Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui

Apakah Anda sedang mencari cara untuk keluar grup WA tanpa diketahui? Terkadang kita tidak sengaja masuk ke grup yang sebenarnya kita tidak ingin ada didalamnya. Ingin leave tapi merasa tidak enak.

Fungsi grup WhatsApp memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan banyak orang secara bersamaan. Selain itu, Anda sekarang dapat melakukan panggilan video melalui grup WA.

Sayangnya, grup yang terlalu berisik terasa sangat menjengkelkan. Selain pemberitahuan yang masuk begitu banyak, ini juga dapat memperlambat kinerja ponsel Anda.

Anda berada ditempat yang tepat, karena saya akan memberikan tips singkat bagaimana sih caranya untuk keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan oleh member didalamnya.

Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui

Jika Anda sudah terlalu pusing dengan notifikasi grup WhatsApp yang tidak jelas, Anda bisa gunakan cara berikut ini.

Jika Anda memiliki lebih dari satu grup, sebaiknya jangan gunakan cara ini. Karena ini akan membuat Anda leave dari semua grup yang Anda miliki.

Disclaimer

Mengganti Nomor WhatsApp

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah persiapkan nomor handphone baru yang akan digunakan. Cara ini sedikit ribet karena Anda perlu memiliki nomor baru.

Baca juga: Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode

Namun, cara ini terbilang natural untuk keluar dari grup WhatsApp. Karena, ketika berkumpul dan ditanya kenapa Anda keluar grup, Anda bisa beralibi “Kemarin ganti nomor”.

Untuk mengganti nomor WhatsApp Anda perlu masuk ke WhatsApp, kemudian pilih tanda titik tiga dipojok kanan atas. Setelah itum pilih Account > Change Number, lihat gambar dibawah ini.

cara keluar grup wa tanpa diketahui

Masukan nomor lama Anda pada bagian “Enter your lld Number” dan masukan nomor baru Anda di bagian “Enter your new phone number”. Jika sudah silahkan di next.

Setelah Anda melakukan pergantian nomor, Anda harus melakukan langkah selanjutnya seperti berikut ini.

Melakukan Clear Data

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan clear data WhatsApp Anda. Ini bertujuan untuk melakukan reset WhatsApp seperti saat pertama kali di install.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web

Apakah semua chat akan hilang jika di clear? Tidak, dengan catatan Anda melakukan backup pada akun WhatsApp Anda. Untuk melakukan backup silahkan ikuti dibawah ini.

  1. Buka WhatsApp.
  2. Pilih tanda titik 3 di pojok kanan lalu pilih setting.
  3. Pilih menu chats.
  4. Scroll kebawah dan temukan “Chat Backup”.

Untuk melakukan clear data, Anda perlu masuk ke pengaturan handphone Anda, pilih aplikasi, temukan WhatsApp dan klik, kemudian clear data.

Login Kembali

Setelah Anda melakukan clear data, jangan langsung melakukan login. Karena jika Anda login, semua data akan kembali seperti semula, termasuk grup Anda.

Jadi, tunggulah 30-60 menit sebelum Anda melakukan login kembali. Jika ada perintah untuk restore, silahkan di YES untuk memulihkan chat Anda kecuali grup.

Setelah proses restore selesai, WhatsApp Anda telah berhasil keluar dari grup dan chat Anda masih tersimpan rapi sesuai backup-an terakhir.

Keluar Grup WA Tanpa Ganti Nomor

Cara keluar grup WA tanpa diketahui ini sebenarnya tidak benar-benar keluar. Melainkan hanya melakukan mute grup agar tidak ada notifikasi yang menganggu.

Namun, tidak menutup kemungkinan Anda akan di kick dari grup karena tidak pernah ikut berpartisipasi dalam grup atau hanya jadi pembaca saja.

Baca juga: Aplikasi Teleconference untuk Rapat dari Rumah

Cara Mute Grup WhatsApp 1

Yang perlu Anda lakukan adalah pilih grup WhatsApp yang ingin di silent, tekan grup beberapa detik sampai muncul tombol mute dibagian atas. Setelah itu, silahkan di mute.

Untuk durasi mutenya, Anda bisa tentukan sendiri, apakah 8 jam, 1 Minggu atau satu tahun. Anda bisa sesuaikan kebutuhan, atau bahkan pilih durasi yang paling lama.

Cara Silent Grup WhatsApp 2

Untuk melakukan mute berikutnya bisa dengan cara masuk ke grup yang Anda tidak ingin ada didalamnya, pilih tanda titik tiga yang ada dibagian pojok kanan atas, kemudia pilih mute notification.

Penutup

Itulah dia bagaimana cara keluar grup WA tanpa diketahui yang bisa Anda coba. Jika cara ini berhasil, Anda bisa merekomendasikan cara ini untuk teman-teman Anda yang ingin leave grup tapi merasa tidak enak.

Tinggalkan komentar