Cara Daftar Internet Banking BCA dari ATM dan Cara Aktivasi KeyBCA

Cara Daftar Internet Banking BCA – Halo semuanya, nasabah yang mendaftar internet banking BCA tentu saja dimaksudkan untuk dapat melakukan transaksi perbankan tanpa harus pergi ke ATM atau teller.

cara daftar internet banking bca

Karena hampir semua transaksi yang dapat dilakukan di ATM dapat juga dilakukan melalui internet banking. Contohnya seperti dibawah ini:

  • Memeriksa saldo
  • Transfer
  • Top up pulsa
  • Pembayaran lainnya

Semua hal-hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop yang terkonesksi dengan jaringan internet. Sehingga Anda tidak perlu capek pergi ke ATM atau Bank.

Registrasi untuk internet banking BCA atau yang biasa disebut KlikBCA ini gratis. Tarif administrasi bulanan antara mereka yang aktif dan mereka yang tidak tetap sama.

Biaya yang diperlukan hanya untuk membayar KeyBCA dan biayanya sangat murah sekali, hanya sekitar Rp 10.000-Rp20.000 saja.

Bagi Anda yang tidak tahu, KeyBCA adalah alat kecil yang digunakan sebagai pengamanan tambahan selama transaksi menggunakan internet banking.

Alat ini harus diaktifkan terlebih dahulu setelah mendaftarkan internet banking BCA. Setelah itu, barulah dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

Baca juga: Cara Daftar Izin Usaha Bisnis Online Sesuai Peraturan Pemerintah

Ada dua cara untuk mendaftar layanan internet banking atau IB BCA. Pertama, melalui ATM dan yang kedua, kunjungi costumer service di cabang BCA.

Tidak harus cabang tempat Anda pertama kali membuat akun, bisa cabang-cabang BCA mana pun.

Panduan Cara Daftar Internet Banking BCA

Syarat Mendaftar Internet Banking BCA

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara daftar internet banking BCA, sebaiknya Anda ketahui dulu syaratnya. Karena tidak semua rekening tabungan dapat mengaktifkan internet banking.

Persyaratan umum untuk bisa memiliki internet banking BCA adalah Anda harus memiliki ATM BCA ataupun Paspor BCA. Dan seperti yang saya katakan bahwa tidak semua rekening BCA bisa menggunakannya.

Beberapa diantaranya yang bisa menggunakannya adalah Rekening Tahapan, Rekening Xpresi, BCA Dollar dan beberapa jenis lainnya. Namun, semua itu kembali lagi pada jenis tabungan Anda.

Cara Daftar Internet Banking BCA dari ATM

Untuk bisa mendaftar internet banking bca, Anda harus menunggu 1×24 jam. Lain halnya dengan layanan SMS atau mobile banking yang dapat diaktifkan segera setelah membuka rekening.

Jika telah 1×24 jam, Anda bisa mulai mendaftar internet banking melalui ATM dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masukkan kartu ATM BCA Anda atau paspor BCA Anda.
  2. Masukkan PIN ATM dengan benar.
  3. Pilih Daftar E-Banking/Autodebet.
  4. Pilih menu Internet Banking.
  5. Masukkan PIN KlikBCA sebanyak 6 digit (terserah Anda)
  6. Masukkan kembali PIN KlikBC.
  7. Mesin ATM akan mengeluarkan tanda terima atau struk dengan user-ID Anda yang akan digunakan untuk masuk ke Internet banking.

Tidak sampai disitu, selanjutnya Anda harus login pertama kali ke internet banking untuk mendaftarkan email dan nomor telepon Anda (pastikan Anda mengisinya dengan benar).

Untuk melakukan login pertama kali, ikuti langkah dibawah ini.

  1. Silahkan buka halaman https://ibank.klikbca.com dan tekan tombol login.
  2. Setelah itu, masukan user-ID yang sudah didapat dari struk ATM tadi.
  3. Silahkan Anda baca “Syarat dan ketentuan KlikBCA” dengan seksama dan klik setuju/agree jika Anda setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut.
  4. Masukan email dan nomor kartu ATM BCA Anda.
  5. Pilih bahasa yang ingin digunakan.
  6. Jika semua sudah terisi dengan benar, klik selesai. Setelah itu Anda akan diarahkan kehalaman dashbord.

Pada tahap ini sebenarnya Anda sudah bisa melakukan transaksi nonfinansial seperti melakukan pengecekan saldo, mutasi rekening, dan informasi lainnya.

Cara Daftar Internet Banking BCA Melalui Costumer Service

Untuk bisa melakukan transaksi finansial seperti melakukan transfer, melakukan pembayaran, dan lain sebagainya, Anda membutuhkan yang namanya KeyBCA.

Baca juga: Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan Agar Tidak Boros

KeyBCA atau biasa disebut dengan token ini bisa Anda dapatkan dengan meminta langsung pada costumer service office BCA terdekat. Adapun syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan KeyBCA adalah-

Anda harus membawa kartu identitas baik berupa KTP, SIM ataupun Paspor. Selain itu, Anda juga wajib untuk membawa buku tabungan dan kartu ATM. Ini sebagai tanda bukti bahwa Anda adalah pemilik rekeningnya.

Cara untuk Aktivasi KeyBCA

Untuk melakukan aktivasi KeyBCA sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu datang ke kantor cabang BCA terdekat yang ada di kota Anda. Temui costumer service dan mereka akan bantu semuanya.

Anda hanya perlu membawa persyaratan yang dibutuhkan dan semua proses akan dibantu oleh costumer service. Bagaimana jika costumer servicenya tidak dapat membantu proses aktivasi saat itu?

Anda bisa melakukan aktivasi KeyBCA sendiri dengan syarat Anda sudah mendapatkan token atau KeyBCA-nya dari costumer service.

Berikut langkah-langkahnya:

Membuat PIN untuk KeyBCA

Setiap token atau KeyBCA ini dinyalakan, maka Anda harus memasukan pin terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya. PIN tersebut bisa Anda buat dengan cara seperti dibawah ini:

  1. Login pada email yang digunakan untuk mendaftar sebelumnya.
  2. Masuk pada folder Inbox dan temukan kode untuk aktivasi KeyBCA
  3. Berikutnya, nyalakan token dengan menekan tombol merah yang bertanda panah menghadap kekiri.
  4. Setelah itu masukan kode yang terdapat pada email tadi.
  5. Buatlah PIN KeyBCA baru yang terdiri dari 6 digit dan masukan pin sekali lagi sebagai konfirmasi.

Jika semua proses Anda lakukan dengan benar, maka layar pada token atau KeyBCA akan bertulisankan APPLI.

Baca juga: Portal Investasi untuk Mahasiswa dengan Modal 10 Ribu

Sampai disini, Anda belum bisa menggunakannya untuk transaksi. Anda harus melakukan aktivasi pada KeyBCA Anda dengan cara seperti dibawah ini.

Cara Aktivasi KeyBCA

  1. Login ke KlikBCA menggunakan user-ID dan PIN internet banking Anda.
  2. Pilih menu “Administrasi” kemudian klik pada bagian “Aktivasi KeyBCA”. Jika sudah, maka akan ada beberapa kolom yang harus Anda isi.
  3. Bagian paling atas, silahkan isi dengan 16 digit nomor yang ada di ATM Anda.
  4. Pada bagian kedua, isi dengan nomor seri KeyBCA. Anda bisa melihat serinya pada bagian belakang token atau KeyBCA-nya.
  5. Selanjutnya, isi dengan kode respon APPI 1 (lihat pada point keenam)
  6. Nyalakan token dengan cara menekan tombol merah dan masukan pin. Ketika muncul tulisan APPLI, segera tekan tombol 1. Maka akan tampil kode respon yang terdiri dari 8 digit angka.
  7. Angka itulah yang harus Anda masukan pada point sebelumnya (nomor 5).
  8. Klik tombol kirim dan selesai.

Penutup

Jika Anda mengikuti semua prosedur tentang bagaimana cara daftar internet banking BCA, mulai dari ATM, costumer service, hingga proses bagaimana buat pin dan aktivasi KeyBCA pasti Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Sangat disarankan untuk Anda memiliki internet banking. Karena selain dapat melakukan pengecekan mutasi, saldo, dan sebagainya melalui internet, Anda juga bisa melakukan transaksi lainnya tanpa ribet.

Jadi sebaiknya manfaatkan fasilitas dan kemudahan dalam bertransaksi dengan efektif dan efisien dengan menggunakan internet banking tanpa ribet perlu bolak-balik ke ATM.

Silahkan bagikan tips cara daftar internet banking BCA ini kepada teman-teman, kerabat, ataupun keluarga yang sedang membutuhkan panduang ini, terima kasih.

Tinggalkan komentar