Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar atau Bekerja

Pada manusia, rasa kantuk datang pada malam hari. Tapi terkadang juga datang di siang hari atau di waktu yang kurang tepat. Lalu bagaimana sih cara untuk menghilangkan rasa ngantuk tersebut?

Cara Menghilangkan Ngantuk

Pada dasarnya kantuk adalah respon yang wajar. Namun, rasa kantuk juga bisa menyebabkan banyak sekali masalah. Contohnya saja mempengaruhi produktivitas, memengaruhi emosi, dll.

Saat Anda tidak ada kegiatan apa-apa, kalau mengantuk tentu bukan hal yang membuat pusing, ya tinggal tidur saja. Tetapi, akan berbeda jika ada kegiatan seperti belajar, bekerja, atau mengejar deadline.

Bagi sebagian banyak orang, meminum segelas kopi adalah solusi untuk menghilangkan rasa kantuk. Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang bisa mengkonsumsi kopi.

Cara Menghilangkan Ngantuk Tanpa Kopi

Nah untuk Anda yang termasuk salah satu orang yang tidak bisa mengkonsumsi kopi, tidak perlu khawatir. Anda bisa menerapkan beberapa tips cara menghilangkan rasa kantuk di bawah ini.

1. Mendengarkan Musik

Cara pertama yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan rasa kantuk adalah mendengarkan musik favorite Anda. Tapi pilihlah lagu-lagu yang bisa membangkitkan semangat Anda kembali.

Saya sendiri biasanya memutar lagu-lagu heavy metal yang menjadi favorite saya. Namun, Anda bisa mendengarkan musik lainnya yang energetic dan bertempo cepat untuk tetap terjaga.

Terkadang saya juga mendengarkan Podcast yang lucu-lucu untuk membantu saya tetap terjaga. Salah satu Podcast Andalan saya adalah Podkesmas, terlebih lagi saat saya bekerja larut malam.

Bekerja sebagai freelancer, saya lebih sering bekerjanya sendiri tanpa ada team dan dari rumah pula. Sehingga mendengarkan podcast membuat saya seperti mengobrol dengan teman kantor.

2. Menghilangkan Ngantuk dengan Peregangan

Duduk dengan posisi yang sama dengan jangka waktu lama akan membuat kita mengantuk. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan otot-otot di tubuh kita menjadi kurang gerak.

Untuk menghilangkan rasa ngantuk tersebut, cara termudahnya adalah dengan melakukan peregangan. Anda bisa meregangkan tubuh mulai dari bawah hingga ujung kepala kurang lebih 5-10 menit.

Anda juga bisa mengatasi rasa kantuk tersebut dengan berdiri dari bangku dan berjalan-jalan. Hal ini di maksudkan agar darah dapat mengalir dengan baik sehingga terhindari dari kram, pegal, dan sebagainya.

3. Menghindari Makan Berat

Pasti Anda pernah merasakan ketika habis makan berat, rasa kantuk langsung datang. Walaupun pada umumnya tidak berbahaya, tapi hal ini tentu akan mengganggu produktivitas, kreativitas, hingga konsentrasi.

Rasa kantuk selepas makan disebabkan karena tubuh kita melepaskan hormon seperti serotonin dan melatonin. Hormon ini dilepaskan ketika proses pencernaan makanan pada tubuh kita.

Jadi, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan berat saat sedang bekerja ataupun belajar. Anda bisa menggantinya dengan cemilan kecil seperti snak atau permen karet agar otot di rahang tetap bergerak.

Dengan bergeraknya otot-otot rahang, tanpa sadar itu akan membuat otak kita menjadi lebih konsentrasi dan pastinya cara ini cukup ampuh menghilangkan rasa ngantuk.

4. Pencahayaan Ruangan

Cara menghilangkan rasa kantuk berikutnya adalah membuat cahaya pada ruangan tetap terang. Jika Anda belajar atau bekerja di siang hari, bukalah jendela agar sinar matahari masuk.

Sinar matahari mampu membuat Anda lebih berenergi dan juga membantu Anda untuk tetap fokus. Namun, apabila Anda bekerja saat malam hari, maka pastikan bekerja di ruangan yang terang.

Apabila Anda kurang suka di tempat terang, Anda tetap bisa bekerja atau belajar di tempat yang redup. Yang terpenting carilah posisi ternyaman Anda saat sedang melakukan kegiatan tersebut.

5. Menghilangkan Ngantuk dengan Air Dingin

Setelah menerapkan beberapa tips di atas, tapi semuanya tidak membantu mengilangkan rasa kantuk Anda, cobalah membasuh wajah. Utamankan basuh dengan air yang dingin.

Air yang dingin dapat memberikan rangsangan yang mampu menghilangkan rasa kantuk dan lemas. Selain itu, air dingin juga mampu mengurangi stres psikologis dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk seorang pria, mencuci wajah bukanlah hal begitu sulit untuk dilakukan karena rata-rata pria tidak merias wajah. Namun, bagi wanita mungkin akan sedikit merepotkan karena harus berdandan kembali.

Penutup

Itulah dia tadi beberapa tips cara menghilangkan rasa ngantuk tanpa harus meminum kopi. Tapi sebaiknya, jika tubuh butuh istirahat maka istirahatlah, misalnya sempatkan waktu untuk tidur siang.

Kurangi bergadang karena mengakibatkan Anda kurang tidur dan itu akan membuat Anda lebih sering mengantuk. Tidur yang cukup selain menyegarkan badan juga membuat Anda lebih produktif.

Leave a Reply