Elemen Penting dalam Social Media Marketing yang Perlu Anda Kuasai

Elemen Penting Social Media Marketing – Ilmu social media marketing tak bisa lepas dari elemen penting yang turut menyertainya. Elemen inilah yang menjadi dasar yang mengokohkan penerapan SMM.

Elemen Penting Social Media Marketing
Follow Instagram: abdulmuhajir

Elemen ini terdapat dalam setiap unsur pemasaran melalui sosial media. Elemen ini juga menjadi sebab kegagalan atau keberhasilan penerapan social media marketing.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan elemen apa saja yang terdapat dalam social media marketing.

Sebenarnya ada banyak sekali elemen penting SMM. Kali ini, saya akan membahas beberapa di antaranya.

Elemen Penting Social Media Marketing

Untuk melakukan social media marketing, ada strategi khusus yang perlu Anda terapkan. Namun, dalam proses perencanaan strategi ini ada sebuah elemen yang utama yang harus anda tetapkan terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis dengan Media Sosial dan Website

Yaitu tujuan bisnis, tentukan satu tujuan bisnis yang Anda tuju. Terlalu banyak berfikir pada banyak tujuan justru akan membuat Anda tidak fokus dan membuat pencapaian Anda kurang maksimal.

Selanjutnya adalah tujuan pemasaran. Anda harus membidik tujuan pemasaran. Seperti contohnya untuk membuat brand yang Anda miliki lebih terkenal dengan sosial media.

Memiliki pelanggan potensial atau membangun reputasi bisnis. Pilih tujuan bisnis dan pemasaran anda secara baik. Karena itulah yang akan menentukan arah jalannya perusahaan yang Anda kelola.

1. Melakukan Riset

Dalam sebuah bisnis, melakukan riset sangatlah vital keberadaannya. Tanpa sebuah riset Anda akan melewatkan banyak hal yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Ada beberapa jenis riset yang sangat penting untuk Anda lakukan yaitu :

1.1. Riset Pelanggan

Anda perlu melakukan riset mengenai pelanggan paling potensial. Sebagai contoh, jika perusahaan Anda menjual produk peralatan tulis. Maka, pelanggan yang paling potensial adalah para pelajar dan karyawan perkantoran.

Baca juga: 12 Tips dan Strategi Marketing Instagram Untuk Bisnis Online

Setelah mengetahui calon pelanggan potensial, selanjutnya Anda tinggal mengarahkan konten sosial media Anda untuk menyasar pelanggan yang Anda incar.

1.2. Riset Kompetitor

Anda dapat melakukan perbandingan konten sosial media milik pesaing Anda. setidaknya, Anda memerlukan lebih dari 3 bahan riset sebagai pembanding. Ketahui kelemahan dan kelebihan tiap kompetitor.

Hal ini akan memberikan keuntungan pada Anda untuk melakukan evaluasi lebih lanjut.

2. Menentukan Strategi Sosial Media

Menentukan strategi adalah elemen penting social media marketing. Tanpa strategi, tujuan yang telah Anda tetapkan serta riset yang telah Anda lakukan akan sia-sia belaka.

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Menjual Jasa

Temukan strategi paling jitu dalam membuat sebuah konten yang menarik. Buat jadwal upload konten secara berkala.

Selain itu, membalas pertanyaan atau memberikan respon kepada para audience juga akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Ada kalanya menggunakan iklan (Ads) juga akan efisien. Seperti contohnya Facebook Ads yang membantu Anda dalam menjangkau pembaca potensial.

Menggunakan Ads ini sangat bermanfaat apabila akun sosial media milik Anda belum memiliki banyak followers.

3. Menetapkan Anggaran

Budget memang menjadi salah satu elemen penting social media marketing. Memang memungkinkan untuk melakukan social media marketing secara gratis. Namun, hasilnya juga tak akan maksimal.

Anda perlu biaya untuk membayar paid content, jasa design, atau karyawan. Tapi, pastikan dalam hal ini Anda memiliki tingkat ROI (Return of Investment) yang tinggi agar biaya yang telah Anda keluarkan tak sia-sia.

Baca juga: Ide Bisnis Untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil dan Skill

Penutup

Itulah beberapa elemen penting yang perlu Anda perhatikan. Mengabaikan elemen di atas hanya akan membuat usaha pemasaran melalui sosial media yang Anda lakukan menemui kegagalan atau tak berkembang.

Jika Anda mendapatkan manfaat dari membaca artikel ini, silahkan bagikan ke media sosial atau teman, keluarga, atau rekan bisnis Anda agar lebih banyak yang mengetahuinya.

Tinggalkan komentar