Cara Buat Blog Self Hosted Secara Gratis

Buat Blog Self Hosted Gratisan – Halo semuanya, semalam saya sedang coba coba membangun website gratis dengan hanya bermodalkan jaringan internet.

Daripada ilmu sederhana itu saya pendam sendiri lebih baik dibagikan siapa tau ada yang membutuhkan. Hanya dengan bermodalkan hosting gratisan kita sudah dapat meiliki blog di WordPress.

Namun karena gratisan jadi Bandwidht dan fitur lainya juga terbatas, Jika ingin yang lebih baik dapat menggunakan yang berbayar.

Baca Juga : Panduan untuk Blog Baru Selft Hosting Versi Berbayar

Baiklah berikut ini tutorial cara untuk buat blog self hosted secara gratis.

Cara Buat Blog Self Hosted Secara Gratis

1. Mendapatkan Hosting Gratisnya

Silahkan Anda persiapkan hostingnya terlebih dahulu, Disini saya order hosting gratis di Idhostinger, Contoh gambar bisa dilihat dibawah ini.

Buat Blog Self hosted

2. Melakukan Pendaftaran

Setelah Anda order domain maka langkah selanjutnya Anda akan mengisi data seperti domain dan password.

Silahkan Anda pilih jenis subdomain (jika memiliki domain bisa gunakaan domain pribadi) dan masukan url yang ingin Anda buat dan pilih sub domain yang di inginkan, setelah itu pilih lokasi server dan mengisi password terakhir klik lanjutkan.

Membuat self hosted Gratis

3. Install WordPres

Jika hosting Anda sudah aktif maka langkah selanjutnya adalah silahkan Anda cari Auto Installer, lalu ketikan “WordPress” di search box, silahkan klik logo wordpress nya maka proses intsal akan otomatis berjalan.

Buat Website gratisan
Pilih WordPress Di Idhostinger

Tunggulah sampai proses instal selesai kurang lebih 5-30 menit namun semua tergantung dari speed jaringan Anda.

Instal WordPress

Sembari menunggu website Anda di wp rampung anda bisa melihat tampilan dari web anda dengan mengunjungi situs yang baru saja anda buat.

Untuk login admin sama seperti biasa hanya dengan menambahkan /wp-admin dibelakang URL Anda. Contohnya saja urls saya http://kayagitu.zz.mu menjadi http://kayagitu.zz.mu/wp-admin.

Silahkan login dengan username dan password Anda. Beginilah tampilan dari dashbord wordpress, terlihat keren bukan.

Dashbord WordPress Terbaru

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan tentang bagaimana cara untuk membuat website wordpress secara gratis.

Jika ada yang ingin ditanyakan mungkin bisa melalui kolom kometar. saya juga belum mengenal jauh tentang wordpress jadi jika ada pertanyaan yang kurang bisa saya atasi mohon di maklumi, Terima Kasih.

Tinggalkan komentar