contohnya, Anto ingin membeli sebuah jam tangan, pastinya Anto akan langsung ke marketplace kesayangannya seperti tokopedia, bukalapak, dan lain sebagainya untuk mencari barang yang dia butuhkan.

Dari contoh diatas, dapat disimpulkan bahwa pedagang tidak perlu lagi berusah payah untuk mencari calon pembeli karena sangat banyak orang setiap harinya yang mencari produk yang mereka butuhkan di marketplace.

Tidak Membuat Pembeli Ragu

Terkadang calon pembeli ragu untuk berbelanja di online shop yang kurang terkenal, karena apa? Pasti Anda sudah tahu sebabnya! YA karena takut terkena penipuan online yang bermodus online shop.

Namun jika Anda berjualan di marketplace, keraguan pembeli tersebut dapat dilunturkan karena adanya fitur rekening bersama yang disediakan oleh marketplace. Apa itu rekening bersama?

Rekening bersama (Rekber) adalah suatu perantara yang menjembatani pembayaran transaksi jual beli antara penjual dan pembeli yang bersifat netral, tidak memihak penjual maupun pembeli.

Baca juga: Tips Sebelum Memulai Bisnis yang Wajib Diketahui

Dengan rekening bersama, Pembeli tidak akan takut terkena penipuan, karena jika produk belum sampai ketangan pembeli maka uang masih aman karena akan tersimpan di perantara.

Setelah transaksi berhasil dan produk telah sampai pada pembeli, barulah uang tersebut di transfer oleh perantara kepada penjual.

Jangkauan yang Lebih Luas

Kelebihan berjualan online di marketplace berikutnya adalah memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan Anda berjualan secara offline. Dengan kata lain, produk yang Anda jual akan lebih banyak dilihat calon pembeli.

Jika berjualan secara offline, tentu saja jangkauannya hanya seputar daerah toko tersebut, sehingga penjualan pun hanya sebatas daerah atau kota tersebut saja.

Harga Sewa yang Terjangkau

Marketplace sebenanya menggratiskan penjual yang ingin menggunakan platform mereka untuk berjualan. Namun, tentu saja dengan keterbatasan yang diberikan. Contohnya batas maksimal upload produk, badge toko, dan lain sebagainya.

Tapi, Anda juga dapat menyewa toko dengan membayar kepada marketplace tersebut untuk mendapatkan kelebihan lain seperti tidak ada batas upload, mendapatkan badge top seller dan lain sebagainya.

Harga sewa di marketplace tentu saja sangat terjangkau dibandingkan Anda harus menyewa ruko dengan biaya puluhan juta/tahun dan tidak mendapatkan jangkauan yang luas pula.

Mendapatkan Promosi Gratis dari Marketplace

Terkadang marketplace menggunakan gambar produk Anda sebagai media promosi mereka dan mengarahkan link promosi tersebut langsung ke produk Anda, tentu saja itu sebuah keuntungan karena termasuk promosi gratisan.

Itulah dia beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari berjualan di marketplace. Sekarang simak apa saja kekurangan berjualan di marketplace dibawah ini.

2. Kekurangan Berjualan di Marketplace

Perang Harga Antara Penjual Lain

Sebenarnya hal ini Anda tidak perlu terlalu khawatir, ada banyak cara untuk mengatasi hal ini. Akan saya bahas dilain waktu bagaimana tips nya.

Baik, lanjut, sama halnya sebuah pasar, tentu saja ada banyak pesaing yang menjual produk yang sama persis dengan Anda. Salah satu cara penjual agar produk mereka laris adalah menurunkan harga untuk menarik pembeli.

Tentu saja jika Anda juga ikut menurunkan harga maka keuntungan yang didapat juga sangat kecil. Yang seharusnya dapat profit Rp 50.000 tapi karena perang harga Anda hanya dapat RP 30.000.

Baca juga: Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Jumlah Pesaing yang Banyak

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa di marketplace adalah tempat berkumpulnya ribuan penjual dan produk yang dijual sangat banyak sehingga persaingan menjadi sangat ketat.

Hal ini harus segera Anda cari solusi atau strategi yang tepat agar tidak kalah bersaing dengan penjual lainnya.

Bukan Tempat Membangun Brand Awareness

Dengan Anda berjualan di marketplace itu berarti Anda hanya menyewa di platform tersebut. Yang Anda bangun adalah branding dari marketplace tersebut, bukan brand atau nama toko Anda sendiri.

Contoh: Anda punya toko di bukalapak yang bernama “Metro T-Shirt”, Lalu ada pembeli yang bernama Mawar. Kemudian, teman si mawar bertanya “Beli dimana bajunya?”, apa yang akan diucapkan mawar?

Tentu saja mawar akan menjawab dengan “Di bukalapak” bukan menyebutkan nama toko Anda “Metro T-Shirt”, itulah mengapa saya katakan marketplace merupakan tempat yang sulit untuk membangun brand awareness.

Tidak Memiliki Kontrol Penuh

Jika Anda berjualan di marketplace, itu artinya Anda hanya menyewa tempat saja di marketplace, maka Anda tidak akan mendapatkan kontrol penuh terhadap marketplace tersebut.

Anda juga diwajibkan untuk tetap patuh kepada aturan yang dibuat oleh pihak marketplace. Berbeda jauh jika Anda memiliki toko online sendiri, Anda bisa mengontrol penuh tanpa adanya batasan.

Mengapa Harus Memiliki Toko Online Sendiri?

Setelah Anda membaca ulasan diatas, mungkin Anda akan bertanya mengapa Anda harus memiliki toko online Anda sendiri. Berikut ini saya berikan alasan yang terpentingnya saja agar tidak terlalu panjang.

Sangat Mudah Membangun Branding

Jika tadi Anda kesulitan membangun branding di marketplace, tapi jika Anda memiliki toko online Anda sendiri maka branding akan lebih mudah untuk dilakukan. Sebaiknya mulai branding Anda mulai sekarang.

Baca juga: Pengertian Dan Cara Membangun Brand Awareness

Tidak Perang Harga

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa di marketplace pasti terjadi perang harga antar penjual lain untuk menjual produk mereka. Dengan perang harga tentu saja keuntungan yang Anda dapat juga berkurang.

Namun, jika Anda menggunakan toko online sendiri, perang harga tidak akan terjadi. Anda dapat menentukan harga Anda sendiri pada toko online Anda sendiri tanpa ada persaingan.

Promosi yang Tepat Sasaran

Marketplace memang sering menggunakan produk client mereka sebagai media promosi, namun bisa Anda bayangkan berapa penjual yang ada dimarket place tersebut?

Jika Anda mempromosikan toko online Anda pada marketplace tersebut sama dengan Anda mempromosilan produk toko penjual lain. Berbeda cerita jika Anda memiliki toko online Anda sendiri.

Dengan memiliki toko online sendiri, Anda hanya mempromosukan website atau toko online Anda saja. Anda mengarahkan pengunjung langsung ke website Anda sendiri bukan memberi peluang kepada penjual lainnya.

Masalah Pembayaran

Saat ini 90% marketplace menggunakan rekening bersama untuk menjaga transaksi tetap aman, namun kekurangan dari rekening bersama adalah Anda tidak menerima pembayaran secara langsung.

Namun, Anda harus mengirim barang atau produk yang dipesan terlebih dahulu sehingga resiko pengiriman harus Anda tanggung sendiri karena marketplace tidak akan mau menanggung kerugian yang terjadi.

Setelah produk/barang yang Anda kirim sampai, barulah uang Anda dapat dicairkan ke saldo toko Anda. Namun, dengan memiliki toko online sendiri, Anda mendapatkan pembayaran terlebih dahulu baru pesanan dikirimkan kepada pembeli.

Bagaimana Cara Membuat Toko Online Sendiri

Jika Anda ingin membuat toko online Anda sendiri, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, yaitu sebagai berikut;

Membuat Sendiri Toko Online Anda

Jika Anda adalah orang yang paham dengan coding dan web development, tentu saja membuat dan mendesain toko online bukanlah perkara yang sulit. Cara ini hanya diperuntukan bagi Anda yang berpengalaman dibidang ini.

Bagaimana jika saya tidak paham coding dan web development? Tenang saja Anda tetap bisa membuat toko online Anda sendiri dengan menggunakan jasa. Jasa seperti apa? simak pada point berikutnya.

Menggunakan Jasa Pembuatan Toko Online

Seperti point sebelumnya, jika Anda tidak paham coding, Anda bisa mengguankan jasa pembuatan website yang banyak tersedia. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin ribet dengan urusan teknis pembuatan website.

Kami juga menyediakan jasa pembuatan toko online, yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda mengembangkan dan memperluas jangkauan bisnis Anda, dan tentu saja dengan harga yang sangat terjangkau.

Membuat Toko Online dengan CMS Toko Online

Jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan ribetnya membangun toko online, Anda bisa membangun toko online Anda dengan menggunakan CMS gratis yang khusus untuk toko online. Berikut CMS yang bisa Anda gunakan;

  1. Opencart
  2. PrestaShop
  3. AbanteCart
  4. Magento
  5. WooCommerce

Walaupun CMS ini gratis, namun Anda tetap perlu sewa hosting dan domain untuk menggunakan CMS ini. Anda bisa menyewa hosting dan domain di Gapurahoster, dan mulai membangun toko online Anda sendiri.

Penutup

Itulah dia pembahasan tentan kelebihan dan kekurangan berjualan di marketplace, kenapa harus membuat toko online sendiri dan juga cara membuat toko online, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada teman-teman Anda agar lebih bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *