7 Ide Konten Kreatif Sosial Media Untuk Perusahaan

Ide Konten Kreatif Perusahaan – Halo Indonesian Blogger, Saat ini, media sosial adalah media yang sangat efektif untuk melakukan promosi. Itu sebabnya, banyak perusahaan bergegas mengubah cara promosi mereka menjadi bentuk digital.

ide konten kreatif perusahaan

Berbicara tentang promosi digital, ide konten kreatif perusahaan tentu yang menjadi hal utama.

Konten kreatif menjadi salah satu strategi marketing yang bisa menarik minat konsumen. Sehingga, dibutuhkan sebuah ide inspiratif guna membuat konten perusahaan menjadi viral.

Dampaknya tentu akan tercipta partisipasi pelanggan dalam aktivitas sosial perusahaan.

7 Ide Konten Kreatif Perusahaan Yang Efektif

Membina hubungan dengan pelanggan lewat beragam konten kreatif milik perusahaan sangat penting untuk keberlangsungan usaha. Selain untuk menjaga loyalitas pelanggan, pertumbuhan bisnis dapat tercapai dengan membuka peluang pelanggan baru.

Simak beberapa ide kreatif dalam membuat konten berikut ini:

1. Giveaway

Siapa pun pelanggannya, mereka pasti suka dengan segala hal berbau gratis. Itu sebabnya, ide giveaway atau membagikan hadiah gratis bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan customer engagement.

Buatlah sebuah konten dalam bentuk caption yang menjelaskan mengapa hadiah giveaway yang tersedia sangat menarik. Jika perusahaan tidak memiliki divisi yang secara khusus mengurusi konten tertulis, gunakan saja jasa penulisan artikel profesional.

Sosial media berbasis Instagram dan Facebook rasanya adalah jenis media sosial yang paling tepat untuk mengaplikasikan ide ini. Persyaratannya adalah para follower wajib mempromosikan media sosial perusahaan kepada teman-teman mereka.

Para followers pun wajib menyertakan komentar tentang perusahaan atau produk yang dijual. Cara ini sekaligus bisa menjadi sarana review pelanggan untuk perbaikan di sisi perusahaan.

2. Video Reaksi

Ide konten kreatif perusahaan berikutnya dapat dituangkan dalam bentuk video. Untuk temanya, bisa mengangkat topik yang sedang hangat di jagat maya. Dalam video tersebut, menampilkan komentar para karyawan terkait isu tersebut.

Usahakan pesan yang disampaikan lewat video tersebut tetap netral, karena bertujuan untuk menggali pendapat para followers.

Lewat ide semacam ini, perusahaan dapat memetakan karakter pelanggan mereka, dalam hal ini followers media sosial yang menjadi subjeknya.

Baca juga: Panduan Belajar Copywriting untuk Pengembangan Bisnis

3. Konten Prediktif

Setiap orang pasti senang dengan prediksi soal berbagai hal. Dengan sedikit penelitian, Anda bisa membuat sebuah konten prediktif. Usahakan paparan prediksi tersebut tetap mudah dicerna, sehngga menarik rasa ingin tahu para followers di sosial media.

Contoh prediksi yang bisa menarik minat adalah soal trend gaya fashion. Perkembangan mode sangat mudah diikuti, dengan melihat trend gaya yang banyak digemari saat ini.

Prediksi yang dibuat, pada akhirnya dilempar kepada para netizen, sehingga mereka pun bisa melontarkan prediksi mereka. Lagi-lagi, tujuannya adalah meningkatkan interaksi antara pelanggan dan pihak perusahaan, lewat konten sosial media.

Baca juga: Konten Instagram yang Bagus untuk Jualan Online

4. Review Produk

Terkadang video komersial yang dibuat tidak bisa menggambarkan keunggulan produk secara rinci. Untuk itu, ide konten kreatif perusahaan dalam bentuk review produk layak untuk dicoba.

Lewat cara ini, pelanggan tentu akan mendapatkan product knowledge yang lebih baik. Usahakan agar review produk tersebut berimbang, dan tidak menjatuhkan pesaing perusahaan.

Fokuskan tujuan agar video tersebut menjadi metode pemahaman produk untuk para pelanggan.

5. Permainan Menantang

Konsistensi adalah kunci customer engagement. Perusahaan bisa membuat konten kreatif berupa tantangan yang berlangsung dalam tempo tertentu. Misalnya, tantangan yang secara kontinyu harus diikuti selama seminggu penuh.

Dengan begitu, followers akan senantiasa memantau linimasa sosial media perusahaan guna mengetahui perkembangan tantangan tersebut. Untuk menambah minat peserta tantangan, sediakan juga hadiah yang menarik.

Jenis tantangan yang layak dicoba adalah berfoto bersama produk terbaru milik perusahaan, atau bisa juga mengusung tema yang sedang berlangsung secara nasional. Misalnya, foto seru bertema 17-an dan semacamnya.

6. Infografis

Di era digital saat ini, penyebaran informasi sangatlah cepat. Oleh karena itu, perusahaan bisa membuat konten kreatif berupa infografis. Tema di dalam infografis tersebut haruslah seputar hal yang biasa diamati oleh pelanggan perusahaan.

Artinya, jika perusahaan bergerak di bidang kuliner, maka jangan sebarkan info soal otomotif. Buat saja infografis tentang bahaya kolesterol dan cara menyiasatinya.

Dengan konten bernilai positif semacam itu, peluang agar followers melakukan repost akan semakin besar. Citra perusahaan yang peduli akan kesehatan diharapkan bisa terbentuk dengan langkah semacam ini.

7. Profil Perusahaan

Media sosial adalah salah satu sarana untuk menjalin keakraban. Ide konten kreatif perusahaan berikutnya adalah membuat profil perusahaan. Untuk gaya yang berbeda, bisa dicoba untuk membuat video di balik layar perusahaan.

Baca juga: Cara Membuat Bio Instagram yang Menarik untuk Bisnis

Dalam video tersebut, gambarkan serunya aktivitas di dalam kantor. Hal ini akan membentuk citra perusahaan yang menyenangkan, tech savvy, serta dekat dengan pelanggan. Konten semacam ini rupanya mendapatkan perhatian yang cukup besar di jagat maya.

Penutup

Demikianlah 7 ide konten kreatif perusahaan agar bisa membantu meningkatkan loyalitas pelanggan serta menumbuhkan potensi bisnis baru.

Satu hal yang pasti, di era digital saat ini, kreativitas adalah suatu hal tanpa batas yang bisa menjadi senjata untuk hampir segalanya.

Sehingga alangkah baiknya jika perusahaan mulai bergerak dan memaksimalkan potensi kreatif yang ada demi kemajuan perusahaan itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *