7 Aplikasi Scan di Android dan iOS Gratis

Aplikasi scan atau scanner adalah sebuah perangkat lunak yang umumnya disandingkan dengan komputer dan printer. Namun, saat ini scanner juga tersedia untuk Android dan iOS.

Aplikasi Scan untuk Android dan iOS

Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi pada smartphone dan pertumbuhan pengguna yang besar. Smartphone bukan lagi hanya untuk sosial media atau sekadar chatting.

Smartphone telah berubah menjadi peyedia berbagai kemudahan seperti alat untuk video editing, perekam gambar dan video, bahkan sampai bisa jadi alat scaning yang canggih.

Aplikasi Scan untuk Android dan iOS

Namun, untuk melakukan scaning di smartphone berbasis Android atau iOS, Anda butuh tambahan aplikasi scan. Dimana fungsi utamanya adalah untuk mendigitalkan sebuah dokumen.

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Korea, Nonton Drakor Bebas Subtitle!

Penasaran aplikasi apa saja yang dapat Anda gunakan untuk scanning di Android dan iOS? Simak rekomendasi dibawah ini:

1. CamScanner: Scan ke PDF, Word, Excel, Foto, Gratis

Aplikasi scan terbaik yang pertama adalah CamSacnner. Aplikasi ini dapat Anda gunakan sebagai scanner portable, mesin faks, konverter PDF, hingga menjadi platform berbagai docs.

CamScanner telah digunakan lebih dari 400 juta pengguna dari berbagai negara. Bahkan aplikasi ini juga terus mendapatkan penambahan jumlah pengguna setiap harinya.

Jika Anda memiliki dokumen kantor yang perlu di pindai, tapi sedang tidak berada di kantor, aplikasi ini adalah salah satu solusinya. Selain cepat dan mudah, hasil scannya juga bagus.

Baca juga: Aplikasi Desain Grafis Terbaik Mulai Gratis Hingga Berbayar

Aplikasi ini tersedia dalam 2 versi yaitu gratis dan juga berlangganan. Untuk versi gratis, Anda akan mendapatkan fitur-fitur scan standar. Sedangkan untuk berlangganan, dapat fitur fullnya.

2. Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator

Selain dikenalan menyediakan berbagai software grafis, Adobe Company juga memiliki aplikasi scan yang dapat digunakan pada Android ataupun iOS. Segala macam file dapat di scan disini.

Dengan Adobe Scan, Anda dapat merubah catatan, dokumen, photos, kartu pengenal, hingga tulisan di papan tulis menjadi PDF, doc, dan sebagainya. Aplikasi ini juga tersedia versi gratisan.

Namun, bagi Anda yang kurang familiar dengan Adobe mungkin akan sedikit bingung dengan tools yang terdapat di dalamnya. Hal ini bisa Anda pelajari seiring Anda menggunakannya.

3. Microsoft Office Lens – PDF Scanner

Seperti yang kita ketahui bahwa Miscrosoft adalah salah satu software pengolahan data yang paling banyak digunakan. Bukan hanya word dan excel, ternyata Microsoft juga ada PDF Scanner.

Baca juga: Aplikasi Untuk Membuat Vector di Android Gratis dan Mudah

Office Lens dapat digunakan untuk memindai dokumen Anda menjadi file digital seperti gambar jadi PD, Word, bahkan PowerPoint. Selain itu, Anda juga dapat membagikannya dengan mudah.

Aplikasi scan satu ini memberikan kemudahan dalam penggunaan, hasil yang rapi, fitur yang canggih, serta dapat digunakan kapan dan dimana saja. Anda dapat unduh aplikasi ini gratis.

4. Tiny Scanner – PDF Scanner App

Apakah smartphone Anda memiliki penyimpanan yang kecil? Tenang saja Tiny Scanner memiliki ukuran aplikasi yang ringan atau kecil. Sesuai namanya, aplikasi ini hanya berukuran 19Mb saja.

Dengan aplikasi yang ringan ini, Anda sudah bisa merubah smartphone Android atau iOS menjadi scanner dokumen. Selain itu, aplikasi ini terbilang cepat dan user interface yang mudah.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Foto dan Video untuk Buat Konten yang Menarik

Tiny Scanner juga memiliki fitur untuk mendeteksi tepi halaman, pengaturan ukuran halaman (Letter, A4, dan sebagainya). Anda pun dapat mengunci file Anda dengan password.

5. My Scans – Best PDF Scanner

Aplikasi scan berikutnya adalah My Scans dari The App Studio. Ia juga memiliki fungsi dan fitur yang hampir sama dengan beberapa aplikasi sebelumnya dan telah di unduh lebih dari 1jt kali.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk scan invoice, kontrak, whiteboard, memo, artikel, hingga sertifikat. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah adanya multiple page pada dokumen.

My Scans membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 81MB untuk bisa digunakan. Namun, ukuran tersebut sesuai dengan fitur-fitur dan kemudahan yang ditawarkan.

6. Aplikasi TurboScan: Scan Documents and Receipts in PDF

Scanner untuk Android dan iOS berikutnya adalah TurboScan. Sesuai dengan namanya “Turbo” aplikasi ini dapat melakukan scan pada dokumen Anda dengan sangat cepat.

Baca juga: Aplikasi Wajib untuk Mahasiswa Agar Kuliah Lebih Lancar

Dengan kecepatannya, membuat TurboScan menjadi salah satu pilihan banyak orang yang membutukan scanner yang handal, mudah, hasil scan yang bagus, dan juga cepat.

Dengan kecanggihan fitur yang ditawarkan, tentunya ada keterbatasan untuk versi gratisnya. Untuk versi gratis, Anda hanya mendapatkan 3 kali scan dan mengirim file.

7. Aplikasi iScanner: Scan Documents ke PDF

Aplikasi ini merupakan pemindai PDF gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengubah smartphone Android atau iOS Anda menjadi scanner dengan OCR text recognition.

Dengan iScanner, Anda dapat dengan mudah untuk melakukan pemindaian, menyimpan, ataupun membagikan hasil scan. Format file yang di dukung juga banyak seperti PDF, JPG, Txt, dan sebagainya.

iScanner juga telah di unduh lebih dari 10 juta kali dan mendapatkan rating 4,5 di Play Store. Ukuran aplikasi ini terbilang cukup besar yaitu 183Mb dan minimal versi Android Anda 7.0.

Penutup

Itulah dia beberapa aplikasi scan untuk Android dan iOS yang dapat Anda unduh di Play Store ataupun App Store. Pilih salah satu aplikasi yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan di share agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya, terima kasih.

Satu pemikiran pada “7 Aplikasi Scan di Android dan iOS Gratis”

Tinggalkan komentar