Kebiasaan Buruk yang Mempersingkat Umur Baterai

Kebiasaan Buruk yang Mempersingkat Umur Baterai – Dalam menggunakan ponsel sebaiknya Anda memperhatikan mengenai petunjuk penggunaannya.

Kebiasaan Buruk yang Mempersingkat Umur Baterai

Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa hal yang bisa membuat perangkat ponsel cepat rusak. Salah satunya adalah baterai ponsel.

Baterai ponsel ini sangat berperan penting dalam menunjang performa ponsel. Jadi, ada baiknya Anda menghindari beberapa Kebiasaan buruk yang mempersingkat umur baterai ponsel.

Baca juga: Aplikasi Berbahaya yang Mengancam Data Anda

Jika baterai ponsel Anda bermasalah maka akan ada banyak permasalahan yang timbul. Contohnya : ponsel tiba-tiba mati, daya baterai berkurang drastis, hingga tak bisa di charge.

Rusaknya baterai ponsel juga akan menganggu aktivitas Anda. Terutama saat Anda sedang membutuhkannya di dalam perjalanan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa ikuti tips dibawah ini.

Kebiasaan Buruk yang Mempersingkat Umur Baterai

1. Menggunakan Ponsel saat Dayanya Sedang Diisi

Kebiasaan buruk yang mempersingkat umur baterai yang pertama adalah menggunakan ponsel saat dayanya sedang diisi.

Hal tersebut akan mengakibatkan adanya tekanan berlebih yang bisa cepat merusak baterai ponsel. Menggunakan ponsel saat dayanya sedang diisi juga bisa membuat ponsel cepat panas.

2. Sering Berganti Charger

Kebiasaan buruk yang mempersingkat umur baterai yang kedua adalah sering berganti charger ponsel. Saat membeli ponsel baru, umumnya Anda juga akan mendapatkan chargernya.

Setiap merek ponsel juga memiliki charger bawaannya tersendiri. Setiap ponsel memiliki rancangan tersendiri dan tentunya berbeda dengan yang lainnya.

Baca juga: Aplikasi Antivirus untuk Smartphone yang Recommended

Selain itu, charger setiap ponsel juga telah disesuaikan dengan ponsel itu sendiri. Akan lebih baik apabila Anda tetap menggunakan charger bawaan itu.

Jika charger bawaan milik Anda rusak, akan lebih baik apabila Anda mencari gantinya yang sejenis. Jangan tergiur dengan charger murah sehingga Anda mengabaikan kualitasnya.

Karena hal tersebut juga akan membuat baterai ponsel cepat rusak. Hal tersebut juga berlaku untuk Power Bank, pastikan Anda memilih Power Bank yang sesuai untuk ponsel milik Anda.

3. Menggunakan Ponsel Non Stop

Ponsel sama seperti perangkat lainnya yang juga membutuhkan interval atau jeda pemakaian. Jadi, pastikan Anda memberikan “istirahat” yang cukup pada ponsel.

Menggunakannya ber jam jam tanpa istirahat akan membuat ponsel panas dan membuat baterainya cepat rusak.

4. Mencabut Daya Saat Masih Low

Kebanyakan dari kita akan mencabut chargeran saat daya masih low apabila sedang terburu-buru untuk pergi keluar. Hal tersebut tidak baik dilakukan dalam jangka waktu lama.

Baca juga: Fitur Penting Smartphone yang Harus Diperhatikan

Karena dapat mengakibatkan baterai ponsel cepat rusak terutama apabila baterai tersebut berjenis Li-Ion yang memiliki masa pakai (umur) berdasarkan berapa banyak baterai tersebut diisi ulang.

5. Charger Berlebihan

Mencharge bateri sampai penuh juga tidak baik, karena sebaiknya Anda melakukan charge hanya sampai 80% sudah cukup. Melakukan charge hingga 100% dapat membuat umur bateri Anda berukurang.

6. Aplikasi Berjalan Terus Menerus

Meskipun Anda telah log out atau keluar dari beberapa aplikasi. Namun, ada beberapa aplikasi yang terus menerus bekerja di layar belakang.

Hal tersebut akan membuat daya baterai cepat habis dan membuat Anda harus melakukan pengisian daya berulang kali.

Semakin sering Anda mengisi daya maka semakin singkat juga umur baterai ponsel Anda. Jadi, pastikan Anda mengoptimalkan aplikasi yang terinstal di ponsel.

Penutup

Dengan menjaga baterai ponsel maka baterai tersebut akan lebih awet sehingga bisa Anda gunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Dengan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mempersingkat umur baterai di atas, Anda bisa menghemat biaya yang tidak diperlukan untuk pergantian baterai ponsel.

Jika artikel ini memberikan manfaat untuk Anda, silahkan bagikan ke media sosial Anda. Agar lebih banyak lagi orang-orang yang mengetahui dan menghindari kebiasan buruk tersebut.

Tinggalkan komentar