Cara Mengatasi The Site Is Experiencing Technical Difficulties

Cara Mengatasi The Site Is Experiencing Technical Difficulties – Halo semua, Selain menggunakan blogger, saya juga pengguna WordPress, dan ada suatu keadaan dimana Wp saya mengalami error.

The Site Is Experiencing

Error yang saya maksud adalah situs tidak dapat diakses dan hanya tampil tulisan “The site is experiencing technical difficulties. Please check your site admin email inbox for instructions”.

Penyebab Terjadinya Error

Error ini paling sering terjadi pada WP versi 5.2 dan keatas. Ada beberapa penyebab utama kenapa situs Anda mengalami error “The site is experiencing technical difficulties”.

Berikut beberapa penyebab error ini;

  1. Menggunakan theme, plugin dan versi PHP yang jadul/tidak update
  2. Terjadi kesalahan/error saat melakukan install/pembaruan theme dan plugin
  3. Ada theme dan plugin yang bentrok atau tidak saling mendukung

Cara Mengatasi The Site Is Experiencing Technical Difficulties

Jika Anda mengalami hal ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya, yaitu sebagai berikut.

1. Memeriksa Email dari WordPress

Seperti yang terlampir dalam pesan errornya “Please check your site admin email inbox for instructions”, silahkan Anda periksa email dari wordpress yang masuk ke email Anda.

Biasanya email tersebut berisi error log dari situs Anda. Error log tersebut menampilkan penyebab kenapa situs atau dashboard Anda tidak dapat diakses.

Jika pada bagian inbox tidak ada, coba periksa pada bagian spam. Namun, jika email juga tidak masuk pada bagian spam, silahkan gunakan cara berikutnya.

Baca juga: Apa Itu Website: Pengertian, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

2. Melakukan Check Pada Theme

Theme juga menjadi salah satu penyebab kenapa situs Anda mengalami error ini. Seperti yang kita ketahui, tidak semua theme melakukan update berkala sehingga kadang tidak kompatibel dengan plugin yang Anda gunakan.

Untuk mengetahui apakah error ini disebabkan oleh theme yang Anda gunakan, Anda bisa melakukan check dengan cara mengganti nama folder theme Anda. Caranya sebagai berikut;

  • Login ke Cpanel
  • Masuk ke wp-content
  • Pilih Folder “theme” lalu rename

Silahkan ganti atau tambahkan satu atau lebih huruf pada nama foldernya. Contoh; Folder “theme” diganti menjadi “initheme”, ada tambahkan kata “ini”.

Setelah mengganti nama folder theme, silahkan coba login ke wp Anda lagi. Jika error masih terjadi, kembali pada bagian folder theme, pilih theme yang digunakan dan rename seperti langkah sebelumnya.

Contoh: Anda menggunakan theme “Oceanwp” ganti menjadi “inioceanwp”, jika sudah coba login kembali. Jika error hilang, artinya theme Anda bermasalah.

Namun, jika error masih terjadi, silahkan bertanya langsung pada developer theme yang Anda gunakan atau gunakan cara berikutnya.

3. Rename Plugin

Cara ini sama dengan cara nomor 2, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah error terjadi pada plugin atau tidak.

Untuk melakukannya, caranya sama dengan yang nomor 2 yaitu mengganti nama satu persatu folder dari plugin yang Anda gunakan.

Setelah mengganti satu nama folder, coba login kembali. Dengan cara ini Anda dapat mengetahu plugin mana yang menyebabkan error pada situs Anda.

Setiap kali mengganti nama folder, langsung lakukan login kembali.

4. Downgrade Plugin

Mungkin saja plugin yang Anda perbarui tidak cocok atau tidak dapat berjalan pada versi wordpress ataupun theme yang Anda gunakan saat ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menurunkan versi plugin atau downgrade. Untuk melakukan downgrade, caranya seperti dibawah ini.

Anda perlu mencari halaman plugin tersebut di repository WordPress. Setelah masuk, temukan tombol “Advanced view” di atas informasi rating.

Scroll ke bagian paling bawah dari halaman tersebut, lalu pilih versi yang diinginkan dan klik tombol download.

5. Update Versi PHP

Error “The Site Is Experiencing Technical Difficulties” juga bisa terjadi karena situs Anda masih menggunakan PHP versi lama, dimana saat ini WordPress 5.2 menganjurkan untuk menggunakan PHP terbaru yaitu 7.1 atau 7.2.

Untuk melakukan update versi PHP di cpanel, caranya dengan masuk ke cpanel > Software > Select PHP Version > pilih PHP 7.1 atau 7.2.

Penutup

Agar situs Anda tidak mengalami error ini sebaiknya selalu memastikan bahwa tidak ada konflik antara tema dan plugin yang Anda gunakan.

Perhatikan instruksi yang diberikan oleh developer theme dan plugin sebelum melakukan update ataupun install. Biasanya mereka akan memberi informasi apakah plugin atau theme mereka kompatibel satu sama lain.

Itulah dia beberapa Cara Mengatasi The Site Is Experiencing Technical Difficulties di WordPress, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *