Cara Melindungi Smartphone Anda dari Serangan Hacker

Cara Melindungi Smartphone Anda – Halo Indonesian Blogger, ada banyak data pribadi yang disimpan pada smartphone, dari informasi diri hingga rincian perbankan. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati agar ponsel Anda tidak dicuri atau diretas.

cara melindungi smartphone Anda

Untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan akibat hal tersebut, sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk melindungi smartphone Anda beserta dengan isinya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu sebagai berikut.

Cara Melindungi Smartphone Anda dari Hacker

1. Selalu Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Perusahaan perangkat lunak selalu mengekspor versi terbaru aplikasi mereka dan sistem operasinya. Tidak hanya untuk menyediakan fitur baru, pembaruan juga bertujuan untuk memperbaiki kesalahan dan meningkatkan keamanan.

Oleh karena itu, Anda harus selalu men-download versi terbaru dari aplikasi atau sistem operasi pada ponsel Anda.

Baca juga: Aplikasi Untuk Buat CV Di Android

2. Hindari WiFi publik

Wi-Fi umum biasanya tersedia di kafe, Bandara, atau tempat umum lainnya. Menggunakan Wi-Fi publik memiliki risiko karena itu adalah hal yang akan membuka jalur kepada hacker untuk meretas perangkat Anda.

Jika memungkinkan, Anda tidak harus menjalankan Wi-Fi ketika Anda berada di tempat umum. Meskipun jika Anda dipaksa untuk menggunakan Wi-Fi publik, gunakan aplikasi VPN untuk menyembunyikan data Anda.

3. Gunakan Password pada Ponsel Cerdas Anda

Selalu mengunci layar ponsel, baik menggunakan sandi atau PIN. Sebuah password atau pin mungkin akan sulit bagi Anda ketika Anda ingin membuka kunci layar. Namun, ini akan membuat ponsel Anda lebih aman dari serangan jahat.

Dalam hal ini, lebih baik untuk menggunakan password yang menggabungkan huruf dan angka. Jika Anda tidak suka menggunakan kata sandi, Anda juga dapat menggunakan fitur keamanan seperti sensor sidik jari dan fitur pengenalan wajah.

4. Gunakan Two Factor Authentication

Orang sering ragu untuk menggunakan fitur autentikasi dua faktor karena hal itu menyulitkan Anda untuk masuk ke akun social media Anda. Namun, seperti kata sandi, otentikasi akan sangat berfungsi untuk membuat ponsel dan aplikasi lebih aman.

5. Gunakan Kata Sandi Yang Kuat

Cara untuk membuat data Anda lebih aman adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Anda dapat membuat kata sandi yang terdiri dari 8-15 karakter dan mengombinasikan angka, huruf besar dan kecil, serta simbol.

6. Email Spam Berisi Phising

Salah satu cara yang paling umum yang digunakan hacker untuk mengakses telepon Anda adalah metode phishing.

Baca juga: Pengertian Phising dan Cara Menghindarinya

Melalui teknik phishing, peretas berpura-pura menjadi entitas tepercaya, sehingga Anda ingin memberikan informasi pribadi secara sukarela. Oleh karena itu, kami sarankan Anda tidak membuka lampiran/link yang mencurigakan di e-mail.

Karena dari link dan semacamnya yang Anda klik pada email tersebut akan memberikan informasi atau data data kepada sang hacker. Contoh data yang saya maksud adalah lokasi, jenis gadget, ukuran layar, dan informasi penting lainnya.

Dari informasi tersebut, mereka bisa melakukan peretasan ke gadget Anda dengan mudah. Contoh saja masuk ke galeri Anda dan mengambil foto/video yang ada didalamnya dan banyak kegiatan ilegal lainnya.

7. Menggunakan Fitur Pencarian Smartphone

Di iPhone, Anda dapat menjalankan pencarian untuk iPhone. Android juga memiliki fitur yang sama, meskipun namanya yang berbeda, tergantung pada perusahaan yang membuat telepon tersebut. Anda bisa temukan di bagian setting.

Contohnya, Anda bisa temukan pada ponsel merek samsung. Dimana fiturnya menggunakan nama “Find My Device”.

8. Menggunakan Aplikasi Anti Virus Terbaik

Cara melindungi smartphone Anda untuk mencegah kata sandi Anda dicuri atau mencuri informasi pribadi Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi anti virus terbaik android.

Saya sudah pernah review beberapa jenis Antivirus terbaik untuk pengguna Android, Anda bisa baca di link dibawah ini.

Baca ini: 10 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android

Namun, sebelum mendownload aplikasi Antivirus sebaiknya perhatikan dan pastikan Anda menggunakan aplikasi anti-virus dari perusahaan terpercaya, seperti avast atau McAfee.

Karena jika Anda menggunakan aplikasi yang tidak terpercaya, smartphone bukan terlindungi, justru rentan terhadap serangan hacker dari si pembuat aplikasi itu sendiri.

9. Mencadangkan Data Anda

Cara melindungi smartphone Anda berikutnya, Meskipun Anda telah membuat beberapa persiapan, tidak ada salahnya jika Anda masih melakukan backup data. Oleh karena itu, jika telepon dicuri atau hilang, data pada ponsel Anda tetap aman.

10. Hindari Menggunakan Aplikasi Bajakan dan Mod

Tips cara melindungi smartphone Anda dari serangan hacker yang terakhir adalah tidak menggunakan aplikasi bajakan dan juga aplikasi mod (Aplikasi yang sudah di modifikasi). Karena aplikasi bajakan dan mod itu sangat rentan berisi virus.

Banyak orang menggunakan aplikasi bajakan dan mod karena ingin mendapatkan fitur premium dari sebuah aplikasi secara gratis. Tapi mereka tidak memperhatikan keamanan dan data pribadi mereka yang mungkin disadap.

Beberapa aplikasi yang paling banyak bertebaran versi ilegalnya adalah Spotify, WhatsApps, dan beberapa games. Sebaiknya Anda menggunakan versi dari developernya langsung daripada mengorbankan data pribadi Anda.

Penutup

Itulah beberapa cara melindungi smartpone Anda dari tindakan hacking. Semoga dapat bermanfaat, tapi semua balik lagi pada diri Anda sendiri apakah akan menyimpan hal-hal sensitif seperti password akun sosmed, i-banking dan lain lain di smartphone Anda atau tidak.

Tinggalkan komentar