Gimana Caranya Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang

Gimana Caranya Menjadi Youtuber yang Menghasilkan – Halo Indonesian Blogger, Jika Anda masih berfikir menjadi seorang youtuber itu mudah maka Anda salah besar. Menjadi youtuber tidak hanya upload video lantas Anda mendapatkan uang.

Tidak seperti itu, tapi Anda harus punya skill yang wajib untuk dikuasai sebelum menjadi seorang Youtuber. Pada artikel kali ini saya tidak hanya akan berbagi skill apa saja yang harus Anda kuasai, tapi juga penjelasan kenapa Anda harus memiliki skill ini.

Gimana Caranya Menjadi Youtuber yang Menghasilkan

1. Kemampuan Presentasi

Channel-channel sukses di YouTube adalah yang videonya dipresentasikan secara menarik. Baik itu video yang menampilkan wajah sang creator ataupun hanya video yang hanya ada suaranya saja. Contohnya channel youtuber seperti Calon Sarjana, pasti tahu dong!

Kebanyakan jenis video sebenarnya dapat menarik perhatian penonton, tapi itu tergantung dari materi video yang dibawakan. Apakah materinya yang dibawakan itu menarik atau apakah pembawaan sang creator yang seru dan menghibur.

Jadi, kita harus bisa mempresentasikan video yang bisa menarik perhatian orang. Mengapa? Jika Anda tidak menarik perhatian penonton, maka mereka tidak akan menikmati konten yang Anda bawakan. Tapi Anda tidak harus setara dengan host atau penyiar terbaik.

Baca juga: Penyebab Gagal Menjadi Youtuber Yang Harus Dihindari

Tapi bagaimana membuat orang yang menonton video Anda bisa duduk manis menikmati video Anda dan terhibur dengan video tersebut. Walaupun isi channel Anda bukan tentang hiburan, hal ini harus dilakukan karena Anda harus bisa membuat orang agar terus menonton.

Untuk saya pribadi, hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Lalu bagimana mengatasinya? yang saya lakukan adalah sering berlatih dan sering membuat video. Saya berlatih dengan duduk didepan kamera dan berlatih presentasi didepan kamera.

2. Menutupi Kekurangan Presentasi Dengan Materi

Gimana Caranya Menjadi Youtuber Yang Menghasilkan berikutnya adalah Anda harus bisa menutupi kekurangan Anda dengan materi menarik yang Anda bawakan. Dengan isi materi menarik, terkadang orang tidak mempermasalahkan tentang pembawaan Anda.

Yang terpenting informasi yang Anda berikan dapat tersampaikan dan dapat diterima oleh penonton. Bisa lebih baik lagi jika materi yang Anda bawakan tersebut dapat memberikan manfaat kepada orang orang yang menontonnya.

Baca juga: Cara Menambah Viewer Dan Subscriber Youtube

Jadi pelajari lagi bagaimana caranya Anda untuk bisa tampil dan menemukan materi yang semenarik mungkin untuk ditonton. Ini merupakan salah satu cara agar channel youtube Anda dapat berkembang dengan baik dan menjadi perhatian orang.

3. Harus Bisa Melakukan Editing Video

Anda adalah seorang youtuber dan setiap harinya Anda bermain dengan yang namanya video. Jadi mau tidak mau Anda harus tau bagaimana cara mengedit video yang bagus. Jika Anda disuguhkan 2 video, dimana satu ada hasil editing dan satu lagi tidak, mana yang akan Anda pilih?

Sebenarnya mengambil atau merekam sebuah video itu tidak sulit, itu hanya langkah awal saja. Langkah penting selanjutnya adalah melakukan editingnya. Untuk urusan cutting, triming, cut video itu perkara mudah tapi bikin video yang bisa jadi luar biasa itu yang menantang.

Dimana pada proses editing ini Anda harus bisa memberikan sentuhan warna, mengatur timing, bridging, efek, inforgraphic, mixing audio, dan elemen-elemen penting lainnya yang dapat memperkuat video Anda lebih bernyawa dan hidup.

Di youtube setiap hitungan detik itu penting, Anda tidak boleh menyia-nyiakan waktu dengan mengisi video dengan elemen yang tidak penting karena hal tersebut dapat membuat orang pergi dan batal menonton video Anda.

Anda harus meluangkan waktu dan energi Anda saat melakukan proses editing video. Setelah selesai melakukan editing, coba tonton lagi berulang ulang apakah ada kesalahan, kekurangan atau ada detik yang terbuang atau di isi dengan hal yang tidak menarik.

Baca juga: Video Editor Android Untuk Youtuber Pemula GRATIS

4. Anda Harus Menguasai Desain

Anda tidak harus terlalu jago, yang penting Anda harus bisa menguasai ilmu dasar desain. Contohnya seperti bagaimana memadu padankan bentuk dan warna, bagaimana memilih kontras yang tepat dan lain sebagainya.

Kenapa harus menguasai desain? Karena Anda harus bisa buat setting tempat shooting, cara bikin thumbnail youtube, banner, memasang teks di video, mengatur meja jika ingin membuat review, menentukan baju yang akan digunakan dan lain sebagainya.

Hal ini juga bisa membuat video di channel Anda memiliki perbedaan yang besar dari video dari channel lain. Video Anda akan terlihat lebih professional dan terkonsep, artinya memang video Anda tidak dibuat dengan asal asalan alias asal jadi.

5. Membaca Analytics

Mungkin Anda termasuk orang yang malas untuk melihat analytics dari channel Anda, tapi Anda tetap harus melihat analitycs tersebut. Tidak masalah deh Anda tidak mahir berbicara didepan kamera, belum pintar memilih warna, tapi paling tidak Anda bisa tahu kondisi channel Anda.

Baca : Software Editing Video Youtube Untuk Pemula Yang Mudah

Di bagian mana saya salah, di bagian mana saya benar, Anda harus kuasai skill yang ini. Karena sekarang ini, saat ada yang nanya “Channel saya kok begini, channel saya kok begitu” saya akan bilang, coba lihat bagian analitycs nya.

Bagaimana kondisinya di situ, kalau begini maka kamu harus begini begini begini. Saya todak bisa memberikan jawaban tentang hal ini, saya cuma bisa mengarahkan. Karena semua jawaban pertanyaan Anda ada di bagian Analitycs channel Anda.

6. Optimasi Search Engine Optimization

Gimana Caranya Menjadi Youtuber Yang Menghasilkan berikutnya adalah Anda harus bisa dan paham tentang SEO (Search Engine Optimization). Terlebih lagi jika channel Anda adalah channel baru, maka yang bisa membantu channel Anda naik adalah optimasi SEO nya.

Karena dasarnya saya adalah seorang blogger, jadi saya cukup paham tentang teknik optimasi SEO ini. Artikel ini bisa Anda temukan di google juga karena saya mengandalkan optimasi SEO pada artikel ini. Jadi kurang lebih cara kerjanya sama saja dengan mesin pencari di youtube.

SEO ini sangat berpengaruh dan sangat saya sarankan untuk Anda yang baru memulai jadi youtuber. Bisakah Anda membayangkan video Anda tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari youtube? Tentu saja channel Anda tidak akan berkembang.

Tutorial SEO untuk youtube dan blog juga sudah sangat banyak saya bahas di blog ini, jadi saya rasa tidak perlu saya tulis semua di artikel ini. Silahkan gunakan form pencarian dibagian atas untuk menemukan artikel artikel tentang SEO, baik itu untuk youtube ataupun untuk blogger.

7. Pelajari Apa Itu Bisnis

Saat channel Anda sudah berkembang, bisa menghasilkan, atau Anda sudah bisa jadi influencer. Anda bisa memanfaatkan channel Anda untuk keperluan bisnis. Contohnya seperti menerima endorse, jadi pembicara, buat jualan, affilasi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Di Youtube Tanpa Adsense

Bahkan tanpa mengandalkan adsense, Anda bisa mendapatkan income dari luar YouTube. Dimana ilmu bisnisnya, misalnya bagaimana Anda nego harga, menentukan margin, strategi penjualan, mengatur keuangan, networking, dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah dia beberapa penjelasan tentang Gimana Caranya Menjadi Youtuber Yang Menghasilkan Uang dan skill skill yang wajib Anda miliki untuk menjadi seorang youtube. Jika artikel ini memberikan manfaat, silahkan di share ke teman teman Anda, terima kasih.