Home » Panduan Bisnis » Panduan Lengkap Cara Menjadi Dropshipper Sukses

Panduan Lengkap Cara Menjadi Dropshipper Sukses

Panduan Bisnis

Seiring perkembangan digital, cara untuk menghasilkan uang di internet juga semakin beragam. Ada yang mulai dengan cara menjadi reseller, hingga menjadi dropshipper sukses yang modal hp saja.

Cara Menjadi Dropshipper

Pada artikel sebelumnya, saya juga sudah bahas cara menjadi reseller yang notabene butuh modal kecil. Kali ini saya akan bahas bisnis online yang tanpa modal atau cukup modal kuota saja.

Bisnis online tersebut adalah dropship. Oke mari kita bahas seluk beluk dropship, mulai dari pengertian, cara menjadi dropshipper, promosi, dan sebagainya. Simak dibawah ini:

1. Pengertian Dropship

Dropship adalah sebuah sistem penjualan yang dimana penjual (Dropshipper) tidak perlu melakukan stok barang. Dropshipper hanya perlu membeli barang dari supplier ketika ada order/pesanan saja.

Tugas seorang dropshipper hanya memasarkan produk yang ingin dijual. Sedangkan untuk pengemasan dan pengiriman akan dilakukan oleh supplier (Pihak ketiga).

BACA JUGA: Pandangan Agama Tentang Dropship, Halal Kah?

Keuntungan seorang dropshipper didapat dari margin atau markup harga. Misalnya Anda beli baju dari supplier dengan harga Rp 50.000, kemudian menjualnya kembali seharga Rp 100.000.

Artinya Anda mendapatkan keuntungan sebesar Rp 50.000. Ingat loh, itu tanpa perlu stok barang dan melakukan pengiriman. Apakah Anda tertarik untuk jadi dropshipper? jika iya, teruskan membaca.

2. Cara Menjadi Dropshipper agar Sukses

Meskipun terkesan sepele, tapi faktanya tidak semudah itu. Dalam bisnis dropshipping terdapat 2 aspek penting yaitu marketing dan juga pelayanan. Jika Anda melewatkan keduanya, pasti sulit sekali.

Marketing adalah bagaimana Anda memasarkan produk yang Anda jual ini agar bisa dilihat oleh orang banyak. Semakin banyak orang yang melihat maka semakin besar peluang untuk terjadi penjualan.

BACA JUGA: Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan dan Kegagalan Bisnis

Sedangkan dari segi pelayanan, Anda harus pandai berkomunikasi dengan pelanggan. Bagaimana meyakinkan mereka, menjelaskan kelebihan produk, menjawab pertanyaan pembeli, dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, berikut ini beberapa tips atau cara lainnya untuk bisa menjadi dropshipper yang sukses:

2.1. Pemilihan Produk yang Tepat

Sebelum memulai jadi dropshipper tentu saja Anda harus tahu dulu produk apa yang ingin Anda jual. Mengapa pemilihan produk sangat penting? Karena tidak semua produk punya banyak peminat.

Pemilihan produk yang tepat akan mempermudah Anda untuk memasarkannya. Untuk bisa mengetahui produk apa yang cocok dijual, Anda harus bisa mengikuti trend pasar yang sedang berkembang.

BACA JUGA: Tips Mencari Produk untuk Dijual Lagi Bagi Pemula

Tidak hanya sekadar trend saja, melainkan ada beberapa lagi cara atau tips pemilihan produk jika Anda ingin menjadi dropshipper. Apa saja? simak di bawah ini:

Pilih satu niche produk yang spesifik. Misalnya hanya baju bayi, maka fokuslah pada produk tersebut. Hindari menjual segala macam karena orang akan bingung toko Anda ini jual apa.

Hindari menjual produk pecah belah, agar menghindari komplain ketika barang pecah saat pengiriman. Produk yang ringan dan tahan lama bisa jadi pilihan yang terbaik untuk dropship.

Pertimbangkan ukuran produk yang ingin Anda jual, jangan sampai terlalu besar. Selain akan mempermudah pengiriman, ongkos kirim juga tidak besar.

Pilihlah produk yang sedang banyak digemari atau dicari orang. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan pelanggan juga semakin besar.

Maksimalkan produk yang tren tetapi keuntungannya sedikit. Namun, keuntungan yang sedikit jika bisa dijual dengan jumlah banyak tetap saja menguntungkan.

2.2. Cara Menjadi Dropshipper: Target Maket

Setelah Anda mengetahui produk apa yang akan Anda jual, sekarang pikirkan siapa target market Anda. Target market atau target pasar adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis.

Sehingga, hal ini sangat wajib untuk Anda ketahui kepada siapa Anda akan mejual produk yang sudah dipilih tadi. Misalnya bayu bayi tadi, maka targetnya tentu saja ibu-ibu yang punya anak.

Anda juga bisa melakukan riset agar lebih spesifik, misalnya menargetkan dari segi usia, lokasi, dan sebagainya. Jika sudah mengetahui hal ini, akan mempermudah Anda saat beriklan di media sosial.

2.3. Menemukan Supplier Terpercaya

Salah satu kendala atau kerumitan ketika ingin menjadi seorang dropshipper adalah kesulitan untuk menemukan supplier yang terpercaya. Point ini tidak bisa Anda tolerir sama sekali.

Karena supplier yang nantinya akan mementukan bagaimana bisnis dropshipping Anda berjalan. Jika supplier Anda pengirimannya lambat, susah dihubungi, atau menipu, pastinya Anda akan rugi.

BACA JUGA: Cara Menjadi Reseller Sukses dengan Modal Kecil

Anda bisa memanfaatkan marketplace untuk menemukan supplier yang terpercaya dan tepat. Disana Anda bisa melihat bagaimana respon, pengiriman, dan sebagainya dari calon supplier Anda.

Salah satu cara menjadi dropshipper dengan keuntungan yang besar adalah mendapatkan produk dari supplier tangan pertama. Karena di marketplace ini banyak juga dropshipper lainnya.

Jika sudah menemukannya, Anda bisa menghubungi melalui pesan/chat yang tersedia. Katakan saja bahwa Anda ingin menjadi dropshipper dan mejadikan mereka sebagai suppliernya atau bahkan mengirim proposal.

Namun, ada beberapa penjual di marketplace yang mengizinkan siapa saja untuk menjadi dropshipper mereka. Anda bisa melihatnya di profile atau deskripsi produk yang mereka jual.

2.3.1. Tips Mencari Supplier

Untuk menemukan yang terbaik Anda bisa mengikuti tips mencari supplier berikut ini:

Lakukan riset dengan mengumpulkan beberapa daftar calon supplier Anda. Catat semuanya baik di buku, excel, dan sebagainya.

Setelah dirasa data yang dikumpulkan sudah cukup, lakukan audit kembali. Tujuannya untuk menemukan calon supplier yang terbaik dari yang terbaik.

Catatan untuk di perhatikan:

  1. Lihat review tokonya
  2. Perhatikan juga bagaimana respon mereka ke pelanggan
  3. Kecepatan membalas pesan
  4. Lokasi toko dengan lokasi Anda (Opsional)
  5. Rekam jejak toko tersebut

2.4. Cara Menjadi Dropshipper: Strategi Marketing

Salah satu cara untuk menjadi dropshipper yang sukses adalah strategi marketing yang digunakan. Dengan strategi marketing yang tepat akan membantu mendongkrak omzet penjualan Anda.

Strategi marketing adalah salah satu aspek penting yang mesti dimiliki jika Anda ingin berkembang dan juga diketahui banyak orang. Beberapa strategi yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut:

2.4.1. Membuat Konten

Jika Anda memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran, maka wajib untuk membuat konten yang kreatif. Tujuannya adalah untuk impresi dan mendatangkan banyak followers baru.

Semakin banyak followers, tentu saja akun Anda menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif nantinya. Karena Anda sudah membuat kolam Anda sendiri sehingga lebih mudah untuk menjual.

Anda bisa membuat konten yang menarik seperti tips, tutorial, dan sebagainya, pasti orang-orang akan follow Anda. Jika tidak bisa membuatnya, Anda bisa pakai jasa pembuatan konten.

Contoh: Anda dropship produk bayi. Anda bisa membuat konten apapun yang berhubungan dengan bayi seperti:

  • Cara memandikan bayi
  • Tips memilih baju bayi
  • Tips parenting
  • dan sebagainya.

2.4.2 Membuat Toko Online Sendiri

Salah satu cara untuk menjadi dropshipper profesional adalah dengan memiliki website. Dengan website, Anda bisa membangun kepercayaan pembeli dengan mudah.

BACA JUGA: Manfaat Landing Page untuk Meningkatkan Konversi Penjualan

Penggunaan website bisa digunakan sebagai media yang mempermudah Anda untuk promosi. Karena website bisa online 24 jam dalam sehari dan semuanya bekerja secara otomatis untuk Anda.

Begitupun ketika ada order dari pembeli, maka semuanya terdaftar di website Anda sehingga lebih mudah untuk di kelola. Data seperti alamat, produk, jumlah, warna, dll ada di website Anda.

Sedangkan, keuntungan bagi pembeli adalah mempermudah mereka dalam transaksi. Karena tinggal pencet-pencet isi formulir order, bayar, dan selesai. Mereka hanya perlu menunggu barang datang.

Jika Anda tidak bisa membuat website, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website yang banyak sekali di Indonesia. Tinggal pilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

2.5. Cara Menjadi Dropshipper dengan Pelayanan yang Terbaik

Salah satu tips yang tidak boleh Anda lewatkan untuk cara menjadi dropshipper yang sukses adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda. Ini hal yang wajib Anda lakukan.

Terkadang pelanggan batal membeli produk karena pelayanan dari penjual yang kurang memuaskan. Misalnya tidak sopan, memaki pembeli, respon yang lambat, dan sebagianya.

Ramah dan selalu menghargai setiap pertanyaan calon pembeli adalah mutlak. Bagaimanapun sifat pembeli, teruslah ramah dan sopan. Jika dirasa sangat berlebihan, tetap ramah saja.

Coba Anda hubungi CS di marketplace apapun, pancing-pancing saja CSnya dengan pertanyaan sepele atau aneh, mereka pasti tetap saja sopan dan ramah. Anda bisa pelajari hal itu.

2.6 Membangun Branding Toko Anda

Meskipun Anda hanya dropship, tapi tetap butuh branding. Dengan begitu akan membuat orang-orang mengenal bisnis Anda. Bahkan mereka tidak sadar bahwa Anda adalah dropshipper.

Anda bisa membangun branding dengan cara memiliki nama, logo yang unik hingga memiliki slogan. Kemudian memanfaatkan berbagai platform untuk mengembangkan brand Anda.

Misalnya menggunakan Facebook, Twitter, Instagram. Buatlah akun di ketika medsos itu dengan nama, foto profile (Logo), hingga slogan yang sama.

Penutup

Itulah dia beberapa tips menjadi seorang dropshipper agar bisa sukses. Tapi perlu di ingat bahwa kesuksesan suatu usaha tidak bisa didapat dengan cara yang instant. Anda butuh waktu dan effort lebih.

Meskipun jadi dropshipper terdengar mudah, tapi Anda tetap perlu kerja keras, tekin, dan konsisten agar bisa menjadi sukses.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan di share agar bisa memberikan manfaatkan kepada lebih banyak orang lagi yang ingin menjadi dropshipper.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *