10 Cara Meningkatkan Kecepatan Android dengan Mudah

Cara Meningkatkan Kecepatan Android – Halo semuanya, bagi Anda pengguna ponsel Android tentu saja pernah mengalami yang namanya lag dan lemot.

cara meningkatkan kecepatan Android

Bukan sebuah jaminan, smartphone mahal akan terus beroperasi dengan kinerja yang baik. Karena pada dasarnya, semakin lama Android digunakan, tentu saja performanya akan menurun juga.

Walaupun smartphone Anda terbilang mahal dan memiliki kapasitas yang besar, namun jika tidak dirawat dengan baik pasti akan terjadi perlambatan kinerja.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena system didalam smartphone akan terus mengalami pembaruan. Lalu bagaimana cara agar android tetap lancar saat digunakan?

Cara Meningkatkan Kecepatan Android

Untuk membuat smartphone Android Anda berjalan lancar dan tetap ngacir saat digunakan, Anda bisa terapkan tips dan trick berikut ini.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Banyak sekali pengguna Android yang melakukan install aplikasi ini itu, yang sebenarnya jarang atau bahkan tidak pernah digunakan lagi.

Baca juga: Cara Mengatasi Dark Mode Instagram Tidak Bisa

Memang ada beberapa aplikasi bawaan smartphone yang tidak bisa di uninstall secara langsung. Namun, Anda tetap bisa disable aplikasi tersebut agar tidak berjalan dilatar belakang.

Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan disable dibagian pengaturan atau langsung disable di Google Playstore.

Disable di Pengaturan: Setting > Aplikasi/Installed Apss > Pilih aplikasi yang ingin di disable > Pilih Disable atau Uninstall.

Di PlayStore: Masuk ke Playstore > Klik 3 garis dipojok kiri (profile) > Help and Feedback > Delete or Disable > Tap to go to application Setting > Pilih apps yang mau di disable > Disable.

Gunakan Aplikasi Lite (Untuk HP RAM Kecil)

Cara meningkatkan kecepatan Android berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi yang versi Lite (versi yang lebih ringan).

Saat ini beberapa aplikasi sudah menyediakan versi Lite. Contohnya seperti Facebook Lite, Twitter Lite, YouTube Go dan lain sebagainya.

Semua aplikasi versi Lite, besar filenya bahkan tidak sampai puluhan MB. Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada ponsel cerdas yang RAM dan memori internalnya terbatas.

Namun, karena versi lite ini sangat ringan, tentu saja ada beberapa fiturnya tidak selengkap versi aslinya. Tapi, saya yakin Anda tetap bisa menggunakannya dengan lancar.

Baca juga: 10 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android

Lakukan Update System Operasi

Saat ini Anda dapat melakukan update sistem operasi smartphone Anda, dengan syarat spesifikasi masih mumpuni untuk menerima update.

Beda halnya dengan zaman dulu, tidak ada update sistem. Kalau sudah beli, ya terima semua bug yang ada di sistem tersebut.

Maka dari itu, jika sistem operasi pada ponsel Anda meminta update, maka updatelah secepatnya. Karena pada update tersebut tentu saja ada peningkatan yang diberikan.

Peningkatan tersebut bisa saja dari perbaikan bug, peningkatan performa dan lain sebagainya. Untuk itu Anda sangat disarankan untuk melakukan update agar kinerja Android Anda tetap stabil.

Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Tips atau cara meningkatkan kecepatan Android berikutnya adalah dengan tidak menggunakan wallpaper yang bergerak (live wallpaper).

Biasanya orang-orang akan menggunakan gambar bergerak untuk digunakan sebagai wallpaper. Salah satu contohnya wallpaper mobile legend.

Saya menggunakan wallpaper tersebut, ternyata hp saya terasa cepat panas, battery cepat terkuras dan juga performa menjadi agak lambat.

Jadi, sebaiknya gunakan wallpaper berbentuk gambar biasa saja. Selain membuat wallpaper Anda menjadi keren, tentu tidak akan menyebabkan perlambatan performa.

Baca juga: Aplikasi Untuk Buat CV Di Android

For your information, wallpaper berwarna hitam polos juga dapat menghemat battery Anda.

Hentikan Aplikasi Background

Aplikasi background yang saya maksud adalah aplikasi yang tetap berjalan walaupun sedang tidak digunakan. Aplikasi ini dapat membuat RAM dan batterai handphone Anda berkurang walaupun tidak sedang digunakan.

Mungkin Anda sudah merasa close aplikasinya, tapi tahukah Anda bahwa aplikasi itu masih bisa berjalan dilatar belakang?

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu memantau penggunaan battery. Jika dirasa terlalu boros padahal tidak melakukan apa-apa, silahkan ikuti cara ini:

Masuk ke setting > Battery, jika ada aplikasi yang menguras battery Anda padahal tidak digunakan, tekan “Force Stop” untuk menutup aplikasi tersebut.

Anda juga bisa clear atau melakukan “Optimize” melalui aplikasi security bawaan handphone Anda.

Hapus Notifikasi yang Menumpuk

Terkadang ada saja orang-orang yang malas atau belum sempat untuk membuka atau membaca pesan yang masuk. Tapi sebaiknya Anda tidak menumpuknya hingga ratusan hingga ribuan notifikasi.

Notifikasi sendiri bisa berfungsi karena ada system yang berjalan dibelakangnya. System dari notifikasi ini tidak berhenti bekerja, memakan RAM, dan battery Anda sehingga performa handphone menjadi melambat.

Hapus Cache Aplikasi

Cache adalah data yang disimpan sementara di memori telepon ketika Anda menggunakan aplikasi di ponsel Anda. Cache juga berlaku pada website, browser dan lain sebagainya.

Fitur cache ini akan tesimpan pada aplikasi Anda dan akan terhapus secara otomatis dengan durasi waktu yang disesuaikan oleh developernya. Ada yang satu bulan, ada yang satu minggu, dan lain sebagainya.

Untuk menghapus cache ini ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, yaitu melalui pengaturan dan juga melalui aplikasi cleaner bawaan smartphone Anda. Caranya seperi berikut ini:

Melalui Pengaturan: Setting > Installed Apps/Aplikasi Terinstall > Pilih aplikasi yang ingin di clear > Pilih Cleare Cache. Anda juga bisa clear data, ini akan menghapus semuanya sehingga aplikasinya seperti baru di install.

Melalui aplikasi Security: Aplikasi Secrurity > Lalu pilih bagian yang mau di clear. Anda jug bisa menjalan scan, booster, dan menghapus file yang tidak diinginkan pada aplikasi ini.

Nonaktifkan Bluetooth dan Maps

Cara meningkatkan kecepatan Android berikutnya adalah dengan menonaktifkan Bluetooth dan juga Maps (location).

Baca juga: Cara Mencari HP yang Hilang dengan Tepuk Tangan

Dengan mematikan fitur bluetooth dan maps tentu akan menghemat battery smartphone Anda. Sebaiknya hanya diaktifkan ketika Anda ingin menggunakannya saja.

Jangan Install Aplikasi Cleaner

Jika sebelumnya saya menyebutkan aplikasi Security (cleaner), namun itu aplikasi bawaan dari smartphone Anda. Dan itu lebih baik untuk smartphone Anda karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Sendangkan untuk aplikasi cleaner yang Anda install di playstore itu tidak benar-benar membersihkan smartphone Anda. Justru aplikasi-aplikasi tersebut hanya membenani RAM Anda, sehingga menurunkan performa smartphone.

Matikan Handphone Beberapa Saat

Tips terakhir bagaimana cara meningkatkan kecepatan Android Anda adalah dengan mematikan smartphone Anda untuk beberapa saat.

Sebaiknya Anda mematikan handphone Anda beberapa saat untuk menginstirahatkanya. Layaknya manusia, smartphone juga butuh istirahat beberapa saat.

Anda bisa melakukan schedule power on/off handphone Anda saat tidak digunakan (misalnya saat tidur malam hari).

Contoh, saya set power off pada pukul 03.00 dan set power on pada pukul 04.00. Jadi tepat pukul 03.00 smartphone saya akan otomatis mati dan tepat pada pukul 04.00 smartphone saya akan otomatis hidup dan sudah siap digunakan saat saya terbangun.

Untuk set power on/off ini, Anda bisa masuk ke menu Setting > Battery > Schedule power on/off.

Penutup

Itulah dia beberapa tips cara meningkatkan kecepatan Android Anda, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa share kepada teman-teman Anda agar artikel ini lebih bermanfaat lagi, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *