Kebiasaan yang dapat Merusak Smartphone Anda dengan Cepat

Kebiasaan yang Merusak Smartphone – Halo semuanya, smartphone sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi kalangan masyarakat.

kebiasaan yang merusak smartphone

Bisa kita lihat orang dewasa, remaja, bahkan anak kecil sudah sangat pandai mengaplikasikan ponsel cerdas ini. Pada beberapa tahun kebelakang, handphone yang memiliki kamera saja sudah dianggap paling keren.

Namun berbanding terbalik dengan saat ini, jika Anda punya gadget yang hanya memiliki kamera dan bisa nelpon atau sms doang wah bisa-bisa dihujat kawan-kawan.

Mungkin banyak yang beralih dari handphone standart ke smartphone canggih karena fungsi dan kebutuhan masing masing setiap orang.

Tapi namanya juga peralatan elektronik ya dasarnya mudah rusak, baik itu karena penggunaan yang tidak wajar atau ada faktor lainnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Dark Mode Instagram yang Tidak Bisa

Berikut ini beberapa kebiasaan pengguna gadget yang menyebabkan sebuah smartphone atau gadget mudah mengalami kerusakan.

Kebiasaan yang Merusak Smartphone

1. Charge Gadget Berlebihan

Kebiasaan yang merusak smartphone paling pertama dan paling banyak menyebabkan kerusakan adalah charge gadget secara berlebihan.

Smartphone adalah ponsel yang paling cepat menghabiskan daya dibanding dengan handphone jadul yang cuma bisa SMS dan nelpon.

Biasanya pengguna smartphone sangat intens dalam menggunakan gadget, baik untuk chatting,bermain games ataupun membuka medial sosial.

Kegiatan tersebut dilakukan rutin bahkan bisa setiap menit sehingga daya dari gadget sangat cepat habis. Dan biasanya pada malam hari mereka akan melakukan charge dan meninggalkannya tidur.

Kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kelangsungan batrei gadget karena dapat mengalami kebocoran sehingga umur batrei tidak akan bertahan lama.

Jadi sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan charge batrei gadget. Ketika ada waktu luang dimana gadget tidak digunakan maka manfaatkanlah waktu itu untuk mengisi daya gadget.

Baca juga: Cara Melindungi Smartphone dari Hacker

Namun ada juga tipe gadget yang bisa stop mengaliri listrik ke baterai jika sudah full. Jadi walaupun di charge sampai pagi, tidak masalah, karena akan distop oleh sistemnya.

2. Wifi , Bluetooth, dan Data Seluler

Rata rata pengguna smartphone sangat jarang mematikan Wifi, Bluetooth dan data selulernya karena merasa tidak masalah. Tapi sebenarnya semua itu dapat menghabiskan daya batrei secara rakus karena akan terus mencari sinyal.

Jadi sebaiknya jika memang tidak digunakan lebih baik di OFF kan saja karena lebih dapat meminimalisir penggunaan daya yang berlebihan.

3. Menggunakan Charger Palsu

Setiap pembelian sebuah gadget pasti akan selalu disertai dengan charger original bawaan pabrik yang memang pas dan sesuai dengan gadget itu sendiri.

Pas disini maksud saya adalah memang arus listrik yang dibutuhkan gadget itu tidak berlebihan atau bahkan kurang untuk digunakan mengisi daya.

Mengisi daya dengan charger palsu dengan daya kebutuhan dari gadget yang dak pas maka dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada komponen batrei gadget Anda.

Jadi sebaiknya gunakan charger bawaan handphone yang memang telah disesuikan dayanya. Gunakan charger original secara baik dan benar agar dapat bertahan lama dalam penggunaanya.

4. Menggunakan Gadget Pada Suhu Extrim

Hindari penggunaan gadget dengan langsung terpapar dengan matahari karena jika terlalu sering maka komponen dalam gadget Anda dapat mengalami kerusakan.

Baca juga: Video Editor di Android untuk Youtuber

Selain itu juga dapat membuat mesin utama dari gadget Anda akan terasa panas. Jadi sebaiknya gunakan gadget pada suhu ruangan yang tidak terpapar matahari secara langsung.

5. Tidak Pernah Dimatikan

Kebiasaan yang merusak smartphone lainnya adalah tidak pernah mematikannya. Karena merasa selalu dibutuhkan maka seseorang akan lebih malas untuk sekedar mematikan gadgetnya walaupun sedang tidak digunakan.

Jika Anda telah seharian bekerja banting tulang mencari nafkah dan pada malam harinya Anda ingin beristirahat tapi tidak bisa, apa yang Anda rasakan ?

Begitu juga halnya dengan gadget Anda, setelah seharian digunakan untuk kebutuhan Anda dan pada saat malam hari tidak diperbolehkan beristirahat bisa bisa gadget jadi sakit dan tidak dapat beroperasi seperti biasanya.

Tidak butuh waktu lama, Anda bisa istirahatkan gadget Anda 30-1 jam, jika memang takut ada panggilan darurat yang masuk. Jadi sempatkanlah waktu Anda untuk sekedar mematikan gadget saat tidak digunakan.

6. Kebersihan

Kebiasaan pengguna gadget selalu mengoperasikan smartphone ini pada sitausi apapun, misalkan sedang makan, mandi, atau hal lainya. Jika sedang makan gorengan maka gadget akan ikut berminya padahal gk ikut makan gorengannya.

Kebiasaan seperti itu perlu dihindari karena rata rata smartphone adalah layar sentuh jadi sebaiknya hindari bahan berminyak dari layar sentuh gadget Anda.

Jangan biarkan gadget Anda berminyak, berdebu, atau ada kotoran lain. Cobalah untuk membersihkannya sesekali agar performa dari gadget Anda terus bekerja optimal.

Itulah beberapa kebiasaan yang merusak smartphone Andasecara cepat. jadi sebaiknya gunakan smartphone Anda dengan bijak dan dengan melakukan perawatan.

Tinggalkan komentar