Menu Close

Mau Jadi Programmer? Ikuti Tips Berikut Ini

Cara Menjadi Seorang Programmer – Halo semua, menjadi seorang programmer bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dikerjakan. Sehingga tidak banyak orang yang berminat untuk mempelajarinya.

cara menjadi seorang programmer

Tapi tahukah Anda? Bahwa saat ini profesi programmer di Indonesia sangat kurang, hal tersebut membuat gaji seorang programmer profesional relatif tinggi.

Profesi seorang programmer sangat dibutuhkan, dan kebutuhan industri akan profesi ini pun sangat tinggi. Namun tingginya kebutuhan tidak sejalan dengan sumber daya yang tersedia.

Apa sih enaknya jadi programmer?

Salah satu keunggulan menjadi programmer adalah kadang-kadang perusahaan memperlakukan kita lebih fleksibel, terutama dalam hal waktu dan tempat kerja.

Baca juga: Langkah Awal untuk Menjadi Seorang Programmer

Dalam beberapa kasus (tidak berlaku secara keseluruhan), perusahaan lebih berfokus pada pekerjaan yang objektif.

Sedangkan untuk waktu pengerjaan, biasanya diberikan keleluasaan kepada si programmernya. Kadang pula perusahaan memperbolehkan programmernya untuk bekerja dengan cara remote dari jarak jauh.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang programmer? Jika iya, ada beberapa tips atau cara menjadi seorang programmer yang profesional dan handal. Berikut ini tips nya;

Cara Menjadi Seorang Programmer Profesional

1. Memilih Bahasa Pemrograman

Untuk menjadi seorang programmer, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu pemrograman. Setelah Anda tahu apa itu pemrograman, selanjutnya Anda harus memilih bahasa pemrograman apa yang cocok dengan Anda yang masih pemula.

Saya menyarankan Anda untuk memilih bahasa pemrograman yang sifatnya prosedural.

Apa itu prosedural?

Prosedural adalah pemrograman yang dilakukan dengan cara memberikan serangkaian perintah yang berurutan.

Contoh pemrograman prosedural sepeti C++, Pascal, PHP, dan lain sebagainya. Untuk seorang pemula, sebaiknya tentukan satu bahasa pemrograman yang ingin Anda kuasai agar bisa lebih fokus mempelajarinya.

Setelah itu, Anda harus menentukan Anda ingin belajar di platform apa. Selain itu tentukan juga Anda ingin belajar dimana, apakah di web, Android, atau di desktop.

2. Mulailah Belajar dari Awal/Dasar

Dasar-dasar pemrograman ini penting untuk Anda kuasai. Diantaranya adalah konsep variabel, tipe data, input atau output, percabangan, perulangan, fungsi dan kelas.

Jika Anda telah mempelajari dasar-dasar dari salah satu bahasa pemrograman, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan saat mempelajari bahasa pemrograman lainnya.

Kenapa bisa? Karena konsep dasar dari setiap bahasa pemrograman rata-rata hampir sama saja, hanya ada perbedaan dalam segi teknik penulisan syntax.

3. Buat Program Sederhana Secara Berulang

Setelah Anda selesai belajar dasar-dasar pemrograman, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah dengan membuat program sederhana secara berulang atau terus menerus.

Baca juga: Skill Wajib yang Harus Dimiliki Seorang Programmer

Hal ini dimaksudkan agar memperkuat logika pemrograman dan bahkan bisa mengingat syntax dengan sendirinya.

Anda bisa mencoba program yang kecil yang mungkin hanya 3, 4 atau 5 baris saja. Kemudia dari situ Anda bisa belajar memahami bagaimana urutan bekerja.

Setelah itu Anda bisa beralih ke pemilihan (selection) lalu pengulangan (looping) dan lain sebagainya.

Jadi, untuk mempelajari itu semua tidak harus belajar langsung dari program yang besar dan memiliki banyak baris. Belajar dari program kecil adalah pilihan yang terbaik.

4. Jangan Cepat Jenuh untuk Ngoding

Untuk menjadi seorang programmer handal dan profesional, Anda harus terus belajar dan coding sesering mungkin untuk melatih kemampuan Anda dalam pemrograman.

Anda bisa melatih diri Anda dalam coding, Anda bisa berlatih dengan menyelesaikan sebuah project, praktek langsung dari website, atau juga dengan mengikuti event.

5. Lakukan Pengujian pada Program Anda

Setelah selesai, jangan bangga atau bahagia dulu. Anda perlu tahu di mana kelemahan hasil pemrograman Anda. Seperti yang kita ketahui, setiap program itu tentu saja memiliki kelemahan.

Karena itu, cobalah program yang telah Anda buat. Jangan cepat menyerah dan mudah puas. Untuk menjadi programmer yang andal, Anda harus bisa menemukan kesalahan dan membenarkan segalanya.

Dengan melakukan tes ini, Anda dapat belajar dari kesalahan yang Anda buat.

6. Belajar dari Programmer Lainnya

Setelah Anda mengejarkan sebuah project, manfaatkan project tersebut sebagai sarana belajar, dan pelajari apa yang tidak Anda ketahui agar Anda bisa mendapatkan keterampilan baru.

Jangan ragu bertanya kepada programmer lain yang pastinya lebih berpengalaman dari Anda tentang bagaimana code yang telah Anda buat.

7. Belajar yang Lebih Kompleks

Setelah Anda mengerti konsep dasar pemrograman, sekarang Anda harus mulai untuk belajar dengan pemrograman yang lebih kompleks. Contohnya seperti belajar OOP dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah dia beberapa cara menjadi seorang programmer profesional yang bisa Anda terapkan saat ini. Jadi siapkah Anda menjadi seorang programmer yang profesional? Jawab di kolom komentar.

Related Posts

1 Comment

  1. mrhanafi

    saya kurang berminat jadi programmner mas..

    saya berminat untuk kerja membaca sahaja hehehe.

    alhamdulillah..kerja atau saya sebagai karyawan yang membaca sekarang ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *