Cara Membuat Intro YouTube Secara Online dan Android

Cara Membuat Intro YouTube – Video pembuka atau yang disebut intro memang menjadi salah satu bagian yang menarik pada setiap channel YouTube. Intro memberikan ciri khas sendiri untuk channel tersebut.

cara membuat intro youtube

Durasi video intro juga beragam, sesuai keinginan saja. Ada yang memiliki intro dengan durasi 10-20 detik dan ada juga yang mencapai 30-45 detik dan biasanya digunakan oleh channel-channel besar.

Ada beberapa cara untuk buat intro YouTube yaitu dengan cara online (Menggunakan situs yang menyediakan tools intromaker) dan juga menggunakan Android (Download aplikasi pembuat intro di playstore) dan semuanya gratis.

Baca juga: Download Outro Template Gratis

Anda hanya perlu meluapkan kreatifitas Anda dalam membuat video intro yang keren. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membuat intro, yaitu sebagai berikut:

  1. Merepresentasikan brand ataupun persona Anda.
  2. Durasi yang tidak over (10-20detik saja cukup).
  3. Kreatifitas

Cara Membuat Intro YouTube

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat intro, sekarang kita lanjut ke tutorial buat intronya. Disini saya jelaskan versi tanpa aplikasi dan juga menggunakan aplikasi.

1. Membuat Intro YouTube Tanpa Aplikasi

Menggunakan Panzoid

Cara pertama adalah dengan menggunakan situs yang bernama panzoid, Anda dapat mengaksesnya dengan mengetik https://panzoid.com pada search bar browser Anda. Disarankan menggunakan komputer.

Untuk menggunakannya sangat sederhana, karena template dan music sudah disediakan. Jadi tugas Anda hanya perlu mengganti text-nya saja. Sedangkan untuk merubah templatenya, Anda harus lebih kreatif.

Saya juga sudah pernah menulis tentang cara penggunaan tools online ini, silahkan baca di “Cara Membuat Intro Video Online” dan disitu sudah saya berikan link yang mengarah ke video tutorialnya.

Menggunakan Renderforest

Cara membuat intro YouTube berikutnya adalah dengan menggunakan situs Rederforest, Anda dapat mengaksesnya dengan mengetikan renderforest.com pada search bar Anda. Gunakan laptop/PC untuk mengaksesnya.

Dengan renderforest, Anda dapat membuat berbagai macam. Anda dapat membuat logo, membuat intro yang profesional, membuat animasi, membuat promo video, slideshow, visualisasi musik, dan lain sebagainya.

Untuk membuatnya pun sangat mudah, silahkan ikuti panduan dibawah ini.

  1. Buka situsnya rederforest.com
  2. Pilih get started kemudian pilih video.
  3. Kemudian pilih lagi create video.
  4. Pilih template yang ingin digunakan.
  5. Selanjutnya klik “Create Now”.
  6. Mulailah mengedit.

Baca juga: Video Editor Android Untuk Youtuber Pemula

Selain kedua situs, tersebut, ada berbagai situs lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai cara membuat intro YouTube. Tapi itu akan saya bahas next time, agar artikel ini tidak terlalu panjang.

2. Cara Membuat Intro YouTube dengan Aplikasi

Anda hanya perlu install 2 aplikasi, yaitu animation text editor dan juga inshot. Kemudian mulailah membuat kreasi Anda di animation text editor, setelah itu buka aplikasi inshot dan rubah rasionya menjadi 16:9.

Untuk cara membuat intro dengan aplikasi sudah pernah saya bahas disini “Buat Intro Tanpa Aplikasi” dan asiknya lagi tidak ada watermark yang akan menggangu video intro Anda dan ini juga gratis.

Silahkan baca pada bagian buat intro tanpa aplikasi yang saya tag diatas untuk cara pembuatan yang lebih lengkap. Disitu juga sudah saya berikan video YouTube tentang cara buat intronya.

Penutup

Itulah dia beberapa cara sederhana membuat intro YouTube dengan mudah tanpa watermark. Semoga dapat membantu dan jika Anda sudah dengan artikel ini, silahkan di share agar lebih bermanfaat.

Tinggalkan komentar