Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Smartphone

Cara Mengatasi Memori Penuh di Smartphone – Mungkin Anda mengalami kondisi di mana memori ponsel Anda penuh padahal tidak ada file atau aplikasi ukuran besar yang tersimpan.

Cara mengatasi memori penuh

Ya, sebagian pengguna smartphone pasti pernah merasakan hal tersebut. Ini bisa diakibatkan oleh adanya tumpukan sampah (cache) yang menggunung atau berbagai masalah lainnya.

Cache tersebut dapat menghambat kinerja memori ponsel. Memori yang penuh tersebut tentunya akan sangat menganggu kinerja ponsel.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Mempersingkat Umur Baterai

Mulai dari lemot, tidak bisa menambah file atau bahkan tidak bisa menginstal aplikasi yang Anda inginkan.

Cara Mengatasi Memori Penuh

Kali ini Saya akan membagikan cara Mengatasi memori ponsel yang penuh yang bisa Anda terapkan untuk berbagai jenis memori seperti RAM, ROM dan juga Memori Eksternal yang terpasang.

1. Memindahkan Aplikasi ke Memori External

Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda pindahkan ke memori eksternal. Hal tersebut akan lebih memberikan ruang bebas pada memori internal ponsel.

Namun, Anda di sarankan menggunakan kartu memory yang besar seperti 16 GB ke atas agar dapat menampung segala Aplikasi yang nantinya akan Anda pindahkan.

Caranya, buka menu setelan ponsel > pilih setelan tambahan > lalu klik Manajemen Aplikasi. Setelah itu pilih pada aplikasi terinstal yang ingin Anda pindahkan.

Carilah nama aplikasi yang akan dipindahkan lalu tap Pindahkan ke SD Card. Namun, sayangnya ada beberapa aplikasi yang tidak bisa Anda pindahkan ke SD card.

2. Cara Mengatasi Memori Penuh dengan Menghapus Cache

Ketika Anda sedang browsing atau setelah membuka sebuah aplikasi tentunya akan ada cache yang tertinggal. Ukuran file cache ini mungkin tak terlalu besar.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Kecepatan Android

Namun, apabila dibiarkan menumpuk maka hal tersebut akan semakin mengurangi ruang memori yang tersisa di ponsel milik Anda.

Anda bisa menghapus cache ini dengan klik menu setelan > Aplikasi, Pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan cachenya. Klik bagian penyimpanan lalu selanjutnya tap hapus cache.

3. Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Cara Mengatasi memori ponsel yang penuh selanjutnya adalah menghapus aplikasi yang tidak penting. Anda cukup menyisakan aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan saja.

Contohnya membiarkan aplikasi chat online, mobile banking, online shop, aplikasi pembaca dokumen, atau aplikasi ojek online dan aplikasi lainnya yang memang benar-benar Anda butuhkan.

Dengan menghapus aplikasi yang tidak Anda butuhkan Anda bisa membebaskan lebih banyak ruang di ponsel yang tentunya bisa Anda manfaatkan untuk menginstal aplikasi yang Anda butuhkan.

Baca juga: Cara Membuat Intro YouTube Secara Online dan Android

4. Mengisntal Aplikasi Pembersih atau Scanner

Apabila Anda telah melakukan cara di atas namun memory ponsel Anda masih penuh. Maka, Anda bisa menginstal aplikasi pembersih atau scanner yang bisa mendeteksi file sampah yang tersembunyi di ponsel.

Pastikan pula aplikasi tersebut Anda unduh dari sumber terpercaya dan terverifikasi Google Play Protect atau alat sejenis.

Hal tersebut akan menghindarkan Anda dari aplikasi yang tersisipi virus atau malware yang sengaja dibuat untuk hal yang bisa merugikan Anda seperti merusak ponsel atau melakukan pencurian data.

5. Cara Mengatasi Memori Penuh dengan Factory Reset

Jika semua cara sebelumnya tidak dapat mengatasi ponsel Anda yang lag, kemungkinan besar ada kesalahan dari sistem di ponsel Anda.

Salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan awal. Namun, jangan melakukannya dengan asal-asalan.

Lakukan backup terlebih dahulu pada data-data yang ada di ponsel Anda. Hal tersebut dimaksudkan agar ketika Anda melakukan factory reset, data penting Anda tidak hilang.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi memori ponsel yang penuh yang bisa Anda terapkan pada ponsel Anda.

Anda perlu melakukan langkah seperti melakukan scan pada memory menggunakan aplikasi ataupun menghapus cache manual secara berkelanjutan dan konsisten.

karena file sampah tersebut akan terus ada ketika Anda melakukan brwosing dan aktivitas lainnya pada ponsel. Dengan memori ponsel yang lebih longgar tentunya hal tersebut akan meningkatkan kinerja ponsel.

Silahkan bagikan tips ini kepada teman-teman, keluarga, atau media sosial Anda agar tidak ada lagi yang mengalami performa ponsel yang lambat, terima kasih.

Tinggalkan komentar