Categories: Tutorial

Cara Mengubah Instagram Pribadi Menjadi Bisnis

Cara Mengubah Instagram Pribadi Menjadi Bisnis – Seperti yang kita ketahui bahwa instagram merupakan salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk berbagi foto ataupun video.

Apa itu instagram bisnis?

Jenis akun instagram dibedakan menjadi dua, yaitu instagram pribadi dan juga instagram bisnis. Kedua jenis atau tipe akun ini memiliki fitur dan fungsi yang sangat berbeda.

Jika instagram pribadi, Anda hanya dapat melakukan upload foto, video, dan story dan beberapa hal dasar yang sering Anda gunakan sehari-harinya.

Sedangkan untuk instagram bisnis, sesuai namanya tipe akun ini memang dikhususkan untuk mereka yang menggeluti bisnis, baik itu seperti online shop ataupun selebgram.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang di Instagram Tanpa Jadi Selebgram

Fungsinya apa? Fungsinya adalah untuk mendapatkan daftar lengkap seputar statistik/analisa/insight dari setiap konten yang Anda bagikan.

Insight tersebut dapat Anda gunakan untuk mengetahui darimana follower Anda, jam berapa follower Anda banyak yang aktif, dan sebagainya.

Khususnya bagi Anda yang ingin jadi selebgram, sebaiknya mulai beralih ke akun tipe bisnis agar bisa menarik client untuk endorse Anda dengan menunjukan statistik dari akun Anda.

Terlebih lagi, untuk merubah akun menjadi profile bisnis itu gratis alias tanpa biaya. Berikut ini panduan mengubah instagram pribadi Anda menjadi akun bisnis dengan mudah.

Cara Mengubah Instagram Pribadi Menjadi Bisnis

Sebelum masuk pembahasan, saya Anggap Anda telah mendaftar akun instagram. Jika belum silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu.

1. Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama, silahkan Anda masuk ke instagram Anda dan temukan menu setting atau pengaturan. Caranya masuk ke pengaturan dan lanjut ke step kedua.

2. Menyiapkan Profile Akun Bisnis

Setelah Anda berada di pengaturan, silahkan scroll kebagian bawah dan temukan menu “Account/Akun” dan temukan “Switch to prefessional account”.

Mengubah Akun Pribadi Menjadi Bisnis atau Creator

Pada tahap ini, Anda akan diberikan 2 pilihan yaitu

  1. Creator, cocok untuk public figure, content producers, artists dan juga influencer.
  2. Business, cocok untuk retailer, local business, brands, organization, dan service provider.

Baca juga: Cara Mendapatkan Endorse di Instagram

Tentukan tipe akun Anda dengan menyesuaikan diri Anda, apakah Anda ingin menjadi creator atau ingin berbisnis. Jika sudah, klik next.

4. Tahap Setup

Jika Anda telah klik next, Anda akan diarahkan kehalaman welcome, silahkan di continue/lanjutkan sampai Anda berada di bagian memilik kategori.

5. Memilih Kategori

Pada tahap ini, silahkan pilih kategori yang Anda inginkan, contohnya Personal Blog, Clothing, Artist, Local Business, dll.

Setelah memilih langsung klik next dan akan ada popup untuk memberitahukan Anda “Apakah ingin beralih ke bisnis”, silahkan klik ok.

6. Menambahkan Kontak

Selesai tahap 5, selanjutnya Anda harus mengisi informasi bisnis Anda, seperti email, nomor bisnis (opsional) dan juga alamat (opsional).

Jika sudah klik next dan akan ada pop lagi untuk memastikan Anda yakin untuk beralih ke akun bisnis.

7. Connect to Facebook

Pada tahap ini, Anda bisa menyambungkan halaman facebook Anda (opsional). Jika Anda tidak memiliki fanpages, silahkan pilih “Dont connect to facebook now”.

8. Anda Telah Selesai

Setelah 7 proses diatas Anda lakukan, Anda telah berhasil menerapkan cara mengubah Instagram pribadi menjadi bisnis.

Penutup

Insight Anda, tidak akan seketika muncul saat Anda baru saja mendaftar, butuh waktu kurang lebih 24 jam atau lebih agar statistik Anda mulai ditampilkan.

Sikian tutorial cara mengubah instagram pribadi menjadi bisnis. Jika Anda ingin beralih ke akun biasa, silahkan baca disini “Cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi”.

Published by
Abdul Muhajir