Cara Mematikan Download Otomatis WhatsApp dengan Mudah

Bagaimana cara untuk mematikan download otomatis di WhatsApp agar foto, video, audio, dan document yang dikirimkan tidak masuk ke galeri kita secara otomatis? Silahkan simak dibawah ini.

WhatsApp secara default mengaktifkan semua media agar bisa di download atau unduh secara otomatis. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan akses yang lebih cepat pada Anda.

Walaupun fitur ini memberikan manfaat, sayangnya hal ini juga akan menguras memori hp Anda karena semua file akan tersimpan ke galeri. Jika tidak dihapus, akhirnya akan menumpuk.

Baca juga: Cara Membuka Blokir WhatsApp

Cara Mematikan Download Otomatis WhatsApp

Agar galeri, memori, dan kuota Anda lebih hemat, berikut ini cara menonaktifkan download foto dan media lainnya secara otomatis di whatsapp. Caranya sangat sederhana.

Tapi, dengan trick sederhana ini akan membuat penggunaan memori handphone Anda menjadi lebih kecil. Silahkan ikuti cara setting penyimpanan whatsapp dibawah ini.

1. Setting Penyimpanan WhatsApp

Pertama-tama silahkan lakukan konfigurasi download otomatis dengan cara ketuk tanda 3 titik yang ada dibagian pojok kanan atas WhatsApp. Kemudian pilih pada bagian setting.

Baca juga: Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di Android dan iPhone

Pada halaman setting, Anda akan melihat beberapa pilihan seperti account, chat, notification, data and storage usage, dan juga help. Disini silahkan pilih yang “Data and Storage Usage”.

2. Pilih Bagian yang Ingin di Matikan

Setelah Anda memilih data and storage usage, silahkan Anda perhatikan pada bagian “Media auto-download”. Disini ada 3 pilihan yaitu sebagai berikut

  1. When using mobile data (Saat menggunakan data seluler)
  2. When Connected on Wi-Fi (Saat tersambung ke Wi-Fi)
  3. When Roaming (Saat roaming)

Untuk menhemat kuota data seluler, maka pilih yang nomor 1. Sedangkan jika Anda menggunakan Wi-Fi, biarkan saja semua settingan WhatsApp Anda tetap default.

3. Cara Mematikan Download Otomatis WhatsApp

Setelah Anda memilih menu atau bagian yang ingin dimatikan, Silahkan hilangkan centang media apa saja yang tidak ingin Anda download otomatis dengan cara mengetuknya sekali.

Jika sudah selesai menyaring gambar, audio, video, dan sebagainya maka lansung klik OK untuk menyimpan pengturan. Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp seperti biasanya.

Jadi ketika ada gambar/foto, video, audio, ataupun dokumen yang dikirimkan kepada Anda ataupun grup, filenya tidak akan tersimpan ke galeri atau memori Anda sebelum Anda mendownloadnya sendiri.

Sehingga Anda bisa menentukan mana file media yang memang perlu Anda download dan mana yang perlu Anda abaikan. Memori menjadi lebih aman dan kuota juga lebih hemat.

Penutup

Itulah dia bagaimana cara mematikan download otomatis gambar, audio, dokumen hingga video WA agar tidak ke save di gallery WhatsApp. Semoga cara ini dapat memberikan manfaat.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan bagikan ke media sosial agar lebih banyak yang mengetahuinya. Terima kasih.