Cara Menjadi Seorang Vlogger Pemula yang Sukses

Cara Menjadi Seorang Vlogger – Halo Indonesian Blogger, apakah Anda hobi dalam videografi? Jika iya, mungkin sudah waktunya untuk mencoba keberuntungan Anda di dunia Video Blogger yang menggunakan media sosial.

cara menjadi seorang vlogger

Menjadi seorang vlogger tidak hanya bisa mendapatkan popularitas dan penghasilan dari youtube saja.

Melainkan dapat membantu Anda berlatih atau mengasah skill Anda untuk bisa menghasilkan karya yang berkualitas baik.

Bagi Anda yang masih enggan untuk mencobanya, mungkin tips Cara Menjadi Seorang Vlogger sukses di bawah ini dapat membantu.

Cara Menjadi Seorang Vlogger

1. Belajar dan Membuat Rencana

Untuk memulai menjadi seorang vlogger, Anda tidak akan dapat membuat video langsung dengan konten yang mengikuti orang lain.

Baca juga: Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Dari Nol

Pada awalnya Anda juga akan belajar bagaimana formula untuk membuat konten menjadi Viral, bagaimana teknik dasar dalam menggunakan kamera dan mengedit video, dan juga belajar membuat judul video yang akan Anda buat.

Selain itu Anda juga harus belajar bagaimana membuat sebuah jadwal untuk upload video.

Anda dapat merencanakan jadwal upload harian, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan. Jika Anda menginginkan dunia yang serius dan dalam, Anda harus menganalisis apa yang akan Anda lakukan dengan video Anda dalam periode 6 bulan.

Jika Anda berada pada strategi selama 6 bulan, Anda dapat mengembangkan rencana tahunan.

Apakah Anda sudah memiliki pelanggan? Bisakah Channel Anda diiklankan sekarang? Apa yang akan Anda lakukan jika tujuannya tidak tercapai? Dan seterusnya.

2. Mempersiapkan Alat Jadi Youtuber

Sebelum masuk ke cara menjadi seorang vlogger, mungkin Anda bertanya apakah harus seorang vlogger memiliki peralatan canggih yang mahal?

Baca juga: Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Pemula Yang Murah

Jelas tidak! Anda dapat membuat konten menggunakan kamera saku atau bahkan menggunakan kamera smartphone Anda saat ini.

Yang perlu Anda ketahui, Anda tidak perlu memiliki peralatan youtuber baru untuk menjadi seorang vlogger.

Jadi apakah alasan tidak memiliki peralatan canggih, menjadi penghalang bagi Anda untuk tidak memulainya dari sekarang?

Namun jika Anda membutuhkan kamera yang baik untuk dijadikan sebagai alat perang Anda, saya sudah membuatkan ulasan tentang kamera untuk jadi vlogger, silahkan baca dibawah ini.

Baca ini: Kamera Untuk Vlogger Dengan Harga Terjangkau

3. Menentukan Tema Video

Sebelum Anda membuat video, Anda harus sudah tahu video apa yang akan Anda ciptakan. Apakah seputar traveling, pelajaran, gaya hidup, musik, makanan atau yang lainnya.

Anda tidak bisa hanya ikut-ikutan tema yang sudah ada hari ini karena Anda harus menyesuaikannya pada preferensi Anda juga.

Bagaimana cara membuat konten jika Anda tidak benar-benar menyukainya? Hasilnya pasti akan sangat berbeda jika Anda melakukannya dengan hati, tidak hanya agar bisa menghasilkan uang.

Baca juga: Mau Menjadi Youtubers Sukses? Coba Kategori Ini

Jika topik yang Anda suka sudah “pasaran” tidak ada salahnya mencoba untuk membuat konten “worth watching” dibandingkan dengan video serupa. Kulik apa yang membuat video Anda lebih unik daripada video-video lainnya.

4. Pilih Target Market

Selain topik, Anda juga harus memilih segmen atau target market untuk membuat video Anda lebih diterima secara publik. Dari editing hingga penggunaan bahasa Anda harus tepat.

5. Temukan Inspirasi

Cara Menjadi Seorang Vlogger berikutnya!

Ketika membuat video, setidaknya Anda harus melihat banyak referensi untuk melihat gambaran kedepannya bagaimana. Jangan malas untuk mencari inspirasi serta informasi terbaru.

Untuk membuat video yang berkualitas baik, sering-seringlah untuk melihat video orang lain, sehingga Anda dapat menilai mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Jika Anda hanya membuat video tanpa menonton mereka, dapat dipastikan video di channel Anda tidak akan tumbuh dan hanya menggantung di sana.

6. Cari Nama yang Tepat

Seberapa pentingkah nama channel bagi seorang Vlogger? Ya, tentu saja penting, karena hal itu digunakan sebagai brand untuk mempertahankan saluran Anda dalam jangka yang panjang.

Jadi, pilih nama yang mudah diingat dan masih terkait dengan subjek atau tema dari video yang akan Anda unggah nantinya.

Hindari menggunakan nama yang merujuk pada hal SARA, jika Anda merasa kesulitan untuk membuat nama yang unik, Anda juga dapat menggunakan nama asli seperti vlogger lainnya, tidak masalah.

7. Perluas Koneksi Anda

Tips cara menjadi seorang blogger yang terakhir adalah dengan memperluas koneksi atau jaringan pertemanan Anda.

Membantu teman sangat berguna untuk mengembangkan pemirsa video mereka. Jadi, jangan takut untuk mempromosikan channel teman dan minta teman Anda untuk mempromosikan channel Anda juga.

Perluas jaringan Anda dengan bergabung dengan beberapa komunitas baik di media sosial seperti facebook, youtube, twitter, instagram dan lain lain, atau menghadiri acara yang mengundang orang atau vlogger terkenal atau berpengaruh.

Memperluas jaringan tidak hanya menambah jumlah teman, Anda juga dapat belajar dari satu sama lain dan berbagi ide di dunia vlogger. Belajar tidak hanya dari buku, Anda bisa belajar dari pengalaman orang lain.

Penutup

Sekarang, apakah Anda masih ragu untuk masuk ke dunia youtuber?

Apakah Anda takut dan apakah menurut Anda video Anda gagal? Jangan berpikir aneh dulu karena Anda tidak akan mengetahuinya sebelum Anda mencoba.

Baiklah saya rasa hanya itu saja yang dapat saya bagikan pada artikel “cara menjadi seorang vlogger” semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk di share teman teman yang ingin jadi seorang youtuber.

Tinggalkan komentar