Cara Menambah Followers Aktif Instagram Tanpa Aplikasi

Ada berbagai cara untuk menambah followers aktif di Instagram, mulai dari yang berbayar/membeli, menggunakan aplikasi, hingga situs-situs yang tidak jelas bagaimana keamanannya.

Follow Instagram: abdulmuhajir

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang terpopuler saat ini. Instagram memungkinkan penggunanya untuk terhubung dengan banyak orang dari seluruh dunia.

Setiap hal pasti ada sisi positif dan negatifnya, begitu pula dengan Instagram. Bagi para pebisnis, keberadaan instagram sangatlah penting karena merubah pola bisnis yang sudah kuno.

Baca juga: Cara Meningkatkan Engagement di Instagram untuk Bisnis

Dengan perubahan strategi marketing ini, banyak pemilik bisnis memanfaatkan jasa dari selebgram ataupun artis untuk berpromosi. Terutama mereka-mereka yang memiliki jumlah follower banyak.

Cara Menambah Followers Aktif Instagram (IG)

Bagi Anda yang ingin mendapatkan paid promote, Anda harus meningkatkan jumlah follower aktif atau organik akun Anda. Lalu bagaimana cara untuk menaikkan followers instagram? Simak dibawah ini

1. Cara Menambah Followers Aktif dengan Konten Menarik

Instagram dan konten merupakan satu paket untuk bisa menaikan jumlah pengikut yang banyak dan aktif. Anda tidak akan mendapatkan followers yang banyak tanpa adanya konten.

Konten dapat berupa apa saja atau bervariasi, misalnya foto menarik, tips fotografi, informasi umum, dan sebagainya. Semakin menarik yang Anda bagikan, semakin besar peluang banyak follower.

2. Selalu Menggunakan Caption

Selain sebagai tempat untuk membubuhkan penjelasan singkat seputar isi konten, caption juga dapat digunakan untuk membangun personal branding. Tentu hal tersebut adalah sebuah keuntungan.

Karena Anda dapat membuat orang-orang memahami atau mengenal Anda seperti apa yang Anda harapkan. Postingan tanpa caption akan berefek dengan menurunnya integritas akun Anda.

Tips dalam membuat caption:

  1. Buat deskripsi singkat tentang foto yang Anda bagikan.
  2. Tambahkan Hashtag.
  3. Hindari kesalahan pengetikan (Typo).
  4. Ajukan pertanyaan di akhir caption jika diperlukan.
  5. Ajakan untuk memberikan komentar.

Baca juga: Kesalahan Mendasar Instagram Marketing yang Wajib Anda Hindari

3. Gunakan Hashtag

Hashtag dapat Anda gunakan untuk menjangkau pengguna Instagram lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Sistemnya adalah mengelompokan postingan sesuai hashtag agar mudah ditemukan.

Penggunaan hashtag yang tepat dapat menaikan followers aktif instagram Anda secara organik. Ada beberapa aturan dalam pembuatan hashtag itu sendiri, jadi tidak asal ikut tren.

Anda harus bisa membuat hashtag yang sesuai dengan foto atau video yang akan Anda bagikan di Instagram. Jika orang yang memiliki minat yang sama melihatnya, maka mereka bisa follow Anda.

Bagi para pebisnis online, hashtag dapat menjadi alat untuk meningkatkan penjualan dan dapat membuat produk atau jasa tampil di halaman explore Instagram. Tentu sebuah keuntungan besar.

4. Posting di Waktu yang Tepat

Bagi orang-orang yang tidak butuh like atau followers yang banyak, bisa posting kapan saja. Namun, jika Anda ingin menambah followers dan like instagram, maka jam posting juga berpengaruh.

Jika Anda post di waktu yang kurang tepat, postingan Anda mungkin saja tidak akan terlihat oleh followers Anda, karena ini sudah algoritma IG. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui jam posting yang tepat?

Untuk akun biasa (Bukan akun bisnis atau creator), Anda bisa membuat percobaan dengan melakukan posting di beberapa waktu. Setelah itu, Anda lakukan perbandingan mana yang terbaik.

Baca juga: Cara Mengubah Akun Instagram Pribadi Menjadi Bisnis

Sedangkan jika Anda memiliki akun bisnis atau creator, Anda bisa melihatnya pada bagian “Insight”. Disini semua informasi sudah jelas, mulai dari jam followers aktif, lokasi, umur, dan jenis kelamin.

5. Cara Menambah Followers Aktif dengan Rutin Posting

Beberapa point diatas tidak akan berjalan efektif jika Anda melewatkan point ini. Konsistensi merupakan sebuah hal yang wajib untuk dilakukan agar mendapatkan banyak followers instagram.

Setidaknya Anda harus melakukan upload setidaknya 1-3 konten dalam satu hari. Silahkan jadwalkan sesuai jam aktif followers Anda, misalnya jam 07:00, kemudian 15:00, dan 21:00 malam.

Orang-orang akan menyukai akun Instagram yang memiliki konsistensi dalam melakukan posting. Semakin konsisten Anda melakukan posting, maka semakin besar peluang mendapatkan banyak followers.

6. Share Postingan dengan Stories

Cara menambah followers Instagram yang aktif berikutnya adalah dengan membagikan postingan ke story untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari followers.

Stories menjadi salah satu fitur yang sangat penting yang ada di Instagram. Karena lebih banyak orang-orang yang melihat stories seseorang daripada melakukan like di dashboard.

7. Cara Menambah Followers Aktif dengan Komentar

Orang-orang akan menemukan Anda dengan mudah jika Anda bisa berada di mana saja. Jadi, cobalah untuk secara aktif menyukai dan mengomentari pos orang lain.

Dengan aktivitas ini, akun Anda akan sering muncul dan orang-orang akan penasaran. Tapi tentu saja, hindari spam, komentar yang kurang relevan dan terlihat ikut campur.

8. Menggunakan Instagram Ads

Instagram ads adalah salah satu fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan follower instagram secara cepat, namun cara ini berbayar dan harus memerlukan beberapa teknik yang pas.

Baca juga: Pentingnya Konten Instagram untuk Keberhasilan Online Shop

Jangan biarkan Instagram ads berjalan dengan pengaturan yang asal, karena tidak akan tertarget. Penargetan iklan bisa dilakukan sesuai jenis kelamin, usia dan interest yang dituju.

Instagram ads bisa digunakan untuk mempromosikan apa saja termasuk usaha. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pebisnis online yang menggunakan Instagram ads untuk mempromosikan produk mereka.

Saya sendiri sangat sering beriklan di Instagram, bukan hanya untuk postingan saya tapi juga layanan yang saya berikan seperti pembuatan website, landing page, dan sebagainya.

Tidak perlu biaya mahal untuk bisa beriklan, Anda bisa mulai dari Rp 20.000 untuk satu hari. Jika Anda benar dalam melakukan penargetan, maka Anda bisa merasakan efek dari beriklan ini.

9. Bagikan Post ke Media Sosial Lain

Walaupun Instagram menjadi sosial media yang banyak digunakan. Tapi jangan lupa kalau diluar sana pengguna Facebook, Twitter, dan medsos lain juga banyak jumlahnya.

Anda bisa manfaatkan hal tersebbut untuk meningkatkan jumlah follower instagram Anda. Cukup lakukan share link postingan Instagram atau membuat ajakan follow akun Anda saja sudah cukup.

10. Jangan Private Akun Anda

Cara terakhir untuk bisa menambah followers aktif di Instagram adalah tidak mengunci atau membuat akun menjadi private. Orang-orang tidak akan melihat postingan Anda jika akun di private.

Membuat akun instagram menjadi public, akan memudahkan orang-orang untuk melihat isi konten yang di posting dan akan memudahkan interaksi yang dilakukan oleh para follower.

Namun, ada juga beberapa olshop yang melakukan teknik “Membuat Penasaran”, yaitu sebuah teknik untuk memaksa orang-orang yang ingin melihat produk mereka harus melakukan follow terlebih dahulu.

Penutup

Cara-cara yang disebutkan diatas adalah cara yang lebih efektif dan natural. Tentu butuh proses yang lebih lama, tapi hasilnya juga jauh lebih bagus daripada membeli akun bot/pasif.

Itulah dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah atau meningkatkan jumlah followers Instagram Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya, terima kasih.