Home » Investasi » Investasi Emas Online: Kelebihan, Kekurangan, dan Pandangan Islam

Investasi Emas Online: Kelebihan, Kekurangan, dan Pandangan Islam

Investasi

Sekarang ini, metode jual beli online kian merajalela. Salah satu yang tidak kalah populer adalah investasi emas online. Lalu apa kelebihan dan dan kekurangannya serta pandangan islam terhadap hal ini.

investasi emas online

Mengingat emas adalah salah satu barang yang berharga, apakah aman jika melakukan pembelian dan melakukan investasi secara online?

BACA JUGA: Portal Investasi Untuk Mahasiswa Dengan Modal 10 Ribu

1. Apa Saja Kelebihan Investasi Emas Online?

Pertama-tama, mari kita bahas tentang apa saja kelebihan jika menggunakan layanan investasi emas online ini. Simak point-point dibawah ini.

1.1. Proses Jual Beli Mudah

Kemudahan bisa Anda temukan dalam proses jual beli emas secara online. Sebab, ada banyak platform baik secara resmi atau platform pribadi yang memberikan jasa jual beli emas bagi Anda.

Karena sebab ini juga yang membuat orang memilih layanan online ketimbang offline. Bayangkan saja, Anda bisa melakukan transaksi tanpa ada batas jarak, waktu dan jumlah yang diinginkan.

1.2. Pemantauan Harga Investasi Emas

Kelebihan lainnya adalah kemudahan dalam memantau harga jual beli emas secara real time. Anda bisa membandingkan harga jual dan harga beli antara satu penjual dengan penjual lainnya.

BACA JUGA: Bisnis Investasi Syariah yang Menguntungkan Setiap Tahunnya

Bayangkan jika harus mencari tahu harga jual beli emas secara konvensional. Pasti Anda harus menjelajahi banyak toko emas untuk mengetahui perbandingan harganya, bukan?

1.3. Resiko Rendah

Jika dibandingkan dengan beberapa jenis instrumen investasi yang lain, jelas emas memiliki resiko yang lebih rendah.

Sebab jarang sekali terjadi harga emas yang turun secara tajam atau naik secara drastis dalam waktu yang lama.

Harga emas cenderung stabil. Tentu saja hal ini membuat banyak investor tertarik dalam investasi emas tersebut.

1.4. Menguntungkan

Jika Anda memilih investasi emas secara online, tentu Anda akan lebih mudah untuk mencairkannya di waktu-waktu yang Anda butuhkan. Berbeda jika melakukan pencairan secara offline.

BACA JUGA: Mengapa Harus Menabung Sejak Dini untuk Kaum Milenial

Tentu, Anda harus datang terlebih dahulu ke toko emas untuk melakukan penjualan tersebut.

1.5. Harga Investasi Emas Cenderung Naik

Karena emas merupakan salah satu aset berharga, tingkat kecenderungan masyarakat untuk membelinya relatif tinggi. Hal ini tentu berdampak kepada nilai atau harga emas yang akan naik.

Jadi, ketika harganya naik Anda bisa menjualnya, dan membelinya lagi saat harga turun. Kemudian bagaimana dengan Kekurangannya? berikut ini beberapa kekurangannya.

2. Kekurangan Investasi Emas Online

Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan. Begitu juga dengan kekurangan investasi emas. Lalu, apa saja kekurangannya? simak dibawah ini.

2.1. Platform Investasi Emas Kredibel

Sebagai pembeli alias investor dari investasi emas online, Anda harus benar-benar yakin dan mengenal platform tempat pembelian emas tersebut.

BACA JUGA: Apa Itu Reksa Dana: Pengertian dan Macam-Macam Jenisnya

Jika tidak, maka Anda bisa saja tertipu atau bahkan mendapatkan jenis investasi yang tidak jelas asal usulnya. Apalagi dengan maraknya penjual emas online sekarang ini.

Jadi, Anda harus ekstra hati-hati jika ingin membeli dan melakukan transaksi jual beli emas secara online.

2.2. Adanya Biaya Tambahan

Bahkan, kekurangan lainnya saat melakukan pembelian emas secara online adalah beban biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh pembeli.

Beberapa penjual mungkin membebankan biaya tambahan selain biaya pembelian emas tersebut. Yakni, biaya asuransi. Tentu saja adanya biaya tambahan ini sedikit merugikan Anda sebagai investor.

BACA JUGA: Dampak Negatif Kartu Kredit yang Patut Diwaspadai

2.3. Sulitnya Klaim Ahli Waris

Masalah berikutnya adalah klaim ahli waris yang mungkin lebih sulit jika menggunakan layanan investasi online ini. Anda pasti tidak pernah menyangka musibah apa yang bisa menimpa seseorang, bukan?

Nah, sebagian platform investasi emas online memberikan syarat klaim ahli waris jika sang pemilik mengalami musibah atau meninggal dunia.

3. Bagaimana Pandangan Dalam Islam?

Saya sendiri masih bingung karena banyak sekali informasi, tapi berdasarkan pemikiran saya sendiri maka ini tidak boleh karena riba.

Namun Anda bisa membaca >FATWA MUI< seputar hal ini agar bisa lebih paham. Anda juga bisa tonton video dari Buya Yahya: https://www.youtube.com/watch?v=SQq-IT-_3j0

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan investasi emas online. Jadi, Anda bisa memutuskan apakah ingin menggunakan layanan tersebut atau tidak.

Silahkan di share jika artikel ini bermanfaat dan agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *