Cara Jadi YouTuber Pemula Modal HP agar Bisa Sukses

Saat ini YouTube bukan lagi sekadar platform hiburan untuk menonton konten video saja. Melainkan sumber mencari penghasilan di internet, tak heran mengapa banyak orang yang ingin tahu cara jadi YouTuber.

cara jadi youtuber

Tidak hanya orang dewasa yang ingin jadi YouTuber pemula, bahkan remaja sampai anak-anak pun tertarik. Tidak hanya itu, saat ini artis-artis juga sudah mulai memasuki platform berbagi video yang satu ini.

Bukan hanya untuk pamer eksistensi, tapi juga menjadi lahan bisnis yang subur untuk mendulang pundi-pundi rupiah. Wajar saja, karena sumber penghasilan dari Adsense terbilang sangat besar.

Cara Jadi YouTuber Pemula, Modal HP Juga Bisa!

Hanya dengan upload video secara berkala, monetize video youtube, dan Anda sudah bisa menghasilkan setiap bulannya. Meski kedengarannya mudah, tapi tetap butuh kesabaran, komitmen, dan kerja keras loh.

Berikut ini beberapa tips cara jadi youtuber pemula modal hp saja:

1. Menentukan Tema Konten

Pertama-tama Anda harus tentukan topik atau konten apa yang akan Anda buat. Ada beberapa jenis konten yang dapat Anda pilih seperti game, makanan, travel, fashion, memasak, atau kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Mau Menjadi YouTuber Sukses? Coba Kategori Populer Ini

Dengan konten-konten yang menarik akan membuat banyak orang akan mengunjungi video Anda. Tentu saja ini akan memberikan efek yang baik pada pertumbuhan channel Anda.

Jadi pilihlah topik konten yang Anda suka atau senang mengerjakannya. Sehingga kedepannya Anda akan dimudahkan dalam membuat video.

2. Membuat Akun Google dan YouTube

Langkah berikutnya adalah dengan membuat akun Akun Google terlebih dahulu. Akun tersebut nantinya digunakan untuk mendaftar di YouTube.

Saat mendaftar YouTube, Anda bisa menggunakan nama apa saja untuk channel Anda. Jika ingin pakai nama sendiri juga boleh, nama yang unik juga boleh, tidak ada batasan di sini.

3. Menyiapkan Peralatan untuk Jadi YouTuber

Cara menjadi YouTuber berikutnya adalah dengan menyiapkan perlengkapan atau peralatan untuk membuat video. Saya sudah sering kali membahas apa saja peralatan youtuber di blog ini.

Tidak perlu memaksakan, Anda hanya perlu menggunakan alat yang tersedia saat ini. Anda bisa mulai dengan buat video menggunakan smartphone Anda. Kemudian Anda dapat belajar sendiri cara mengedit video agar konten terlihat menarik.

Banyak YouTuber yang sukses memulai hanya dengan alat-alat seadanya. Jadi jangan terlalu memaksakan diri untuk beli semua peralatan mahal nan canggih untuk jadi youtuber. Manfaatkan yang tersedia saja.

Tapi kalau channel Anda sudah berkembang, views dan subscriber banyak, maka Anda bisa upgrade alat-alat Anda. Hal ini dimaksudkan agar memberikan kualitas yang lebih baik lagi kepada penonton Anda.

4. Membuat Video YouTube

Setelah semua cara jadi youtuber 1-3 sudah Anda terapkan,sekarang waktunya membuat video pertama Anda. Proses syuting bisa Anda lakukan sendiri, di mana saja, bisa di kamar, ruangan terbuka, dan sebagainya.

BACA JUGA: Berapa Penghasilan YouTuber Pemula Dalam Sebulan?

Anda juga bisa mengajak teman-teman Anda untuk ikut bergabung dengan Anda membangun channel tersebut. Contohnya saja channel dari Jerome Polin, ia mengajak teman-teman jepangnya.

Sebagai catatan, Anda harus mencari team yang benar-benar ingin berkembang bersama. Jangan salah pilih, nanti akan repot kedepannya.

5. Mempertahankan Konsistentsi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak youtuber gagal karena tidak konsisten. Biasanya mereka akan berhenti ketika tidak ada views pada video mereka. Padahal ini adalah hal yang wajar di awal jadi youtuber.

Itulah mengapa Anda butuh konsisten di sini. Teruslah buat video sampai orang-orang mulai familiar dengan Anda. Lambat laun, Anda akan memiliki basis penonton yang setia dan akan menambah subscriber channel Anda.

Konsisten dalam membuat dan mengupload video youtube akan membuat video Anda tampil di homepage orang-orang. Lebih spesifik lagi, di homepage orang-orang yang punya ketertarikan dengan topik Anda.

Penutup

Itulah dia beberapa tips cara jadi youtuber pemula, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada teman-teman Anda yang ingin menjadi seorang youtuber.

Tinggalkan komentar