Cara Membangun Branding dengan Social Media

Cara Membangun Branding – Branding adalah sebuah proses untuk memperkenalkan image atau citra sebuah perusahaan atau merek dagang kepada khalayak umum. Faktanya, ini tidak mudah.

cara membangun branding
Follow Instagram: abdulmuhajir

Ada banyak sekali cara melakukan branding yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan brand/merek dagang ataupun perusahaan Anda. Salah satunya dengan social media.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas berbagai cara membangun branding dengan sosial media yang bisa Anda jadikan referensi. Penasaran? simak pembahasannya!

Cara Membangun Branding dengan Social Media

Di dunia yang perkembangan digitalnya semakin pesat, jangan sampai Anda melewatkan social media sebagai sarana untuk membangun branding. Simak beberapa tipsnya dibawah ini.

1. Ciptakan Logo untuk Bisnis Anda

Pada umumnya, orang-orang akan lebih mudah mengenali sebuah produk dari logonya. Maka dari itu, logo adalah cara branding terbaik yang dilakukan oleh banyak brand.

Baca juga: Tips Membuat Desain Logo yang Unik untuk Branding

Pastikan Anda membuat logo dan menampilkannya sebagai foto profil sosial media. Ini merupakan langkah pertama dari serangkaian proses cara branding dengan sosial media.

Buatlah logo yang unik yang mampu mencerminkan layanan/produk ataupun brand yang Anda miliki. Menarik dan unik di sini tidak harus sebuah logo yang sulit.

Sulit disini berarti tidak mudah untuk diingat oleh orang-orang. Sebaiknya Anda membuat logo yang sederhana dan mudah diingat banyak orang. Logo “Sederhana” justru lebih sulit dibuat.

JIka Anda kesulitan membuatnya, Anda juga bisa menggunakan jasa seorang desainer grafis profesional. Desain yang “Sederhana” biasanya juga memiliki harga yang tidak murah.

Logo yang Anda pesan tadi bisa Anda gunakan di seluruh media social Anda. Dengan begitu, Anda sudah dijalan yang tepat untuk membangun branding.

2. Konten yang Unik

Akun social media Anda tidak akan mendapatkan perhatian orang-orang jika Anda tidak membuat sesuatu. Maka dari itu, disini Anda perlu membuat konten yang bisa menarik perhatian.

Baca juga: Tips Meningkatkan Engagement Instagram untuk Content Marketing

Caranya sederhana saja, yaitu membuat konten yang unik. Walaupun sederhana, jika dilakukan dengan asal-asalan dan tidak konsisten maka hasilnya juga pasti tidak akan maksimal.

Membuat konten yang unik adalah cara branding dengan sosial media kedua yang harus Anda lakukan. Buatlah sesuatu yang lain dengan konten Anda.

Misalnya saja, pemilihan gaya bahasa, sapaan yang unik, desain visual yang menarik. Konten yang mampu membuat para pengunjung merasa tertarik dan betah berada di sosial media Anda.

3. Jawab Pertanyaan di Kolom Komentar

Terkadang, Anda akan mendapat banyak sekali pertanyaan di sosial media.

Menjawab pertanyaan tersebut dengan bahasa yang sopan merupakan cara branding dengan sosial media yang juga harus Anda lakukan.

Baca juga: Pengertian dan Cara Membangun Brand Awareness

Karena bagaimana pun juga branding adalah tentang reputasi. Semakin baik, reputasi yang Anda tunjukkan maka akan semakin baik pula efeknya untuk perkembangan bisnis Anda.

Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para follower atau konsumen akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar memperhatikan para pengunjung di sosial media Anda.

Mereka akan merasa dihargai dan akhirnya berminat untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang Anda tawarkan.

4. Cara Membangun Branding dengan Interaksi

Cara membangun branding dengan sosial media yang selanjutnya adalah membangun komunikasi yang menimbulkan hubungan timbal balik atau interaksi antara Anda dan followers.

Jangan hanya memposting konten dengan tema atau cara yang sama. Terkadang, Anda juga bisa membuat variasi.

Contohnya, adalah dengan membuat konten yang berupa pertanyaan atau ajakan agar para followers Anda untuk melakukan suatu tindakan. Misalnya memberi komentar, bertanya, dll.

5. Diskripsikan Produk/Jasa Secara Halus

Yang selanjutnya, Anda bisa menggunakan strategi branding sebuah prdoduk/jasa secara halus atau seperti soft selling content.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Penjualan dengan Online Marketing

Pertama buatlah sebuah pembahasan masalah, lalu kemudian pemecahan masalah dan kemudian barulah Anda menyisipkan konten promosi produk/jasa Anda sebagai pemecahan masalah.

Contohnya : Jasa Bimbel Online

Anda bisa membuat sebuah konten yang mengusung tema berbagai hambatan yang mampu memengaruhi belajar anak.

Kemudian berikanlah bahasan mengenai solusinya berupa bimbel secara online. Lalu, di bagian akhir Anda bisa menyisipkan jasa bimbel yang Anda miliki.

Kesimpulan

Itulah berbagai cara membangun branding dengan sosial media yang bisa Anda lakukan. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan di social media, pengguna socmed sangat banyak.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada teman-teman, kerabat, atau rekan bisnis Anda agar lebih bermanfaat lagi.

Tinggalkan komentar