Cara Disavow Link untuk Menghapus Backlink Spam dengan Mudah

Disavow link merupakan salah satu cara untuk menghapus backlink spam pada blog kita. Menolak atau menghapus backlink spam ini bertujuan agar tidak ada pengaruh negatif ke blog Anda.

cara disavow link

Mendapatkan backlink memang penting untuk menunjang ranking suatu blog. Namun, jika backlink yang didapatkan terindikasi spam maka akibatnya adalah sebaliknya yaitu penurunan ranking.

Tapi apa sebenarnya disavow link itu dan bagaimana cara melakukan disavow? Berikut ini saya akan mengulasnya dibawah ini. Jangan lewatkan satu step apapun agar disavow berhasil.

Apa itu Disavow Link?

Secara sederhana, Disavow link merupakan perintah yang diberikan kepada mesin pencari untuk tidak melakukan crawling dan menolak URL atau domain dari situs atau blog tertentu.

Baca juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Perlukah untuk Melakukan Disavow Link?

Seperti yang sudah disebutkan diawal bahwa backlink yang mengarah ke blog Anda tidak semuanya memiliki kualitas yang bagus. Ada backlink buruk juga dan itu perlu dihapus.

Bagaimana Mengetahui Backlink yang Buruk?

Umumnya backlink yang kurang bagus memiliki beberapa ciri seperti berasal dari situs yang berkualitas rendah misalnya situs-situs terlarang seperti jud, por*grafi, dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, backlink yang di dapat secara otomatis juga memiliki kualitas yang jauh lebih buruk. Jika Anda pernah melakukannya, sebaiknya disavow backlink tersebut.

Backlink dari konten yang tidak relevan dengan blog Anda juga bisa termasuk buruk. Bisa Anda bayangkan menemukan link artikel kecantikan di blog yang bahas otomotif.

Lalu sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk melakukan disavow atau penolakan pada backlink yang buruk? Begini caranya

Step by Step Cara Disavow Link

Pastikan Anda mengikuti semua step-by-step berikut ini dan jangan lewatkan satu tahapanpun.

Baca juga: Cara Hapus Plugin AMPforWP yang Benar

1. Mencari Link yang Akan Ditolak

Cara sederhana untuk mencari backlink spam adalah dengan memanfaatkan search console. Masuk ke search console > Link > dan temukan backlink yang terindikasi spam.

Selain itu, Anda juga bisa download seluruh backlink kedalam format csv dan membukanya di komputer Anda. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan situs-situs seperti ahrefs dan sebagainya.

2. Membuat List Link yang Akan Ditolak

Langkah berikutnya adalah Anda perlu membuat list domain atau URL yang akan Anda disavow atau tolak dengan notepad. Kemudian simpan list tersebut dengan format txt.

Baca juga: Cara Mengatasi The Site Is Experiencing Technical Difficulties

Cara Membuatnya adalah memasukan link atau domain kedalam notepad dengan format seperti contoh di bawah ini. Gunakan “domain:” untuk domain yang ingin Anda tolak atau disavow.

# Dua halaman yang akan ditolak
http://spam.example.com/stuff/comments.html
http://spam.example.com/stuff/paid-links.html

# Satu domain yang akan ditolak
domain: example.com

3. Upload List Disavow Backlink

Jika Anda telah selesai membuat daftarnya, selanjutnya Anda perlu untuk upload ke tools disavow. Tools ini tidak tersedia pada versi terbaru search console, tapi Anda bisa ikuti tautan dibawah

  1. Buka halaman fitur link yang ditolak.
  2. Pilih website yang terdaftar
  3. Langsung klik saja disavow link
  4. Upload file yang sudah dibuat tadi
  5. Done

Sampai disini Anda telah berhasil melakukan request untuk menolak backlink spam. Butuh waktu beberapa minggu sampai semuanya benar-benar selesai di tolak.

Baca juga: Cara Membuat Subdomain di Blogspot dengan Mudah

Bila dikemudian hari Anda ingin menambahkan list, Anda hanya perlu melakukan masuk ke halaman disavow link. Kemudian download file yang sudah pernah di upload sebelumnya.

Lakukan penambahan pada list yang sudah di download dan upload kembali. Anda tidak perlu menghapus file yang sebelumnya, karena akan diganti dengan list yang terbaru.

Penutup

Itulah dia bagaimana cara untuk melakukan disavow atau menolak link masuk ke blog Anda. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan share apabila Anda suka dengan artikel ini.

Tinggalkan komentar