Cara Menurunkan Bounce Rate Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Menurunkan Bounce Rate – Halo Indonesian Blogger, sebagai seorang yang mengelola website dan juga blog, tentunya sudah akrab dengan apa itu bounce rate. Jika Anda belum familiar dengan bounce rate, saya jelaskan sedikit.

cara menurunkan bounce rate

Bounce rate adalah istilah internet marketing yang digunakan untuk menganalisa jumlah traffic yang masuk pada suatu website lalu keluar tanpa membuka halaman lain.

Contohnya saya buka satu website dan baca tulisan tentang “Cara Membuat Travel Blog” setelah membaca, saya tidak baca halaman apapun lagi disitus tersebut, maka situsnya mendapatkan bounce rate.

Perhitungan bounce rate sendiri berbeda dengan perhitungan jumlah traffic. Jika traffic semakin tinggi maka semakin bagus, namun untuk bounce semakin rendah nilai persentasenya maka semakin baik.

TAPI TAPI TAPI, Jika nilai bounce rate Anda berada di bawah 20%, patut untuk curiga sesuatu terjadi. Ada beberapa hal yang mungkin terjadi seperti:

  • Terjadi duplicate analytics code
  • Tracking dipasang dengan tidak benar
  • Menggunakan third party add-ons seperti live chat.

Anda bisa mengurangi rasio pantulan atau bounce rate dengan 2 script berikut ini yang akan mengarahkan atau memaksa pengunjung untuk membuka halaman lain saat mereka klik tombol back.

Cara Menurunkan Bounce Rate

1. Redirect Traffic

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan bounce rate adalah dengan memaksa pengunjung Anda untuk membuka halaman lain saat mereka menekan tombol back baik di dekstop maupun di Android.

Baca juga: Tips Sukses Blogging Walaupun Tetap Bekerja

Langkah pertama silahkan Anda copy script dibawah ini lalu letakkan pada bagian footer.php.

<script type="text/javascript">
!function(){
var campaign_link = "Link Halaman Anda";
var t;
try{
for(t=0;10>t;++t)history.pushState({},"","");
onpopstate=function(t){t.state&&location.replace(campaign_link)}}
catch(o){}
}();
</script>

Silahkan merubah bagian Link Halaman Anda dengan link halaman lain untuk mengarahkan pengunjung membuka halaman tersebut ketika menekan tombol back/kembali.

2. Link Blank

Cara yang kedua adalah mengarahkan semua link untuk membuka tab baru. Jadi setiap pengunjung yang klik tautan atau link Anda maka akan otomatis terbuka tab baru.

Untuk memasangnya pun sangat simple, Anda hanya perlu copy script dibawah ini lalu menempelkannya di bagian Footer.php.

<base target='_blank' />

Silahkan pilih dan gunakan salah satunya saja, dan saya sendiri sudah membuktikannya. Yang dulunya situs ini nilai bounce rate nya dikisaran 78% kini bisa merangsek ke angka 50-60%.

Pendapat Pribadi

Sedikit penjelasan lagi tentang nilai bounce rate, sebenarnya berapa sih nilai bounce rate yang baik. Jika menurut saya pribadi nilai bounce rate yang baik berada diatas 40% dan dibawah 90%.

Itu hanya pendapat saya saja, tidak ada patokan atau hasil riset pasti yang saya lakukan untuk mendapatkan nilai tersebut. Balik lagi ke konten dan SEO dalam penulisan juga mempengaruhi nilai bounce rate.

Penutup

Script 1 berasal dari Grup Facebook WordPress Indonesia yang di bagikan oleh sawal walker, dan script kedua dibagikan oleh mastamvan.blogspot.com.

Itulah dia bagaimana cara menurunkan bounce rate pada situs ataupun blog Anda dengan mudah, semoga dapat bermanfaat dan silahkan terapkan pada situs Anda.

2 comments on “Cara Menurunkan Bounce Rate Dengan Cepat Dan Mudah

  1. Permasalahan bounce rate memang menjadi momok yang meresahkan para pemilik situs. Minggu lalu bounce rate blog saya masih diangka 80% , tapi dari beberapa teori yang saya terapkan nampaknya ada perubahan yg signifikan dari angka tersebut…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *