Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Ranking Website

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas – Halo semua, mendapatkan backlink adalah salah satu teknik search engine optimization pencari (SEO) . Ini juga cara ampuh untuk meningkatkan lalu lintas pencarian organik.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Tetapi Anda harus berhati-hati saat membuat backlink yang baik. Sejak awal, tautan telah menjadi bagian penting dari cara Google dan mesin pencari lainnya menentukan keandalan situs ini.

Google dan mesin pencari lainnya menganggap setiap tautan sebagai rekomendasi, sehingga semakin banyak tautan yang diarahkan ke situs web, semakin kredibel dan semakin tinggi peringkat dalam hasil pencarian.

Apa itu SEO?

Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat “SEO” adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik.

Baca juga: Pengertian Apa Itu SEO

Apa itu Backlink?

Pranala balik, juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan backlink, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web.

Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web dari node web lain.

Mengapa Backlink Harus Berkualitas?

Tautan selalu menjadi faktor penting dalam cara mesin pencari melakukan, seperti peringkat situs Google, dan masih berlaku sampai sekarang.

Mesin pencari pada dasarnya menganalisis setiap tautan ke situs Anda sebagai penilaian kepercayaan terhadap kualitas konten.

Baca juga: Apa Itu Website: Pengertian, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

Oleh karena itu, semakin banyak tautan yang mengarah ke situs web Anda, situs Anda akan semakin andal.

Google belum menerbitkan detail tentang cara mengukur keandalan situs webnya. Tetapi ada banyak alat yang dapat memberi Anda gambaran tentang seberapa andal situs web Anda.

Jangan lupa bahwa semakin banyak tautan, semakin baik, tetapi hanya jika tautan tersebut berasal dari situs tepercaya. Dalam hal mendapatkan kredibilitas di mesin pencari, kualitas tautan lebih penting daripada kuantitas.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas?

Jika Anda masih sulit untuk mendapatkan backlink yang berkualitas untuk mendongkrak situs Anda, silahkan lanjutkan membaca.

1. Melakukan Guest Post

Guest Post atau menulis konten untuk website lain dengan memberikan link internal/backlink yang mengarah ke situs Anda. Cara ini termasuk paling ampuh dan bisa mendapatkan backlink yang berkualitas.

Guest post merupakan cara yang sama-sama menguntungkan antar kedua belah pihak. Pemilik situs mendapatkan konten secara gratis dan Anda mendapatkan backlink yang berkualitas.

2. Mencari Broken Link

Banyak sekali website yang mengalami tautan rusak. Tautan rusak tersebut akan mengarah kehalaman 404 error page, tentu akan memberikan pengalaman yang buruk bagi pembacanya.

Celah ini bisa Anda manfaatkan untuk mengganti tautan yang rusak tersebut dengan tautan yang valid dan mengarah ke situs Anda.

3. Skyscraper Content

Skyscraping adalah proses menemukan konten di situs web Anda yang sudah bagus, kemudian menjadikannya lebih populer.

Konsep ini diperkenalkan oleh Brian Dean dari Backlinko dan masih merupakan cara terbaik untuk membuat ide konten berharga yang dapat ditautkan ke situs web Anda.

Jadi bagaimana? Jika Anda memiliki beberapa pesaing, Anda dapat memulai pencakar langit menggunakan Ahrefs Site Explorer. Cukup masukkan domain yang Anda maksud dan pilih Site Explorer-Page-Best oleh tautan.

4. Menggabungkan Informasi yang Didapat

Konten yang baik memang yang original, namun, bukan berarti Anda harus membuat konten dengan standart tersebut. Anda bisa membuat konten dengan perbandingan 40:60.

Artinya; Informasi yang Anda berikan di konten Anda berisi 40% original dan 60% hasil dari mengumpulkan sebanyak mungkin informasi lalu merangkum semua informasi yang didapat dari berbagai sumber.

5. Membuat Inforgrafis

Saat ini orang lebih senang melihat tampilan visual, karena menarik dan pembaca senang dengan hal tersebut. Hal ini dimanfaatkan oleh para pembuat konten untuk membagikan infografis mereka.

Baca juga: Cara Merubah Font Instagram untuk Caption dan Story

Saat ada orang yang menggunakan grafis Anda, maka link gambar tersebut mengarah ke situs Anda. Dan besar kemungkinannya konten tersebut relevan dengan konten Anda.

Sehingga backlink yang didapat pun sangat berkualitas.

Baca juga: Cara Mengatasi The Site Is Experiencing Technical Difficulties di WordPress

Penutup

Itulah dia 5 cara mendapatkan backlink dengan mudah. Semua metode di atas pada akhirnya fokus pada satu hal, yaitu membuat backlink dengan membangun hubungan.

Karena banyak orang tidak tahu siapa Anda, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membuat backlink adalah memberi tahu audiens tentang siapa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *