Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP

Ada beragam cara untuk menjadi YouTuber pemula hanya dengan modal HP yang Anda miliki saat ini. Walaupun terlihat sederhana, pada kenyataanya pasti ada saja hambatan atau kesulitan saat mengelolanya.

Mungkin Anda sering menonton video dari YouTuber favorite Anda. Dari menonton tersebut Anda juga mungkin berpikir bahwa “Kok dia enak banget bisa dapat uang dari youtube”.

Walaupun menjadi seorang itu tidak semudah yang Anda bayangkan. Tapi, jika Anda mau dan serius dalam menggelutinya, saya yakin Anda mampu untuk mengikuti jejak mereka.

Tapi saya tidak punya peralatan untuk jadi YouTuber? Tenang, Anda bisa memulainya dengan handphone yang saat ini sedang Anda gunakan untuk membaca tulisan ini.

7 Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP

Berikut beberapa tips untuk menjadi seorang YouTuber yang menghasilkan uang hanya dengan modal HP alias smartphone.

1. Buat Konsep Konten Secara Matang

Di YouTube sudah sangat banyak sekali topik/niche atau konsep yang bisa Anda ikuti. Mengikuti bukan berarti menjiplak bagaimana YouTuber tersebut membangun personanya.

Tapi ikuti konsepnya saja dan bawakan konsep tersebut dengan cara Anda sendiri. Lebih bagus lagi jika Anda memiliki konsep Anda sendiri sehingga membuat Anda lebih unik.

Setelah Anda memiliki atau mendapatkan konsep yang ingin Anda ikuti, selanjutnya Anda harus memikirkan apa yang ingin Anda presentasikan kepada penonton Anda.

Contohnya YouTuber yang membahas semua perihal gaming kah?, kecantikan, gadget review, atau topik lainnya yang memang menjadi minat Anda. Anda harus teliti dalam memilih.

Karena pilihan Anda akan menentukan bagaimana channel Anda kedepannya. Karena pemilihan topik yang sesuai dengan Anda akan membantu Anda untuk membuat konten yang berkelanjutan nantinya.

2. Membuat Channel YouTube Anda Sendiri

Jika Anda telah mendapatkan konsep dan topik yang ingin Anda bahas di Channel YouTube Anda. Selanjutnya, tentu saja Anda membutuhkan channel untuk memampung video Anda nantinya.

Untuk membuat channel youtube sangat gampang. Jika Anda telah memiliki akun gmail, maka Anda sudah bisa membuat channel YouTube Anda sendiri dengan sangat mudah dan tentunya gratis.

Jika Anda belum mengerti bagaimana cara untuk membuat channel YouTube, silahkan baca artikelnya dibawah ini:

Baca ini: Cara Membuat Channel YouTube dalam 3 Menit

3. Menyiapkan Peralatan

Car menjadi YouTuber berikutnya adalah Anda harus menyiapkan peralatan untuk menjadi YouTuber. Tidak perlu keluar biaya yang besar, Anda bisa manfaatkan smartphone yang Anda miliki saat ini.

Jika Channel Anda mulai berkembang, Anda bisa mulai membeli satu-persatu peralatan youtuber yang lebih mumpuni. Contohnya seperti membeli kamera, mic, dan laptop atau PC.

Perlu diperhatikan, walaupun Anda hanya menggunakan smartphone tapi pastikan Anda memperhatikan bagian penting dalam video, seperti suara dan pencahayaannya.

Sekadar informasi bahwa orang-orang cenderung lebih kompromi dengan video dengan kualitas video yang biasa saja tapi sound/suaranya bagus. Ketimbang sound buruk tapi kualitas video yang bagus.

4. Mempertahakankan Konsistensi

Seperti yang saya singgung diawal, bahwa untuk menjadi YouTuber itu tidak mudah dan butuh konsistensi yang tinggi. Karena banyak YouTuber pemula yang inkonsisten dan berakhir kegagalan.

Banyak orang yang malas untuk membuat video baru karena merasa tidak ada yang menonton video-video yang mereka unggah. Akhirnya ogah-ogahan lagi untuk unggah video baru.

Baca juga: Tips Menjadi Youtuber Sukses Hasilkan Puluhan Juta

Dengan semakin populernya konten dan channel YouTube Anda, maka semakin banyak orang yang akan menunggu video baru yang Anda unggah.

Jadi Anda harus konsisten untuk upload video. Anda bisa membuat jadwal upload 3 hari sekali, seminggu sekali, atau 2 minggu sekali. Anda juga harus konsisten dalam hal durasi video.

5. Jangan Lupakan Editing Video

Cara menjadi YouTuber menggunakan HP berikutnya adalah melakukan editing untuk setiap video yang akan di unggah ke channel Anda.

Meskipun Anda memulai dengan handphone, bukan berarti Anda tidak dapat melakukan editing video. Anda bisa menggunakan aplikasi editing video yang tersedia untuk smartphone.

Baca ini: Aplikasi Editing Video Android Gratis

Anda juga tidak perlu mahir dalam hal editing untuk mulai mengedit video Anda agar terlihat menarik dan enak dilihat. Semakin sering Anda mengedit video, maka skill Anda terus bertambah.

6. Manfaatkan SEO (Search Engine Optimization)

Channel Anda juga akan sulit berkembang jika hanya mengunggah video saja. Anda juga perlu memastikan bahwa video yang Anda upload diketahui dan ditonton banyak orang.

Untuk membuat video Anda diketahui dan ditonton, Anda harus bisa manfaatkan SEO untuk setiap video Anda. Berikut beberapa tips SEO YouTube yang harus Anda terapkan pada video.

  • Menggunakan judul yang deskriptif.
  • Tambahkan tag yang mengandung kata kunci.
  • Menambahkan deskripsi yang menggambarkan isi video Anda.

Anda juga dapat menggunakan tools SEO gratis untuk mendapatkan traffic atau views ke video Anda.

7. Mulai Dapatkan uang dari YouTube

Setelah Anda mengetahui cara menjadi YouTuber, sekarang Anda bisa mulai mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan atau uang dari YouTube. Contohnya seperti, Google Adsense, Affiliate, Endorse, dan sebagainya.

Namun, bagi seorang pemula, cara termudah adalah mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. Selain gratis, pengaplikasiannya juga sangat mudah.

Saya juga telah menulis beberapa tips mendapatkan penghasilan dari YouTube. Anda bisa membaca salah satunya disini (Cara Mendapatkan uang dari YouTube).

Penutup

Itulah dia beberapa cara menjadi youtuber dengan modal hp yang bisa Anda terapkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa saya tidak menjamin Anda bisa sukses jadi YouTuber hanya dengan membaca tulisan ini.

Anda perlu untuk memulainya dan konsisten membangun channel Anda. Konsistensilah yang menentukan apakah seorang YouTuber dapat sukses atau tidak. Jadi, jangan cepat menyerah hanya karena jumlah views.

Baiklah, jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman Anda agar bisa memberi lebih banyak manfaat lagi, terima kasih.