Home » Tutorial » Cara Daftar Gmail di PC dan Smartphone dengan Mudah

Cara Daftar Gmail di PC dan Smartphone dengan Mudah

Tutorial

Cara Daftar Gmail – Email atau pesan electronic mail sudah bukan hal yang baru lagi bagi kebanyakan orang. Sebab, sekarang ada banyak kebutuhan yang mengharuskan Anda untuk menggunakan email.

Cara Daftar Gmail

Sebenarnya, ada banyak penyedia email yang bisa Anda gunakan. Namun, salah satu produk google yaitu Gmail adalah yang terlaris. Pasalnya Google lebih dipercaya dalam hal keamanan data.

Gmail sendiri memberikan banyak fitur-fitur terbaik yang bisa Anda manfaatkan dengan optimal. Untuk itu, tidak aneh jika banyak yang mencari cara daftar Gmail. Simak terus untuk mengetahui caranya.

Apa Saja Kegunaan dari Gmail?

  • Sebagai salah satu pilihan layanan surat elektronik, Gmail juga memiliki beberapa kegunaan atau manfaat, yaitu sebagai berikut.
  • Agar dapat mengakses seluruh layanan yang dimiliki Google. Misalnya saja untuk menggunakan Google Drive, Google Form atau mengaktifkan akun Google Play.
  • Sebagai media untuk mendaftarkan akun secara online. Ada banyak sosial media yang memudahkan penggunanya untuk mendaftar cukup dengan akun Gmail atau aplikasi yang Anda butuhkan.
  • Untuk mengaktifkan metode pembayaran misalnya saja akun Paypal dan akun pembayaran lainnya.
  • Untuk mendapatkan informasi dan mengelola bisnis.

Sebenarnya ada banyak manfaat atau kegunaan akun Gmail ini. Jadi, tidak ada salahnya Anda mengetahui bagaimana cara mendaftar Gmail.

Berikut ini saya bahas cara daftar gmail menggunakan berbagai perangkat, simak dibawah ini.

Cara Daftar Gmail di PC

Jika Anda menggunakan perangkat laptop atau komputer, maka Anda bisa mendaftar gmail dengan cara sebagai berikut:

Buka terlebih dahulu browser Anda dan ketikkan alamat www.gmail.com

Setelah Anda dibawa menuju halaman Gmail, maka buatlah akun baru dengan mengklik menu “create an account”.

BACA JUGA: Cara Membuat Email Keren dan Unik, Bukan Gmail!

Setelah form pembuatan email baru terbuka, maka Anda hanya perlu menulis dan mengisi data diri sesuai dengan kolom yang sudah disiapkan.

Pada bagian username, carilah nama user yang unik dan mudah diingat. Untuk keperluan profesional seperti pekerjaan dan sejenisnya lebih baik pakai nama pribadi dan hindari pakai username alay.

Jika kolom tersebut berubah menjadi merah dan ada peringatan “that username is taken. Try another” maka Anda harus menggantinya. Bisa cari username lain atau tambahkan 1-2 angka.

Setelah Anda berhasil mengisi semua kolom sesuai data yang dibutuhkan maka klik “next”.

BACA JUGA: Cara Membuat Lamaran Kerja dengan Email Beserta Contohnya

Anda akan dibawa menuju halaman lembaran persetujuan untuk mengetahui apakah Anda setuju atau tidak akan kebijakan Gmail. Anda harus memilih setuju agar akun Gmail anda berhasil dibuat.

Cara Daftar Akun Gmail di Smartphone

Jika Anda tidak memiliki PC, jangan berkecil hati. Anda bisa menggunakan smartphone Anda untuk mendaftar gmail. Berikut ini langkah-langkahnya:

Buka menu setting di smartphone Anda.

Cari ke bawah menu “account” dan klik menu “add account”. Anda juga bisa masuk ke Aplikasi Gmail dan pilih “Create New Account”.

BACA JUGA: Cara Menghapus Teman Facebook Sekaligus dengan Mudah dan Cepat

Setelah itu Anda akan diarahkan untuk membuat akun baru dan pilihlah icon Gmail kemudian pilih “create a new account”.

Isilah nama depan serta nama nama belakang Anda dan klik pilihan “next”. Kemudian Anda akan diarahkan untuk mengisi jenis kelamin dan tanggal lahir, selanjutnya klik tombol “next”.

Cari dan ketik username Anda. Jika sudah dibuat oleh pengguna lain maka carilah username baru.

Buatlah password yang mudah diingat, terdiri dari huruf kapital, angka dan huruf agar lebih sulit untuk di tebak.

BACA JUGA: Aplikasi Untuk Buat CV di Android

Konfirmasi persetujuan privasi yang dibuat oleh Google, konfirmasi username dan lewatkan bagian pembayaran jika Anda tidak memerlukannya.

Setelah beberapa saat maka sistem di Smartphone Anda akan memberikan Anda akses ke akun Gmail yang baru. Anda bisa menggunakan akun Gmail ini sesuai dengan kebutuhan.

Penutup

Itulah dia bagaimana cara daftar akun gmail baru tahun ini. Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan di bagikan ke teman, kerabat, atau keluarga Anda agar lebih bermanfaat lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *