Cara Share Otomatis Postingan Blog ke Facebook Tanpa Plugin

Cara Share Otomatis Postingan Blog – Salah satu cara untuk mendatangkan traffic ke website atau blog yang dikelola adalah dengan membagikannya di media sosial seperti Facebook, Twitter, pinterest, dan lain sebagainya.

Cara Share Otomatis Postingan Blog

Tapi untuk membagikannya secara manual ke semua media sosial yang dimiliki tentu saja akan memakan waktu. Dimana sebenarnya waktu tersebut dapat digunakan untuk melakukan hal yang lainnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membagikan postingan blog Anda secara otomatis. Anda bisa melakukannya dengan 2 cara, yaitu:

  1. Menggunakan Plugin Jetpack
  2. Menggunakan Web Freeware

Karena kali ini kita membahas yang tanpa pugin, maka kita akan menggunakan cara yang kedua yaitu memanfaatkan web freeware. Ada 2 website yang dapat saya rekomendasikan, yaitu:

Baca juga: Cara Hapus Plugin AMPforWP yang Benar

  1. IFTTT, saya sarankan menggunakan ini karena free dan juga tanpa batasan post setiap harinya. Namun, kadang tidak realtime artinya harus menunggu beberapa menit sebelum post blog Anda dibagikan ke Facebook, tergantung appletnya.
  2. Dlvr.it, jika Anda post sehari sekali, dlvr.it bisa jadi pilihan yang tepat karena mereka memberikan maximal 3 post dalam sehari.

Cara Share Otomatis Postingan Blog

Lalu, bagaimana cara setup keduanya agar dapat digunakan dengan maximal? Silahkan simak pembahasan lengkap kedua opsi antara IFTTT dan dlvr.it akan dibawah tuntas dibawah ini.

1. Cara Share Otomatis Postingan Blog dengan IFTTT

Cara yang pertama adalah menggunakan web freeware yang bernama IFTTT. Anda dapat mengaksesnya dengan mengetikan url https://ifttt.com/ pada browser yang Anda gunakan.

Silahkan daftar menggunakan email Anda, atau login dengan metode seperti menggunakan Facebook, akun google, dan sebagainya. Jika daftar dengan email, lakukan verifikasi terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Membuat Subdomain Blogger atau Blogspot

Setelah terbuka, maka Anda hanya akan melihat halaman yang bertuliskan “Start connecting your world.”dan ada pula satu tombol “Get More”. Silahkan klik get more untuk melanjutkan.

Pada bagian selanjutnya, silahkan ketikan RSS dan temukan RSS to Facebook Page. Jika sudah ketemu, silahkan di klik dan Anda akan diarahkan ke halaman lain untuk melakukan “Connect”.

RSS to Facebook page share

Setelah klik connect, Anda akan disuruh login ke facebook Anda terlebih dahulu. Setelah itu, pilih Fanpage facebook yang ingin Anda gunakan sebagai tempat yang nantinya post terbaru akan di share.

Jika sudah memilih, Anda akan disuruh untuk memasukan URL Feed Anda. Masukan URL seperti ini https://domain.com/feed/ (ganti dengan domain Anda sendiri) dan langkah terakhir adalah save.

Setelah di save, maka statusnya akan berubah menjadi connected, artinya Anda berhasil menerapkan cara share otomatis postingan blog ke Facebook Page.

Baca juga: 10 Plugin Contact Form WordPress Terbaik

Nantinya, ketika Anda membuat post baru, maka secara otomatis akan di share ke Facebook Page.

2. Cara Share Otomatis Postingan Blog dengan Dlvr.it

Jika Anda ingin yang lebih simple pengaturannya, Anda bisa menggunakan Dlvr.it. Situs satu ini juga memiliki fungsi yang sama dengan situs sebelumnya tapi memiliki kelebihan dan keterbatasan untuk versi free.

Kelebihannya adalah “Cepat”, karena ketika Anda post di blog maka dalam hitungan menit, post terbaru tersebut akan langsung di share ke Facebook atau media sosial yang Anda pasang.

Kekurangannya, untuk yang versi free Anda hanya diberikan kuota 3 kali post dalam sehari. Sehingga, jika Anda membuat lebih dari 3 post dalam sehari maka postingan ke 4 tidak akan di share.

Baca juga: Cara Setting WP Rocket Terbaik

Untuk cara setupnya sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Setelah mendaftar, silahkan login dan klik bagian “Social” terlebih dahulu untuk menambahkan halaman Facebook Page atau media sosial lain yang akan menjadi tempat postingan dibagikan.

Pada bagian ini, langsung saja klik “Add Social” dan pilih Facebook. Setelah itu, Anda akan diminta login ke Facebook dan memberikan akses untuk Dlvr.it agar bisa melakukan autopost ke halaman Anda.

Silahkan klik “Lanjutkan” di ikuti “OK” dan terakhir memilih halaman atau Fanpage yang akan digunakan kemudian klik “Connect”. Jika sudah, maka sekarang lanjut untuk menambahkan feed url.

Caranya, pindah ke menu “Feeds” dan ketikan URL Feed blog Anda. Contohnya https://domain.com/feed/ setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini dan jika sudah langsung pilih connect.

connect RSS ke Facebook page

Anda juga bisa melakukan beberapa settingan lain pada feed Anda dengan menekan tombol setting (Gear) yang berada dibagian kanan. Jika sudah selesai, langsung klik “Connect Socials” seperti gambar diatas (nomor 2).

Setelah connect sosials, Anda akan diminta untuk memilih halaman social yang sudah Anda tambahkan sebelumnya. Silahkan pilih dan selanjutnya klik “Start Posting”. Jika berhasil maka tampil seperti ini.

Share artikel blog ke Facebook page

Jika Anda melakukannya dengan benar, seharusnya sekarang fitur tersebut sudah aktif dan Anda sudah bisa memanfaatkannya untuk membagikan postingan blog ke facebook tanpa plugin ini.

Penutup

Nah itulah tadi bagaimana cara share otomatis postingan blog ke facebook yang bisa Anda gunakan pada blog Anda. Semoga dapat membantu dan mempermudah kerja Anda untuk share postingan blog.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan di share agar bisa lebih bermanfaat lagi untuk blogger lainnya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar