Home » Internet » Cara Menjadi Freelance Writer Profesional dan Menghasilkan Uang

Cara Menjadi Freelance Writer Profesional dan Menghasilkan Uang

Internet

Menulis adalah salah satu kegiatan yang cukup banyak digemar. Tidak hanya sekadar hobi, Anda juga bisa menghasilkan uang. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menjadi freelance writer.

Cara Menjadi Freelance Writer

Freelance writer atau penulis lepas adalah seseorang yang menulis untuk keperluan tertentu seperti project, perusahaan, hingga personal. Mereka juga tidak terikat jam kantor atau kontrak.

BACA JUGA: Cara Mengubah Hobi Jadi Bisnis yang Menguntungkan

Seorang penulis lepas dapat bekerja untuk siapa saja. Mereka juga bebas untuk menentukan apakah mereka akan menerima perkerjaan menulis atau tidak. Terima artinya dapat uang, begitu sebaliknya.

1. Cara Menjadi Freelance Writer Profesional

Tetapi perlu di ingat bahwa menjadi freelance writer bukanlah pekerjaan yang mudah. Terlebih lagi jika masih pemula, biasanya akan kesulitan untuk dapat client karena kalah di portfolio.

Untuk itu, saya akan bagikan beberapa tips untuk Anda yang ingin jadi freelance writer dan tentunya bagaimana cara untuk menghasilkan uang. Simak dibawah ini

1.1 Rajinlah Membaca

Menjadi penulis memang terkesan sepele karena hanya bermain dengan kata-kata. Pada kenyataannya tidak semudah itu, Anda tetap harus suka membaca buku. Anda bebas untuk membaca buku apa saja.

Dengan membaca, tanpa sadar Anda akan selalu menambah pembedaharaan kata Anda. Semakin banyak kosakata yang Anda miliki, maka semakin mempermudah Anda dalam menulis nantinya.

Untuk menjadi penulis yang handal, konsisten membaca adalah kuncinya. Karena hampir semua penulis handal terlahir dari orang-orang yang gemar membacar.

1.2 Selalu Asah Skill Menulis

Cara menjadi seorang freelance writer selanjutnya adalah dengan selalu berlatih menulis. Karena rajin membaca saja tidak lantas membuat Anda menjadi bisa menulis dengan baik.

Anda tetap harus mengasah skill agar bisa selalu konsisten menghasilkan karya tulis yang berkualitas baik. Anda dapat memanfaatkan waktu luang yang Anda miliki untuk sekadar mengasah skill menulis.

BACA JUGA: Skill Wajib Seorang Freelancer Yang Harus Kamu Miliki

Cara sederhana yang dapat Anda lakukan adalah cari topik atau kalimat tertentu kemudian kembangkan jadi satu tulisan utuh. Mudah, tapi kadang bisa menghabiskan banyak waktu.

1.3 Belajar Tata Cara Menulis

Menjadi seorang freelance writer, artinya kita akan bekerja untuk banyak orang yang berbeda-beda. Ada client yang butuh tulisan dibuat dengan gaya bahasa yang santai, tapi ada pula yang formal.

Berdasarkan pengalaman, tulisan dengan tata bahasa formal atau sesuai PUEBI biasanya banyak diminta oleh company. Sedangkan untuk tulisan non-formal lebih diminati oleh startup, industri kreatif, dan sebagainya.

Untuk itu sangat penting seorang freelance writer tahu bagaimana cara menulis dengan tata bahasa yang rapi dan mampu menarik minat baca orang lain.

1.4 Bergabung Komunitas Menulis

Memiliki networking atau jaringan sangat penting untuk seorang freelancer, termasuk untuk penulis lepas. Di komunitas, Anda dapat bertukar ilmu dan pengalaman dalam hal menulis.

Sebagai anggota dalam komunitas, Anda tidak perlu ragu untuk bertanya atau berbagi ilmu yang Anda ketahui. Anggap saja Anda sedang melatih skill menulis.

1. 5 Mengikuti Kursus

Cara menjadi freelance writer berikutnya, Anda bisa lakukan jika Anda membutuhkan bimbingan langsung. Tapi jika Anda bisa, kenapa tidak! Ilmu yang Anda dapatkan pasti bermanfaat.

Ada banyak sekali kelas online ataupun offline mengenai kepenulisan, seperti cara menulis artikel, menjadi content writer, dan sebagainya.

Tidak perlu takut mahal, ada banyak sekali kelas yang memberikan harga kursus yang sangat terjangkau.

2. Cara Freelance Writer Menghasilkan Uang

Setelah membaca cara atau tips untuk jadi freelance writer, sekarang bagaimana cara menghasilkan uangnya? berikut ini beberapa diantaranya:

2.1 Menjadi Seorang Blogger

Pasti Anda sudah sering mendengar istilah “Blogger”, yaitu istilah untuk mereka yang mempublikasikan tulisan ke internet. Tapi, apakah Anda sudah tahu sumber penghasilan seorang blogger?

Penghasilan blogger sebanarnya sangat banyak sekali, mulai dari iklan, review, placement, dan sebagainya. Tetapi yang menjanjikan jika Anda konsisten nge-blog adalah Google Adsense.

Cara kerjanya adalah dengan menempatkan iklan dari Google Adsense ke tulisan blog Anda. Setiap iklan tersebut di klik oleh pembaca, maka Anda akan mendapatkan bayaran.

Tertarik untuk menjadi seorang blogger? Saya sudah sering mengulasnya di blog ini, silahkan gunakan fitur pencarian untuk menemukannya.

2.2 Menjadi Freelance Writer dengan Menjual Artikel

Seperti nama julukannya “Freelance Writer” di mana tugasnya adalah menulis. Cara kerjanya adalah dengan menjual atau menyediakan jasa penulisan artikel untuk orang yang butuh konten.

Beberapa target market penjual artikel adalah blogger, startup, perusahaan, dan sebagainya.

Anda dapat menjual jasa Anda di situs-situs freelancer seperti Projects, Freelancer, sribulancer, dan sebagainya. Anda juga dapat melampirkan jasa Anda pada halaman blog yang Anda miliki.

Harga penulisan sendiri berbeda-beda, ada yang menjualnya per 100 kata, 200, 300, dan seterusnya. Ada pula yang sistem paket seperti Rp 50.000 untuk 5 artikel 300 kata.

2.3 Menulis di Media

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk menjadi freelance writer dan menghasilkan uang adalah dengan menulis di media. Media yang saya maksud seperti IDNTimes, Mojok, dan sebagainya.

Media ini memiliki aturan yang cukup ketat untuk penulisnya, jika tulisan Anda lolos dari penilaian artinya tulisan Anda sudah oke. Jika tulisan Anda di tolak, maka waktunya untuk belajar lagi.

Setiap artikel yang berhasil di publish di media tersebut, maka Anda akan mendapatkan bayaran. Perhitugan setiap website berbeda, Ada yang melihat dari jumlah viewsnya, ada pula yang tidak.

2.4 Menjadi Freelance Writer: Review

Seperti yang sudah saya sebutkan pada point “Menjadi seorang blogger”, Anda bisa menghasilkan dengan melakukan review. Biasanya para pebisnis meminta blogger untuk review produk mereka.

Cukup dengan menuliskan review seputar produk, brand, atau jasa mereka di blog Anda maka Anda dapat bayaran. Rate card atau bayaran setiap blogger berbeda-beda, tergantung blognya.

Semakin banyak traffic suatu blog, maka semakin tinggi pula bayarannya.

2.5 Menulis Novel Secara Online

Saya perhatikan saat ini semakin banyak orang yang membaca novel secara online, umumnya para remaja. Ini bisa jadi cara menghasilkan uang dari menjadi seorang freelance writer.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer

Misalnya saja di storial, salah satu website kegemaran anak zaman now. Di sini Anda bisa mempublikasikan novel karangan Anda sendiri.

Anda akan mendapatkan royalti dari setiap pembaca yang membeli cerita premium Anda.

Penutup

Menjadi seorang penulis memanglah tidak mudah, Anda butuh skill dan kemampuan yang selalu terasah dengan baik. Jadi jangan pernah lelah untuk mencoba, berlatih, dan mempublikasikan tulisan Anda.

Itulah dia tadi bagaimana cara menjadi seorang freelance writer serta cara menghasilkan uangnya. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan di share agar lebih banyak yang mengetahuinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *