Cara Setting Robot.txt Di Blogger – Pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit tentang bagaimana cara membuat robot.txt untuk blogspot. Mungkin bagi Anda yang sudah paham pasti ini sangat mudah.

Namun, belum tentu teman kita yang masih belajar dalam dunia blogging mengerti seluk beluk blogging. Ada beberapa hal yang biasanya di tanyakan oleh blogger pemula diantaranya adalah:

  1. Apasih Robot.txt Itu ?
  2. Perlukah Setting Robot.txt
  3. Apa Dampak Jika Tidak Menyetting Robot.txt

BACA JUGA: Tips Memilih Platform Blogging yang Tepat Untuk Anda

Pada Artikel kali ini saya akan membahas pertanyaan tersebut dan menjelaskan bagaimana cara untuk setting Robot.txt yang baik dan benar. Silahkan ikut step by stepnya dengan benar.

Pengertian Robot.txt

Robot.txt adalah sebuah file yang digunakan untuk membatasi akses dari mesin pencari untuk menelusuri atau tidak pada sebuah halaman blog kita.

Dengan fitur robot.txt ini memungkinkan kita untuk mengontrol dan mengizinkan mesin pencari untuk mengindex halaman tertentu.

Perlukah Setting Robot.txt?

Jika menurut pendapat saya perlu, mengapa ? agar robot itu tidak mengindex halaman yang tidak kita inginkan di search engine seperti Google,Yahoo & Bing yang tidak kita perlukan.

BACA JUGA: 7 Sumber Penghasilan Seorang Blogger

Bisa jadi ada beberapa halaman web yang tidak ingin di index oleh search engine. Selain itu dengan mengaktifkan Robot.txt dapat mengoptimalkan SEO blog anda.

Dampak tidak memasang atau setting Robot.txt sebenarnya tidak ada. Blog Anda akan tetap di rayapi oleh robot google karena setiap blog sudah memiliki setelan robot.txt default.

Secara default robot.txt seperti nampak seperti ini

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://BlogKamu/sitemap.xml

Penjelasan:

User-Agen : Mediapartners-Google: Robot google yang akan merayapi blog Anda.

Disallow: Yang tidak diperbolehkan di crawl

User-agent: *: Semua robot search engine

Disallow: /search : Tidak diperbolehkan merayapi folder search dan seterusnya seperti /search/label dan juga search/search?updated

Allow: / : Mengizinkan semua halaman untuk dirayapi kecuali yang tertulis pada Disallow diatas. Tanda (/) artinya Home Blog atau nama Blog

Sitemap: adalah daftar atau list artikel dan page yang ada di blog Anda.

Bagaimana Cara Setting Robot.txt

Peringatan! Gunakan dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak benar dari fitur tersebut dapat mengakibatkan blog anda diabaikan oleh mesin telusur.

Pertama Silahkan Anda pergi ke menu “setelan” dan ” Preferensi Penelusuran”. Setelah itu klik klik “Edit” Pilih “YA” dan Masukan Robot.txt nya. Terakhir simpan Robot.txt nya dan biarkan dia bekerja dengan sendirinya.

Simple bukan caranya namun saya tegaskan lagi berhati hati dalam menggunakan Robot.txt ini karena dengan kesalahan sedikit saja akan membuat blog anda diabaikan oleh mesin telusur.

Demikian artikle kali ini tentang Pengertian dan Cara Setting Robot.txt Pada Blogger , Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan  jika ada kritik dan saran silahkan mengisi kolom komentar.

Write A Comment