Cara Buat Blog Agar Menarik dan Efektif

Buat Blog Lebih Menarik dan Efektif – Halo semuanya, saya tidak akan membagikan bagaimana cara membuat widget atau template blog yang keren, melainkan hanya tips sederhana yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Buat Blog Lebih Menarik

Ketika seseorang mengunjungi blog Anda maka yang dicari adalah sebuah informasi yang mereka butuhkan. Bukan apakah tampilan blog Anda menarik atau sempurna.

So, memang kita sebagai blogger ingin buat blog lebih menarik agar pembaca lebih nyaman dan betah berlama-lama membaca artikel diblog kita.

Baca Juga : Kesalahan Blogger Yang Fatal

Dengan alasan seperti itu, sebagai blogger kita tidak boleh melupakan bagaimana isi dari konten yang kita buat. Tak jarang blogger lebih pusing memikirkan tampilan blognya daripada apa isi dari blognya.

Sebuah studi interaksi manusia dan komputer menunjukan bahwa rata-rata orang memiliki waktu 1 menit mempertimbangkan untuk menutup sebuah web atau blog.

Kasus seperti itu disebabkan karena loading blog yang sangat lambat, tampilan berantakan, widget yang berlebihan dan lain lainnya.

Jika ini terus terjadi maka orang yang pernah singgah akan enggan lagi singah karena di beri pelayanan yang kurang memuaskan.

Lalu Bagaimana caranya untuk buat blog lebih menarik dan efektif?

Buat Blog Lebih Menarik dan Efektif

1. Hilangkan Widget Tak Penting

Tak jarang beberapa blogger menambahkan sangat banyak widget yang bertujuan agar tampilan blognya terlihat menarik. Padahal malah sebaliknya, widget yang berlebihan akan berpengaruh pada blog kita, saya sudah pernah membahasnya disini

Baca : Efek Buruk Widget Yang Berlebihan

Adapun beberapa jenis widget yang tidak dibutuhkan seperti jam, kalender,musik, statistik blog anda dan lain sebagainya. Mereka gk butuh itu semua, yang mereka butuhkan hanyalah sebuah informasi.

So hapuslah widget yang tidak perlu tersebut. mungkin kamu salah informasi tentang Buat Blog Agar Menarik Dan Efektif

2. Tulisan dan Gambar

Saya sendiri masih sering salah dalam hal ini, Blog memang menyajikan tulisan dan gambar agar pengunjung mendapatkan informasi secara mendetail.

Tapi untuk menulis dengan minim kesalahan menurut saya butuh latihan yang cukup karena menulis membutuhkan ejaan, tanda baca, suku kata yang benar. Kadang kala kita melakukan kesalahan dalam penulisan.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel Cepat dan Mudah

Cobalah periksa konten sebelum di publish dan jika sebuah konten memang membutuhkan gambar, maka gunakanlah, karena gambar dapat membantu pembaca untuk lebih mudah memahami isi dari konten Anda.

3. Periksa Broken Link Di Blog

Terkadang tidak semua Link dalam blog kita dapat di akses dengan benar karena terjadi yang namanya Broken Link atau link mati atau link yang sudah tidak aktif.

Jika terjadi broken link maka pengunjung halaman anda akan di arahkan kehalaman kosong, Biasanya muncul tulisan “Page Not Found” atau halaman tidak ditemukan.

Jika sering terjadi Broken link maka pengunjung anda akan merasa kecewa karena tidak mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Solusinya ya anda harus sering sering cek link yang ada di blog anda apakah masih aktif atau sudah dalam keadaan mati, broken link akan berpengaruh buat blog lebih menarik dan SEO.

4. Menghindari Copy Paste

Sudah banyak sekali Blogger yang membagikan infomasi tentang larangan copas, karena jeripayah mereka digunakan seenak jidat si plagiator.

Didunia Blogger sudah sangat sering terjadi seperti ini karena beranggapan itu adalah hal biasa dan wajar wajar saja dilakukan, padahal sebaliknya.

Baca Juga : Cara buat artikel unik dan berkualitas

Sebuah konten dari hasil copas akan susah untuk muncul di permukaan, walaupun tak jarang ada saja artikel copas yang muncul di page one google.

Selain susah muncul, konten copas juga akan membuat kredibilitas pemilik blog menurun, efeknya walaupun anda sudah membuat konten yang asli dari anda maka akan di cap sebagai hasil copas juga.

5. Fastest Blog

Blog yang diload dengan cepat lebih disenangi oleh pembaca, karena mereka tidak perlu waktu lama untuk membaca infomasi yang di butuhkannya.

Selain itu blog dengan loading yang cepat juga disukai google sehiingga banyak kemungkinan akan muncul pada halaman pertama google.

Mobile Friendly juga menjadi faktor agar blog anda lebih efektif dan menarik untuk pembaca.

Pada zaman sekarang orang tidak perlu membeli komputer untuk mengakses internet, hanya cukup bermodalkan sebuah smartphone dan Paket.

Intinya Bloggerlah yang mengikuti perkembangan kebutuhan pembaca bukan Pembaca yang mengikuti perkembangan blog kita.

Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan tentang bagaimana Buat Blog Lebih Menarik Dan Efektif semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar