Cara Cek Bantuan UMKM BRI dan Cara untuk Mencairkan Bantuan

Cara Cek Bantuan UMKM BRI – Anda pasti sudah sering mendengar tentang BPUM alias Bantuan Produktif Usaha Mikro, bukan? Sesuai dengan namanya, bantuan ini diberikan oleh pemerintah.

Cara Cek Bantuan UMKM BRI

Di maksudkan untuk menunjang dan membantu usaha kecil alias usaha mikro agar bisa berkembang dan bertahan dengan baik. Namun, sayangnya tidak semua tahu bagaimana cara ngecek bantuan BRI ini.

BACA JUGA: Peluang Usaha Agribisnis Modal Kecil untuk Skala Rumahan

Untuk itu, saya akan bahas tentang cara cek bantuan UMKM BRI yang bisa di dapatkan oleh pengusaha mikro tersebut. Saya juga menjadi salah orang yang mendapatkan bantuan ini.

Saya mendapatkan bantuan ini untuk mengembangkan usaha jasa milik saya yaitu IDBlog Media. Dana bantuan tersebut akan saya gunakan untuk promosi jasa yang saya tawarkan.

Apa Itu Bantuan UMKM BRI?

Ini merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah bagi pelaku usaha mikro kecil menengah dengan menggunakan jasa bank penyalur yakni BRI.

Sedangkan tujuan utama adanya bantuan ini terkait masalah pandemi covid-19 yang membuat banyak pelaku usaha mikro terkendala untuk melanjutkan usaha mereka.

Jadi, agar pelaku UMKM tetap bertahan di kondisi sulit seperti sekarang, pemerintah mengeluarkan kebijakan atas bantuan tersebut.

BACA JUGA: Peluang Usaha di Bidang Kuliner yang Menjanjikan

Tapi jangan salah kaprah, Anda tidak mendapatkan bantuan secara cuma-cuma. Melainkan untuk menyokong usaha Anda. Jika Anda tidak ada usaha, sebaiknya tidak mengikutinya.

Sebab, akan ada penyelidikan atau pemantauan secara berkala agar bisa memastikan penerima bantuan ini benar-benar orang yang menjalankan sebuah usaha mikro.

Bagaimana Cara Cek Bantuan UMKM BRI?

Setelah Anda mengetahui apa itu bantuan UMKM BRI, tentu Anda memerlukan informasi terkait cara untuk ngeceknya kan? Jangan khawatir, Anda bisa melakukannya dengan cara di bawah ini:

Buka salah satu browser di perangkat anda dan ketikan halaman : https://eform.bri.co.id/bpum

Setelah halaman tersebut berhasil dibuka, maka Anda harus memasukkan nomor KTP disertai dengan konfirmasi kode verifikasi yang tertera. Setelah itu klik “Poses Inquiry”.

BACA JUGA: Tips Memulai Usaha Kecil Untuk Pemula

Jika pengajuan Anda lolos, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Itu artinya Anda terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan Rp. 2.400.000.

Cek Penerima Bantuan BPUM

Syarat dan Cara Pencarian Bantuan UMKM

Setelah selesai mengecek, apabila Anda terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan tersebut. Maka, Anda bisa melakukan pencairan di Bank. Silahkan baca syarat-syaratnya di bawah ini.

Syarat untuk Mencairkan Bantuan UMKM BRI:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu ATM dan buku tabungan BRI. Jika tidak ada, maka Anda akan dibuatkan nantinya.
  • Membawa SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) atau bisa menggunakan surat kuasa dan surat pernyataan.

BACA JUGA: Cara Menjadi Reseller Sukses dengan Modal Kecil

Setelah syarat di atas Anda lengkapi maka anda bisa melakukan pencarian dana bantuan tersebut. Tata cara pencarian dana bantuan ini adalah sebagai berikut:

Lengkapi syarat untuk pencairan BLT yang sudah terlampir di poin sebelumnya.

Kunjungi cabang bank BRI terdekat agar Anda bisa mengajukan proses pencarian dana tersebut.

Jika Anda memang terdaftar sebagai salah satu penerima maka pihak bank BRI akan memproses pencarian dana bantuan tersebut.

Informasi Tambahan Bantuan UMKM BRI

Karena jumlah penerima bantuan UMKM BRI ini sangat banyak sekali, sepengalaman saya terjadi antre yang cukup panjang di Bank.

Ada ratusan orang yang melakukan pencairan sehingga Anda butuh waktu yang cukup lama. Jadi, pastikan Anda siapkan tenaga dan juga tetap patuhi protokol kesehatan.

Penutup

Demikianlah panduan cara cek bantuan UMKM BRI bagi Anda yang memiliki usaha mikro. Jika hasilnya belum terdaftar sebagai penerima, jangan berkecil hati.

Anda bisa mulai membuka usaha Anda dan kembali mengajukan pendaftaran jika gelombang pemberian bantuan selanjutnya di buka oleh pemerintah.

Leave a Reply