Aplikasi Teleconference untuk Rapat dari Rumah dengan Smartphone

Dengan menyebarnya virus corona di Indonesia, aplikasi teleconference untuk rapat banyak dicari saat ini. Karena pemerintah juga mendesak perusahaan dan pekerja untuk menerapkan work from home atau kerja dari rumah.

Aplikasi Teleconference untuk Rapat

Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Meskipun Anda tidak dapat bertemu secara langsung, Anda tetap bisa saling terhubung dengan menggunakan aplikasi rapat atau teleconference.

Ada banyak aplikasi teleconference yang tersedia baik untuk pengguna Android ataupun iOS. Saya telah merangkum beberapa aplikasi untuk rapat yang menurut saya simple dan mudah untuk digunakan, yaitu sebagai berikut:

5 Aplikasi Teleconference untuk Rapat

1. Google Meet

Google memang memiliki banyak sekali layanan, dan salah satunya adalah aplikasi Google Meet atau hangout meet. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan percakapan secara online.

Baca juga: Aplikasi Wajib untuk Membantu Mahasiswa

Kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda dapat melakukan rapat secara online dengan jumlah pengguna mencapai 250 orang sekaligus dalam panggilan video. Tentu ini jumlah yang sangat banyak.

Aplikasi ini dilengkap dengan sejumlah fitur lain yang disediakan oleh google seperti menampilkan caption menggunakan teknologi text-to-speech dan jadwal rapat yang terintegrasi dengan Google Calender.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya melalui Google Playstore, Appstore, dan Anda juga bisa mengaksesnya melalu website dengan mengetikan url meet.google.com.

2. Skype

Aplikasi ini adalah rancangan dari Microsoft dan dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara ataupun video. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengundang 25 orang dalam sekali panggilan.

Tidak seperti aplikasi lain, Skype dapat diakses dari berbagai perangkat, termasuk komputer (PC dan laptop), telepon pintar, dan juga smart TV.

Skype juga dapat digunakan sebagai media obrolan teks, baik secara individu atau dalam kelompok, dan mendukung layanan panggilan suara untuk nomor ponsel atau telepon rumah.

3. WhatsApp dan Instagram

Rata-rata penduduk Indonesia pasti memiliki kedua aplikasi miliki Facebook ini. Aplikasi ini memang dikenal karena dapat melakukan chat, panggilan suara, dan juga video call.

Jika pada umumnya, Anda hanya melakukan chat, telpon, dan video call pada teman, pacar, atau kerabat Anda. Sebanarnya Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan rapat.

Baca juga: 10 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android

Namun, aplikasi ini hanya menyediakan 4 slot (sudah termasuk Anda) untuk melakukan video call. Bukan jumlah yang besar memang untuk melakukan rapat dengan jumlah user yang banyak.

Tapi, jika hanya untuk rapat kecil-kecilan, Anda bisa manfaatkan kedua aplikasi ini. JIka Anda tidak memiliki aplikasi ini, Anda bisa download secara gratis di playstore ataupun appstore.

4. Facetime

Aplikasi teleconference untuk rapat berikutnya adalah sebuah aplikasi yang bernama Facetime. Bagi Anda yang pengguna produk Apple tentu tidak asing dengan aplikasi ini.

Facetime adalah aplikasi panggilan video untuk produk-produk dari ekosistem Apple, seperti iPhone, iPad, dan Pod Touch. Facetime dapat menampung hingga 32 orang dalam satu panggilan video.

Tidak hanya kamera depan, pengguna Facetime juga dapat menggunakan kamera belakang untuk menunjukkan suatu objek di depan mata mereka secara real time kepada peserta panggilan video.

5. Slack

Slack adalah aplikasi obrolan grup yang dapat digunakan untuk berkomunikasi pada suatu topik. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk berbagi dokumen dan konferensi video hingga 15 orang.

Baca juga: Aplikasi untuk Membuat CV Menggunakan Android

Slack terintegrasi dengan berbagai alat dan jaringan sosial untuk memudahkan pengguna mengirim file dan memantau proses kerja, seperti Google Drive, Dropbox dan Twitter.

Salah satu fitur hebat dari Slack adalah fitur pencarian yang dapat digunakan untuk mencari atau menjelajahi topik atau percakapan yang sebelumnya diadakan.

Penutup

Itulah dia 5 aplikasi teleconference untuk rapat dari rumah hanya dengan menggunakan smartphone yang bisa Anda gunakan selama masa lock down ini dan terus ikuti apa yang direkomendasikan oleh pemerintah.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada teman-teman, kerabat, atau follower Anda agar bisa lebih bermanfaat lagi, terima kasih dan stay safe everyone.

Tinggalkan komentar