Cara Aktivasi BRI Mobile, SMS Banking dan Cara Menggunakannya

Cara Aktivasi BRI Mobile dan SMS Banking – Sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara daftar internet banking untuk BCA. Kali ini masih seputar registrasi, khususnya BRI.

Cara Aktivasi BRI Mobile

Seperti bank lainnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) terlibat dalam pengembangan layanan transaksi berbasis teknologi. Terutama karena BRI membeli satelit yang membuat cakupan layanannya lebih luas.

Sekarang semua pelanggan BRI dapat memanfaatkan BRI Mobile dengan berbagai aplikasi terbaru yang dapat membantu membuat transaksi perbankan lebih mudah karena dapat dilakukan di mana saja, kapan saja.

Bagi mereka yang terbiasa dengan internet banking, mungkin tidak ada masalah saat menggunakan aplikasi BRI Mobile. Namun, bagi yang belum, tentu butuh waktu untuk beradaptasi.

Cara Aktivasi BRI Mobile

Cara Aktivasi BRI Mobile

Sebelum masuk pada pembahasan bagaimana cara untuk melakukan aktivasi pada BRI Mobile dan SMS Banking, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan BRI Mobile.

Apa Itu BRI Mobile?

BRI Mobile adalah sebuah aplikasi yang digunakan melalui smartphone untuk mengakses beberapa layanan e-Banking BRI seperti Mobile Banking, Internet Banking, Call BRI, T-Bank dan lain sebagainya.

Dengan layanan seperti itu, tentu saja akan memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan setiap transaksi. Selain itu, Anda tidak dikenakan biaya untuk menggunakan BRI Mobile.

Berbeda hal jika menggunakan internet banking, dimana dalam transaksi yang Anda lakukan maka akan ada biaya m-Token sebesar Rp500.

Keunggulan dari BRI Mobile

BRI Mobile sangat mudah digunakan karena menggabungkan dua aplikasi dalam satu aplikasi. Selain itu, juga dapat diakses baik melalui jaringan internet GPRS/EDGE/3G/ Wi-Fi ataupun SMS.

Semua transaksi keuangan melalui BRI Mobile memiliki jaminan keamanan karena dilengkapi dengan nomor PIN, baik dalam mobile banking atau diberikan m-Token untuk layanan internet banking.

Aplikasi ini mendukung fungsi daftar pembayaran. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang melakukan pembayaran tagihan reguler atau pembayaran lain melalui rekening BRI.

BRI Mobile menyediakan layanan Daftar Transfer. Sehingga Anda tidak perlu mengisi nomor rekening berulang kali. Sangat cocok bagi mereka yang secara rutin harus mengirim uang ke nomor rekening BRI dan nomor non-BRI.

Fitur ATM Locator dari BRI Mobile akan membantu Anda menemukan lokasi ATM terdekat menggunakan GPS.

Keamanan transaksi difasilitasi oleh fitur Pemberitahuan Transaksi. Fitur ini adalah fitur opsional yang dapat digunakan untuk menyimpan notifikasi transaksi untuk nasabah.

Syarat dan Ketentuan BRI Mobile

  1. Anda harus memiliki rekening tabungan BRI. Jenis rekening tabungan dapat berupa Tabungan BRI Britama, Tabungan BRI Junior, Tabungan Giro BRI atau Tabungan BRI Simpedes.
  2. Setelah mendapatkan salah satu rekening di atas, Anda harus memiliki kartu ATM BRI yang masih aktif.
  3. Selain itu, untuk melakukan transaksi keuangan melalui BRI Mobile, Anda juga harus mendaftar untuk layanan mobile banking dan internet banking melalui ATM dan unit kerja BRI.
  4. Untuk memfasilitasi proses pendaftaran, Anda harus langsung pergi ke cabang BRI terdekat untuk mendaftarkan semua fitur tersebut. Pegawai bank akan memandu Anda sampai selesai.

Jika Anda belum memiliki aplikasi BRI Mobile,silahkan download gratis di playstore ataupun apps store.

Cara Daftar dan Aktivasi BRI Mobile

Sebelum Anda bisa menggunakan BRI Mobile, Anda harus mengaktifkan SMS Banking dan layanan internet banking dengan mendaftar di kantor BRI tempat Anda membuat rekening.

Anda juga dapat mendaftar internet banking melalui ATM dan mengaktifkan internet banking ke kantor BRI di kemudian hari. Walaupun belum diaktifkan, tapi Anda sudah dapat melakukan cek mutasi, cek saldo, dan lain-lain.

Tapi, Anda belum bisa menggunakan BRI Mobile. Untuk bisa mulai menggunakan BRI Mobile, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke internet banking BRI dengan mengakses https://ib.bri.co.id/.
  2. Setelah itu, silahkan cari menu “Daftar BRI Mobile“.
  3. Isi semua data yang diperlukan, konfirmasi data dan transaksi selesai.
  4. Jika tahap diatas telah selesai, silahkan logout (keluar) dari akun Anda.
  5. Segera lakukan pengecekan pesan masuk di ponsel Anda dan klik link download aplikasi BRI Mobile yang diberikan dalam pesan tersebut.
  6. Buka aplikasi yang telah di download tadi dan Anda akan diberikan pilihan layanan seperti info BRI, internet banking, mobile banking, call BRI, dan sebagainya.
  7. Silahkan Anda pilih Internet BRI jika ingin menggunakan internet untuk melakukan transaksi.
  8. Setelah itu, pilih aktivasi IB Mobile BRI.
  9. Jika prosesnya sukses, maka Anda akan mendapatkan SMS yang berisi pesan bahwa BRI Mobile Anda telah berhasil di aktivasi dan siap digunakan untuk transaksi keuangan.

Cara Mendaftar SMS Banking BRI

Untuk melakukan pendaftaran SMS Banking BRI ada 2 opsi yang bisa Anda pilih yaitu, langsung mendaftar ke unit kerja BRI atau dengan cara mendaftar melalui ATM BRI.

Mendaftar Melalui Unit Kerja BRI

Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot, Anda bisa melakukan registrasi SMS Banking di unit kerja BRI (Kantor cabng, KCP, KK dan Unit) agar dapat melakukan transaksi finansial dengan SMS Banking.

Prosesnya sangat mudah, Anda hanya perlu datang ke unit kerja BRI, lalu mengisi formulir registrasi SMS Banking dengan melampirkan fotokopi KTP dan juga kartu ATM BRI.

Mendaftar Melalui ATM

Untuk Anda yang tidak ingin mengantri di Bank, Anda bisa melakukan pendaftaran sendiri melalui ATM, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pergi ke ATM BRI dan masukan PIN seperti biasa.
  2. Selanjutnya, pilih menu Transaksi Lain.
  3. Kemudian silahkan Anda pilih menu Registrasi.
  4. Pada menu yang ditampilkan, pilih SMS Banking.
  5. Setelah itu, Anda akan diminta untuk membuat PIN sebanyak 6 digit (boleh beda dengan PIN ATM).
  6. Setelah selesai, maka Anda akan menerima struk yang berisi informasi bahwa Anda telah berhasil melakukan pendaftaran.

Fitur Layanan SMS Banking BRI

  1. Melakukan pengecekan informasi saldo dan SMS Info.
  2. Layanan pembayaran tagihan seperti PLN, Telkom, Pembayaran Zakat YBM BRI, Kartu Halo, Matrix dan lain sebagainya.
  3. Melakukan transfer baik sesama BRI ataupun bank lain.
  4. Melakukan pengisian ulang pulsa atau SMS Prepaid (Telkomsel, XL, IM3, Axix dan lain sebagainya).

Cara Menggunakan SMS Banking BRI

Untuk memberikan layanan yang maximal kepada semua nasabah, BRI memberikan dua jenis layanan SMS Banking, yaitu:

  • Layanan SMS Banking yang berbasis menu, yaitu menggunakan menu sebagai perintah untuk melakukan transaksi.
  • Plain Text, yaitu layanan SMS Banking dengan cara mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.

Berikut cara penggunaan atau mengirimkan SMS dengan format mengirimkan pesan ke nomor 3300.

Jenis TransaksiFormat SMSContoh
Melakukan Transfer ke Sesama Bank BRITRANSFER (spasi) BRI+Rekening tujuan (spasi) NOMINAL (spasi) PINTRANSFER BRI123451234567890 700000 123456
Melakukan Transfer ke Bank LainTRANSFER (spasi) Kode Bank Tujuan + Nomor Rekening (spasi) NOMINAL (spasi) PINTRANSFER 008123456789 1000000 123456
Cara Melakukan Cek SaldoSALDO (spasi) PINSALDO 123456
Cara Membeli Pulsa Token Listrik PLNBELI (spasi) PLNPRE (spasi) ID PLN (spasi) NOMINAL (spasi) PINBELI PLNPRE 3921417091032 200000 123456
Cara Membeli Pulsa SelulerPULSA (spasi) HP (spasi) NOMINAL (spasi) PINPULSA 08123456789 100 123456

Penutup

Itulah dia langkah-langkah bagaimana cara aktivasi BRI Mobile, SMS Banking dan juga bagaimana cara menggunakan keduanya untuk transaksi.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat,silahkan share kepada teman, keluarga, atau kerabat Anda agar memberi lebih banyak manfaat lagi, terima kasih.

Tinggalkan komentar