Cara Membuat Lamaran Kerja dengan Email Beserta Contohnya

Cara Membuat Lamaran Kerja – Halo Indonesian Blogger, saat ini untuk apply pekerjaan dapat diajukan dengan mengirimkan permintaan pekerjaan melalui email ke perekrut.

Baca juga: Situs Lowongan Kerja Indonesia Yang Paling Terpercaya

Tentu saja, jumlah pencari kerja yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang tersedia mengharuskan Anda sebagai pencari kerja memiliki kapasitas yang menarik dibandingkan pencari kerja yang lainnya.

Bagi Anda yang memutuskan untuk mengirim lamaran pekerjaan melalui email, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar email yang Anda kirimkan di lirik oleh perekrut.

Oleh karena itu, informasi yang ada dalam email lamaran kerja Anda haruslah jelas, padat dan tidak bertele tele. Jika Anda mengetik semua hal tentang diri Anda dalam email, hal tersebut akan membuat perekrut, mungkin perlu waktu lebih lama untuk membaca.

Jadi bagaimana cara membuat email lamaran kerja yang lebuh menarik dan lebih unggil dari pelamar kerja yang lain? Berikut ini Indonesian Blogger akan bagikan tips untuk membuat email lamaran kerja yang baik.

Cara Membuat Lamaran Kerja

1. Tambahkan Subjek

Banyak pelamar kerja yang kurang memperhatikan bagian subjek ini dan biasanya mereka akan mengosongkannya. Padahal bagian subjek ini sangat membantu perekrut untuk mengetahui bagian/posisi apa yang akan Anda lamar.

Baca juga: Kesalahan Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Harus Dihindari

Jadi sebaiknya, selalu perhatikan ketentuan subjek email di iklan lowongan pekerjaan, apakah ada ketentuannya atau tidak? Kalau tidak ada silahkan isi saja dengan menggunakan posisi yang dilamar atau Nama Lengkap Anda.

2. Badan Email

Pada bagian email, jangan sampai Anda kosongkan.

Anda bisa menuliskan cover letter pendek yang berisi perkenalan tentang diri Anda, motivasi Anda melamar pekerjaan, dan kenapa Anda cocok untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

3. Lampiran

Pada bagian lampiran email Anda, pastikan CV Anda sudah di convert atau dibuat dalam bentuk pdf dan Anda juga harus melampirkan dokumen-dokumen penting lainnya yang dijadikan persyaratan.

4. Penutup

Pada bagian penutup, Anda bisa menuliskan satu kalimat yang menunjukkan antusiasme Anda terhadap jabatan atau pekerjaan yang tersedia tersebut dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih pada bagian akhirnya.

Contoh Cara Mengirim Lamaran Kerja Dengan Email

Setelah semua point diatas Anda pahami, sekarang beralih ke contoh cara mengirim surat lamaran menggunakan email.

Berikut contoh penerapan dari point diatas:

Bagian Subjek

Cara membuat lamaran kerja dan mengirimkannya dengan email yang baik dan benar adalah mengisi bagian subjek dengan posisi yang dilamar atau nama lengkap Anda.

Baca juga: Tips Mencari Lowongan Kerja Dan Agar Lebih Mudah Diterima

Badan Email

Dear Indonesian Blogger Company

I am intereseted in applying for the position of Development Engineer (Job Rererence Number 123) at Indonesian Blogger Company. After reading the job description and requirements and matching it with my own experiences, i know that i would be a valuable asset to your organization.

I Recently graduated with a Bachelor of Science degree in Electrical Engineering from the University of Indonesia. I now want to apply my skills as a development engineer, i can implement engineering concepts to design innovative and ingenious products for consumers.

Penutup

I have attached a cover letter, resume, and certificates for your consideration. i would love to talk to you in more detail regarding this amazing opportunity at your company. It would give me greate pleasure to hear back from you regarding my application. Thank you and im looking forward to hearing from you.

Sincerely,
Abdul Muhajir
Jl.Kh. Ahmad Dahlan, No 1, Balikpapan, Indonesia
0822549xxxxx

Lampiran

Bagian lampiran silahkan tambahkan dokumen yang dibutuhkan seperti CV dan dokumen lain yang di jadikan persyaratan.

Akhir Kata

Itulah dia bagaiaman cara membuat lamaran kerja dan mengirimkannya dengan email yang baik dan benar. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin melamar pekerjaan.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan dibagikan kepada teman teman Anda yang membutuhkan. Dan jangan lupa untuk berlangganan email dari Indonesian Blogger, Terima kasih.