Cara Meningkatkan Engagement di Instagram untuk Bisnis

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis adalah dengan meningkatkan engagement di Instagram. Apa saja tipsnya? simak ulasan lengkapnya pada artikel ini.

Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

Jika berbicara perihal Instagram, tidak ada keraguan bahwa media sosial yang satu ini berkembang dengan sangat pesat beberapa tahun terakhir. Hal itu bisa dilihat dari jumlah penggunanya yang mencapai miliyaran.

Media sosial satu ini menjadi sangat populer dan banyak digunakan karena cocok untuk semua jenis penggunaan. Mulai dari personal account, brand, perusahaan, bisnis, organisasi, dan sebagainya.

Dengan statistik seperti itu, sudah pasti Instagram merupakan media sosial yang dapat digunakan dan sangat efektif untuk memasarkan, mempromosikan produk, jasa, atau bisnis Anda.

Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

Namun, untuk menjaring calon audiens Anda di instagram bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Berikut ini saya akan mengulas beberapa tips untuk mendapatkan follower dan meningkatkan engagement.

1. Berikan Solusi yang Kreatif

Jika Anda ingin menggunakan Instagram untuk membangun bisnis, produk, atau layanan Anda, fokuslah pada penyelesaian masalah calon audiens Anda, bukan pada apa yang Anda jual.

Baca juga: Cara Mengubah Instagram Pribadi Menjadi Bisnis

Selanjutnya, jelaskan solusi untuk masalah mereka dengan membuat konten visual yang menarik. Gunakan konten seperti video, foto, atau sesuatu yang memancing terjadinya interaksi.

Anda juga dapat menggunakan fitur Instagram story untuk menambahkan interaksi. Anda juga wajib posting konten secara teratur dan menjalin kedekatan pada audiens Anda.

Kedekatan yang dimaksud seperti menjawab pertanyaan yang masuk, baik di kolom komentar ataupun reply di DM Anda. Terdengar sepele memang, tapi efeknya bisa Anda rasakan sendiri nantinya.

2. Buat Profile Instagram Anda Lebih Menarik

First impression di media sosial bukan hal yang bisa disepelekan. Menurut penelitian, calon audiens memiliki 1-2 detik untuk melihat akun Anda sebelum memutuskan untuk melakukan follow.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada akun instagram Anda, yaitu:

  1. Username, gunakanlah username yang jelas, singkat, dan juga mudah untuk dicari oleh calon audiens.
  2. Profile Picture, untuk akun personal gunakan foto wajah Anda yang jelas, memberi kontak mata, dan sebisa mungkin tersenyum. Sedangkan untuk akun bisnis, gunakanlah logo dari bisnis atau perusahaan Anda dan pastikan kualitasnya bagus.
  3. Nama, pada bagian nama instagram gunakan nama pribadi atau bisnis Anda dan hindari menggunakan nama yang sulit seperti 4ku C1nt4 K4mu.
  4. Bio,tulis apa yang Anda berikan di akun instagram Anda semenarik mungkin. Untuk akun bisnis, hindari menggunakan quotes-quotes untuk bio Anda. Disini Anda menjual produk, bukan quotes.
  5. Website, jika bisnis Anda memiliki website, tambahkan itu ke profile Anda.

Jika Anda tidak memiliki website, Anda bisa mengisinya dengan url contact seperti WhatsApp atau link toko Anda di marketplace. Jika Anda ingin memiliki website, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website.

3. Konten yang Menarik

Memiliki profile yang menarik tidak cukup untuk membuat akun Anda mendapatkan perhatian lebih. Memiliki konten yang menarik adalah salah satu cara terbaik meningkatkan engagement di Instagram Anda.

Pengguna instagram melakukan follow pada akun Anda bukan hanya dari profile saja, itu hanya 1 persennya saja. Melainkan orang follow akun Anda karena 99% melihat konten yang Anda bagikan.

Saya juga sudah membahas beberapa kali perihal konten instagram, bisa Anda baca pada link dibawah ini.

Baca disini: Pentingnya Konten Instagram yang Menarik untuk Bisnis

4. Gunakan Tagar/Hashtag

Perluas peluang bisnis Anda, produk atau jasa yang Anda jual dikenal lebih banyak orang menggunakan tagar. Anda dapat meletakkan tagar dibagian caption atau di kolom komentar postingan Anda.

Ingatlah bahwa pengguna Instagram menggunakan tagar untuk menemukan konten yang benar-benar ingin mereka temukan. Karena alasan ini, gunakan tagar yang sesuai.

Dengan hashtag yang sesuai, konten yang Anda poskan di Instagram akan lebih mudah untuk ditemukan oleh calon audiens Anda. Anda juga dapat menambahkan satu hashtag dari perusahaan atau bisnis Anda.

Instagam memberikan batasan maksimal penggunaan hashtag sebanyak 30. Anda bisa manfaatkan itu untuk menjaring lebih luas lagi. Namun saya pribadi 10 hashtag saja cukup.

Contohnya, jika Anda menjual kacamata. Maka gunakan hashtag yang berhubungan dengan kacamata. Jangan gunakan hashtag lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan produk tersebut.

Baca juga: Cara Mendapatkan Ribuan Follower

5. Berkolaborasi dengan Influencer atau Bisnis Lain

Last but not least, cara meningkatkan engagement di Instagram berikutnya adalah dengan kolaborasi dengan akun lainnya baik itu personal, bisnis, ataupun perusahaan.

Koadalah adalah salah satu kunci kesuksesan yang dapat Anda terapkan jika Anda ingin membuat Instagram Anda mendapatkan engagement yang tinggi.

Misalnya, Anda menjual produk kecantikan. Maka Anda bisa bekerja sama dengan influencer yang membahas seputar kosmetik. Nanti mereka akan mereview bagaimana produk Anda.

Review tersebut akan ditampilkan pada akun influencer tersebut baik di feed ataupun insta story. Tentu saja itu cara mempromosikan produk Anda. Anda juga dapat meminta influencer untuk tag akun Anda.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan engagement di Instagram yang bisa Anda lakukan agar bisnis Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens dan tentu saja akhirnya mendapatkan pelanggan.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare agar lebih bermanfaat lagi. Terima kasih.

Tinggalkan komentar