Abdul Muhajir I am a blogger and web developer at abdulmuhajir.com currently living in East Kalimantan. My interests range from technology to design. I am also interested in entrepreneurship and writing.

Cara Menggunakan WhatsApp for Web alias WhatsApp Desktop

Cara Menggunakan WhatsApp for Web – Halo semuanya, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya WhatsApp for Web/WhatsApp Web/WhatsApp Desktop ini.

WhatsApp for Web merupakan fitur dari WhatsApp yang memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi chatting ini langsung didalam browser web Anda.

Pada dasarnya WhatsApp for Web ini bekerja seperti mirror, sehingga dapat menampilkan semua obrolan/chat dan status pada WhatsApp yang ada di ponsel Anda.

Bagi Anda yang sering bekerja dengan komputer atau laptop, Anda dapat menggunakan WhatsApp for Web ini sebagai pengganti smartphone Anda.

Baca juga: Cara Mendapatkan Endorse di Instagram

Dengan begitu Anda dapat menghemat waktu untuk menggunakan smartphone Anda. Namun fitur ini hanya bisa digunakan jika Anda memiliki akun WhatsApp yang aktif.

Jadi, Anda tidak bisa melakukan pendaftaran pada WhatsApp for Web ini. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa ini hanya bersifat seperti mirror/cermin.

Sebelum masuk pada materi utama, sebaiknya Anda ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari WhatsApp for Web ini.

Kelebihan WhatsApp for Web:

  1. Nyaman saat mengetik, karena Anda memiliki keyboard yang lebih besar.
  2. Anda dapat mengunduh file apapun yang Anda terima melalui pesan dengan mudah.
  3. Tidak perlu melakukan download aplikasi atau ekstensi tambahan lainnya.
  4. Anda bisa log out dari browser kapan dan dimana saja.
  5. Tidak ada masalah kompatibilitas saat dijalankan di browser.

Kekurangan dari WhatsApp for Web:

  1. Anda tidak dapat menambahkan kontak ataupun grup baru melalui desktop.
  2. Smartphone Anda tetap harus terhubung ke internet untuk menggunakannya.
  3. Anda tidak dapat mengubah profile picture ataupun menambahkan status baru.
  4. Tidak dapat membuat akun baru melalui desktop

Baca juga: Cara Membuat Akun Instagram di Google

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari WhatsApp for Web ini, sekarang kita langsung saja ke cara pakainya.

Cara Menggunakan WhatsApp for Web

1. Buka WhatsApp

Untuk menggunakan WhatsApp for Web ini ada 2 cara, yaitu langsung download Aplikasi WhatsApp ke komputer Anda atau menggunakan WhatsApp Web langsung di browser.

Jika Anda ingin download aplikasi WhatsApp ke komputer Anda, silahkan pergi ke link berikut ini https://www.whatsapp.com/download/.

Namun, jika Anda ingin login langsung dengan browser, Anda bisa membuka halaman ini https://web.whatsapp.com/ dan melanjutkan ke tahap dibawah ini.

2. Melakukan Scan QR Code

Jika Anda telah melakukan tahap pertama, Anda akan ditampilkan halaman untuk melakukan scan QR Code seperti gambar dibawah ini.

cara menggunakan whatsapp for web

Yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah membuka smartphone Anda dan masuk pada menu WhatsApp Web, caranya sebagai berikut:

  1. Android: buka WhatsApp > pilih tanda 3 titik di pojok kanan > WhatsApp Web
  2. iPhone: buka Pengaturan > WhatsApp Web

Setelah Anda membuka WhatsApp Web pada smartphone Anda, selanjutnya silahkan scan QR Code yang ada di layar komputer/laptop Anda dan Anda telah siap menggunakannya.

Cara Berhenti Menggunakan WhatsApp for Web

Jika Anda telah selesai menggunakan WhatsApp Web, sebaiknya Anda log out untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti dibajak oleh teman dan sebagainya.

Baca juga: Cara Melindungi Smartphone dari Serangan Hacker

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka WhatsApp di smartphone > Pilih tanda 3 titik di pojok kanan > WhatsApp Web > Log out from all devices/keluar dari semua perangkat.

Keluar dari semua perangkat tidak membuat akun Anda keluar dari smartphone. Namun, hanya di aplikasi browser saja.

Hal ini sangat penting karena jika ada orang lain yang telah menggunakan scan WhatsApp Anda, Anda bisa amankan akun Anda dengan log out from all devices ini.

Jadi sebaiknya, Anda selalu log out setela menggunakan WhatsApp for Web ini.

Peringatan!

Ada banyak extension browser untuk WhatsApp Web ini, namun saya tidak menyarankan untuk menggunakannya karena belum tentu developernya adalah WhatsApp itu sendiri.

Sehingga sangat rentan untuk pencurian data. Sebaiknya gunakan WhatsApp for Web saja agar lebih aman dan jelas.

Penutup

Itulah dia bagaimana cara menggunakan WhatsApp for Web, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share jika artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Abdul Muhajir I am a blogger and web developer at abdulmuhajir.com currently living in East Kalimantan. My interests range from technology to design. I am also interested in entrepreneurship and writing.

Mau Jadi Programmer? Ikuti Tips Berikut Ini

Cara Menjadi Seorang Programmer – Halo semua, menjadi seorang programmer bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dikerjakan. Sehingga tidak banyak orang yang berminat untuk mempelajarinya....
Abdul Muhajir
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *