Cara Menambah Subscriber dan Viewer Youtube Secara Natural

Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Youtube Channel Dengan Aman – Halo Indonesian Blogger, optimasi channel sangat Anda butuhkan karena akan memberikan manfaat yang besar untuk channel Anda. Terutama untuk menambah subscriber dan juga viewer.

Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Youtube

Pada kesempatan kali ini, Indonesian Blogger akan share tentang bagian penting dalam sebuah channel yang harus Anda optimasi. Bagian tersebut seperti Nama, Cover channel art, menentukan keyword yang tepat untuk channel Anda dan lain sebagainya.

Kebanyakan youtuber tidak terlalu memperhatikan bagian bagian settingan lain pada channel youtubenya. Padahal optimasi sebuah channel secara maksimal akan sangat berpengaruh terhadap bertambahnya subscriber dan viewer video.

Oke langsung saja kita masuk pada pembahasan Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Youtube, tulisan ini akan sedikit panjang tapi semoga Anda tetap betah membacanya.

Baca : Tips Menjadi Youtuber Sukses Hasilkan Puluhan Juta

Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Youtube

1. Memilih Nama Channel

Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Youtube pertama, Pilihlah nama channel yang akan menjadi brand channel youtube Anda. Nama channel ibaratkan sebuah merek dagang, Jika nama channelnya unik tentu saja orang akan lebih mudah untuk mengenali dan mengingatnya, begitu pula sebaliknya.

Nama sebuah channel memang dapat diganti, namun tentu saja ada kerugian dari pergantian tersebut. Layaknya seperti membangun merek dagang baru, dimana Anda harus claim custom url lagi, jadi URL lama yang Anda gunakan tidak akan bisa diakses..

Untuk mendapatkan costum URL, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi yaitu

  1. Memiliki minimal 100 atau lebih subscriber.
  2. Channel sudah berusia lebih dari 30 hari.
  3. Memiliki Avatar atau Icon Channel
  4. Memiliki Channel Art
  5. Upload Foto Atau Icon Channel

Sebaiknya Anda menggunakan foto/logo yang berosolusi 2x dari foto aslinya (retina) atau bisa juga dengan foto closeup. Karena jika diakses di perangkat mobile tentu saja gambarnya akan terlihat kecil dan akan membuat identitas channel Anda tak nampak.

Baca juga: Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Dari Nol

Tidak hanya nama yang akan diingat oleh orang lain tapi juga logo atau foto Channel Anda. Jika saya suruh bayangkan logo brand Nike pasti Anda tahu dong bagaimana bentuk logonya? ya itulah salah satu Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Youtube

2. Channel Art

Youtube sudah menyediakan template yang dapat didownload agar ukuran gambar yang akan kita buat pas atau Anda bisa gunakan situs situs lain yang menyediakan template untuk membuat channel Art. Contohnya bisa baca disini “Buat Channel Art dan Thumbnail”.

Tips untuk mengisi gambar channel art;

Memberikan Tagline

Pikirkan baik-baik bagian tagline, ini yang akan menentukan dan memberikan pemahaman pada pengunjung, channel Anda berisi apa. Pengunjung yang tadinya hanya berniat menonton video, akan berubah menjadi subscriber karena tertarik dengan tagline yang Anda buat.

Buat tagline yang semenarik mungkin, yang sesuai dengan isi channel Anda. Anda juga dapat menambahkan jadwal upload video, fungsinya agar subscriber Anda akan tahu jadwal Anda untuk posting sehingga mereka tidak akan ketinggalan untuk menonton.

Menambahkan gambar yang menarik dan powerful

Misalnya foto profile atau gambar ilustrasi yang terlihat keren atau menggambarkan channel Anda ( Lihat channel art Atta Halilintar ). Anda pun dapat menambahkan aksesoris atau icon pendukung lain.

3. Menampilkan Link Social Media/Website

Pada bagian ini Anda dapat menambahkan link yang mengarah ke halaman subscribe, mengarah ke halaman social media Anda, ataupun mengarah ke website yang Anda miliki. Anda juga harus menampilkan yang relevant dengan channel.

Hindari menambahkan akun social media yang berisi curhatan galau atau sarkasm Anda, karena itu mungkin berbanding terbalik dengan apa yang Anda bahas di Channel. Maka dari itu Anda bisa membuat sebuah website atau blog lalu menambahkannya di channel Anda.

Silahkan Anda tulis apa saja yang berhubungan dengan channel Anda. Misalnya channel Anda membahas seputar review gadget, maka Anda bisa hasil reviewnya kedalam bentuk tulisan di Blog. Jadi Anda bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus.

4. Halaman About

Halaman about digunakan untuk mendeskripsikan kepada orang orang channel Anda berisikan video seperti Apa. Intinya halaman about difungsikan untuk memberitahu lebih banyak tentang apa yang Anda bahas di channel Anda.

Mereka yang tertarik dengan channel Anda akan klik dan membaca bagian ini. Jangan lepas kesempatan untuk mendapatkan subscribar baru. Isi bagian about ini dengan memberi tahukan apa kelebihan atau karakter yang membuat channel Anda berbeda dari orang lain.

Selanjutnya Anda bisa lebih mengembangkannya lagi secara lebih terperinci seperti topik apa saja yang akan Anda bahas, memberikan call to action alias kalimat ajakan, in this case Anda bisa membuat ajakan untuk subscribe ke channel Anda.

Baca juga: Tips Cara Mendapatkan Banyak Viewer Video Youtube

5. Membuat Playlist

Playlist ada di fitur youtube tentu saja bukan tanpa manfaat, tapi untuk mempermudah Anda dan juga penonton untuk mengelola dan memilah video berdasarkan kategori yang Anda inginkan. Dengan menggunakan playlist, orang akan lebih mudah mengeksplore video Anda.

Dan bagian yang paling penting, dengan playlist kita dapat menampilkan video secara berurutan saat diputar. Video Anda akan di play sesuai urutan yang Anda buat, sehingga tidak perlu ribet untuk keluar-cari videonya-play.

Berikut ini cara untuk membuat playslist:

  1. Masuk ke Creator Studio
  2. Pulih Video Manager
  3. Pilih Playlist

Setelah Anda tahu bagaimana cara membuat sebuah playlist, Anda juga harus tahu apa saja tips membuat playlist yang benar. Anda harus menggunakan judul yang menarik untuk playlist channel youtube Anda, jadi jangan hanya 1 kata saja.

Misalnya Anda membuat playlist dan memberikan nama “Youtube”, pasti orang orang tidak mengerti apa maksud dari judul playlist yang Anda buat itu. Jadi buatlah nama playlist channel youtube Anda dengan lebih komunikatif.

Daripada hanya menggunakan “Youtube” kenapa tidak membuat namanya menjadi “Tutorial Youtube Pemula” atau “Panduan Youtuber” dan lain lain. Jika Anda jadi penonton, mana yang lebih prefer Anda sukai, apakah satu kata atau 2-3 kata?

Selain itu Anda juga harus mengisi bagian deskripsi untuk setiap playlist yang Anda buat. Dan jangan lupa juga untuk contreng atau setel playlist Anda secara series agar semua video didalamnya dapat diputar secara bergantian secara otomatis.

Anda juga harus tahu video mana yang harus dimasukan kedalam playlist paling atas, karena itu akan berpengaruh terhadap jumlah viewer video Anda. Untuk mengetahui hal tersebut silahkan Anda masuk pada bagian analytic dan melihat video mana saja yang banyak mendatangkan subscriber dan memiliki watch time paling baik.

6. Pemilihan keyword

Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Youtube berikutnya, channel sebaiknya berisi satu tema yang spesifik dan tidak seperti gado gado alias campur-campur. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat mengumpulkan orang dengan minat yang sama.

Dengan begitu mesin pencari youtube juga akan mudah untuk menentukan keyword channel Anda. dengan berisi video dari jenis yang terlalu berbeda, otomatis channel Anda akan mengandung keyword yang campur-aduk ini membingungkan search engine youtube.

Akibat fatal dari penggunaan keyword yang campur campur akan membuat channel Anda memiliki posisi keyword yang lemah. Cara memilih keyword yang tepat, Anda dapat menggunakan tools yang paling sederhana misalnya menggunakan google keyword planner.

Untuk channel baru saya sarankan untuk pilih yang pencarian tiap bulannya antara 100-1000 dan kompetisinya rendah atau low. Pilih juga alternatif keyword yang muncul disitu dan gunakan yang sekiranya relevan dengan video Andat.

Yang kedua Anda dapat memanfaatkan youtube suggestion, ketikkan keyword yang Anda bidik, dan lihat kata kunci yang disarankan. klik salah satu untuk melihat status atau nilainya. Setelah itu masukkan ke dalam setingan keyword channel.

7. Mengatur Halaman Channel

Anda sudah mengatur bagian penting channel, membuat cover, avatar, nama channel, mengisi about, membuat playlist dan mengatur keyword. Kini saatnya mengatur halaman utama channel. Ada dua bagian yang nantinya akan muncul saat orang sampai di channel Anda.

Bagian tersebut adalah untuk yang sudah subscribe dan untuk pendatang yang baru membuka channel Anda. Cara mengatur halaman utama channel agar optimal sebaiknya diisi hal berikut ini;

  • Channel trailer

Ini berisi video yang Anda pilih sebagai perkenalan channel. Silahkan Anda buatkan video khusus yang akan menceritakan mengenai isi channel Anda secara keseluruhan. Channel trailer akan sangat membantu orang yang baru datang dan ingin memahami isi channel Anda.

  • Featured Channel

Ini untuk menampilkan channel lain, misalnya Anda punya beberapa channel atau ingin menampilkan channel teman Anda.

  • Featured Video

Anda dapat memilih video mana yang akan kita tampilkan pada bagian ini. tips dari saya sebaiknya kita tampilkan video yang mempunyai jumlah viewer tertinggi, karena itu menggambarkan video mana yang banyak diminati orang

  • Playlist

Playlist akan diletakkan dibawah video trailer atau featured video. Kita dapat mengkonfigurasikan berbagai macam pilihan untuk menampilkan playlist yang telah Anda buat tadi. Jadi cara memasukkan playlist di bagian ini klik add section dibagian paling bawah costumize.

Dengan membuat playlist ini, akan sangat berpengaruh dengan jumlah watch time di channel Anda. Karena melalui playlist ini pengunjung akan melihat video-video Anda yang lain.

8. Manfaatkan Branding Watermark

Silahkan masuk pada creator studio, pilih channel, lalu pilih branding. Branding watermark memungkinkan Anda memberi watermark dibagian kiri di tiap video yang Anda upload secara otomatis. Jadi dengan sekali setting, watermark ini akan muncul ditiap video yang Anda upload.

Baca : Cara Mengetahui Tag Video Orang Lain

Watermark ini berfungsi sebagai tombol subscribe. jadi penonton dapat mengklik dan subscribe melalui tombol ini. Anda bebas menggunakan gambar apa saja untuk branding watermark ini. Banyak youtuber yang mengisinya dengan gambar foto maupun logo.

Itulah dia Cara Menambah Subscriber Dan Viewer Youtube, semoga dapat bermanfaat. Jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam artikel ini silahkan berikan koreksi dan masukan Anda pada kolom komentar yang tersedia, Terima Kasih.

Tinggalkan komentar