Fitur Penting Smartphone yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membeli

Ada beberapa fitur penting smartphone yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli ponsel baru. Namun, tentunya hal tersebut harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan pembelian ponsel.

Ponsel untuk gaming tentunya harus memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni dibandingkan ponsel yang hanya digunakan untuk melakukan chat online atau sekedar mengakses sosial media.

Kesalahan pemilihan smartphone akan membuat smartphone tidak bisa memberikan hasil kerja yang maksimal. Semakin tinggi spesifikasi dan kemampuan ponsel maka harganya juga akan semakin mahal.

Baca juga: Aplikasi Untuk Membuat Vector di Android Gratis dan Mudah

Namun, belakangan ini sudah banyak sekali smartphone yang memiliki spek bagus dengan harga yang terjangkau.

Sekarang Anda bisa mendapatkan smartphone dengan layarnya yang mengusung tema full view display dan RAM 2 GB dengan kisaran harga di bawah 1,5 juta.

Contoh Smartphone tersebut adalah Ininix Smart/Infinix Hot 8 dan Realme C2.

Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa cara memilih smartphone baru dengan mempertimbangkan fitur penting smartphone yang ada di dalamnya.

Fitur Penting Smartphone yang Wajib di Perhatikan

1. RAM dan ROM

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu fitur penting smartphone yang berfungsi untuk membaca, menulis data dan menjalankan aplikasi.

Sementara itu, ROM atau Read Only Memory adalah penyimpanan internal yang hanya bisa membaca atau membuka aplikasi atau suatu file.

Keduanya merupakan aspek penting dalam sebuah smartphone. Untuk fitur seperti ROM memang bisa ditambah dengan menggunakan memori internal ponsel. Tapi, untuk RAM sendiri memiliki peran yang sangat vital.

RAM inilah yang memengaruhi kecepatan kinerja ponsel mulai dari saat menjalankan aplikasi, kecepatan loading hingga melakukan beberapa kegiatan multitasking lainnya.

Anda perlu mempertimbangkan besarnya RAM yang ada di ponsel agar sesuai dengan tujuan penggunaan ponsel.

Baca juga: Cara Membuat Intro YouTube Secara Online dan Android

RAM 1 GB mungkin cukup untuk menjalankan aplikasi ringan, membuka sosial media dan tugas ringan lainnya.

Namun, RAM 1 GB sangat tidak direkomendasikan untuk menjalankan game online berat seperti Mobile Legends. Ponsel tersebut bisa mengalami hang.

2. Fitur Penting Smartphone: Baterai

Fitur penting smartphone selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah baterai. Baterai yang memiliki kapasitas lebih besar akan lebih tahan lama.

Contohnya, baterai ponsel 4000 mAh akan bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan baterai ponsel 2000 mAh.

Daya tahan baterai sangat berguna terutama apabila Anda sedang melakukan perjalanan ke luar.

Meskipun Power Bank bisa menjadi solusinya. Namun, memiliki baterai ponsel yang awet akan lebih mempermudah Anda.

Selain kapasitas baterai, Anda juga perlu memerhatikan apakah baterai tersebut “Removable” atau “Non removable”.

Baterai “Non Removable” atau baterai tanam akan terpasang menempel dengan body ponsel sehingga tidak bisa diganti. Apabila baterainya mengalami kerusakan maka Anda harus ke service centernya.

Sistem operasi

Yang terakhir adalah sistem operasi. Anda harus memilih smartphone yang memiliki sistem operasi yang Up to Date, contohnya sistem operasi Android 9.

Baca juga: Cara Download Video Instagram di Android dan PC

Sistem operasi yang lebih up to date tentunya akan memberikan kinerja yang lebih baik, lebih user friendly, lebih stabil, lebih canggih dan lebih aman.

Penutup

Itulah 3 hal fitur utama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih smartphone baru. Masih ada beberapa fitur pendukung yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Contohnya seperti design, kamera, maupun display ponsel. Namun, 3 kategori di atas adalah kategori dasar.

Tanpa adanya RAM dan ROM yang memadai, Kapasitas baterai yang besar dan sistem operasi Up to Date maka fitur penunjang lainnya juga tak akan dapat berfungsi dengan optimal.