7 Aplikasi Edit Foto dan Video untuk Buat Konten yang Menarik

Aplikasi Edit Foto dan Video – Disaat seperti saat ini, dimana semua bekerja dari rumah, puasa juga hanya berdiam diri dirumah, dan sampai saat ini sudah hampir 2 bulan lamanya, tentu rasa bosan sudah muncul.

aplikasi edit foto dan video

Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan atau belajar sesuatu yang baru. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah belajar edit foto ataupun video.

Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Anda juga dapat lebih mempercantik konten Anda, baik itu di Instagram, YouTube, ataupun media sosial lain yang Anda gunakan.

Baca juga: Aplikasi Desain Grafis Android dan PC

Sebelum memulai edit foto dan video, tentu saja Anda membutuhkan tools atau aplikasi yang dapat Anda melakukannya. Berikut ini saya telah merangkum beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan.

7 Aplikasi Edit Foto dan Video

Beberapa aplikasi edit foto dan aplikasi edit video ini dapat Anda unduh secara gratis di playstore untuk pengguna Android ataupun appstore untuk pengguna iOS. silahkan lihat list dibawah ini.

Aplikasi untuk Edit Foto

1. FotoRus – Photo Editor,Photo Collage,Photo Beauty

Salah satu aplikasi edit foto yang terbilang sangat mudah untuk digunakan adalah FotoRus ini. Aplikasi ini dikatakan mudah untuk digunakan karena memiliki user interface yang sederhana.

Pada pertama dibuka, FotoRus akan langsung menampilkan pilihan untuk melakukan edit foto. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi yang satu ini.

  1. Menambahkan efek dan juga bingkai pada foto Anda.
  2. 1000+ Entertainment options.
  3. Menambah efek neon.
  4. Memberikan efek yang membuat wajah Anda lebih cantik.
  5. Dan lain sebagainya.

Sedangkan dari segi fitur yang disediakan oleh FotoRus adalah sebagai berikut ini:

  1. Menambahkan keseimbangan warna didalam foto.
  2. Melakukan edit, cut, atau rotate pada foto.
  3. Menajamkan atau membuat efek blur pada foto.
  4. Background editing.
  5. Dan lain sebagainya.

Baca juga: Aplikasi Wajib untuk Mahasiswa Agar Kuliah Lebih Lancar

Dengan segudang fitur didalamnya, tentu saja ukuran aplikasi ini cukup besar, yaitu sekitar 115MB. Namun, hal tersebut bukanlah hal yang perlu di khawatirkan mengingat fitur yang diberikan juga cukup banyak.

2. Foto Grid – Editor Foto dan Kolase Foto

Foto Grid menjadi salah satu aplikasi edit foto di Android yang dikembangkan oleh Inshot inc. Aplikasi ini juga sama seperti FotoRus, yaitu memiliki interface yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Dengan aplikasi ini, Anda akan sangat mudah untuk membuat tata letak foto, mengedit kolase dengan filter, stiker, teks, dan masih banyak fitur lainnya lagi. Berikut ini beberapa fitur dari Foto Grid.

  1. Membuat kolase foto hingga 18 foto.
  2. Memiliki 100+ bingkai yang bisa digunakan.
  3. Mengubah rasio kolase dan mengeditnya.
  4. Memotong dan mengedit foto dengan bergai filter dan teks.
  5. Dan lain sebagainya.

Aplikasi ini sendiri mendapatkan rating yang sangat tinggi, yaitu 4,8 dari total ratusan ribu feedback dari penggunanya. Selain itu, feedbacknya juga memberikan kesan baik terhadap aplikasi ini.

3. PicsArt Photo Editor: Pic, Video and Collage Maker

Jika aplikasi sebelumnya hanya dapat digunakan untuk edit foto, beda halnya dengan aplikasi PicsArt. Aplikasi ini selain dapat digunakan untuk mengedit foto, juga dapat digunakan untuk mengedit video.

Baca juga: Aplikasi Untuk Buat CV di Android

PicsArt sendiri dapat diunduh baik di App Store ataupaun Playstore. Aplikasi ini mendapatkan rating 4,3 dari 9 juta lebih lebih pengguna mereka. Jadi rata-rata penggunanya menyukai aplikasi ini.

Fitur-fitur yang diberikan PicsArt juga beragam, contohnya seperti:

  1. Free sticker dan sticker maker.
  2. Magic effects.
  3. Collage maker and grids.
  4. Drawing.
  5. Dan lain sebagainya.

PicsArt juga menawarkan lebih dari 100 template yang bisa Anda gunakan. Tapi, yang lebih menariknya lagi, PicsArt memiliki komunitas yang besar dari seluruh dunia. Anda juga dapat bergabung didalamnya.

Caranya cukup membuat akun dan bergabung kedalam komunitas. Setelah itu, Anda dapat membangikan hasil karya atau edit foto Anda kedalam aplikasi tersebut. Interfacenya layaknya feed medsos lainnya.

4. Unfold – Story Templates

Aplikasi Unfold ini sangat cocok bagi Anda yang ingin terlihat lebih keren dan memiliki konten yang menarik saat menggunakan fitur story baik itu di Instagram, Facebook, WhatsApp, maupun yang lainnya.

Apa saja fitur yang Anda dapatkan? Lihat dibawah ini.

  1. Free Templates and Collages
  2. Fonts and Text Editor
  3. Filters and Effects
  4. Unfold Camera
  5. Dan sebagainya.

Untuk menggunakannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengunduhnya di Appstore ataupun playstore. Tidak perlu akun, tidak perlu login dengan Instagram, facebook, email, dan sebagainya.

Aplikasi untuk Edit Video

5. Video Editor and Video Maker – InShot

Untuk pengeditan video, saya sangat menyukai menggunakan aplikasi Inshot ini. Selain penggunaannya sangat mudah, aplikasi ini juga memberikan fitur yang cukup lengkap dan membantu dalam pengeditan.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Android untuk Pemula

Berikut ini beberapa fitur dari InShot:

  1. Video Trimmer, Video Cutter and Video Splitter.
  2. Video Merger and Video Joiner
  3. Music, Sound effects and Recorder
  4. Video Filters and Video Effects
  5. Dan masih banyak fitur lainnya.

Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan, sehingga sangat cocok bagi seorang pemula atau bagi Anda yang ingin belajar mengedit video maka install saja aplikasi ini di smartphone Anda dan memulainya.

Dengan kemudahan dan fitur terbaik yang diberikan, membuat aplikasi ini mendapatkan rating 4,8 di playstore dengan jumlah feedback yang diterima dari penggunanya hampir mencapai 6 juta.

6. FilmoraGo – Free Video Editor

Aplikasi edit video berikutnya jatuh kepada FilmoraGo, karena saya sudah merasakan bagaimana mudahnya menggunakan aplikasi ini. Selain itu, fitur yang diberikan juga sangat banyak.

Baca juga: Cara Membuat Intro Video Online Gratis Tanpa Watermark

FilmoraGo menjadi salah satu aplikasi editing video di Android yang mendapatkan rekomendasi dari Play Store, karena ia memiliki ragam fitur editing yang lengkap dan juga user interface yang baik.

Beberapa fitur yang diberikan di FilmoraGo:

  1. Mix photo and video.
  2. Template and Effects
  3. Music and voice over.
  4. Transition.
  5. Dan masih banyak lagi lainnya.

Aplikasi ini bisa Anda download secara gratis di playstore dengan bobot aplikasi sekitar 37MB. FilmoraGo juga mendapatkan rating 4,0 di playstore dengan feedback yang baik dari sejumlah penggunanya.

7. KineMaster – Video Editor, Video Maker

JIka Anda ingin membuat video yang terlihat profesional dari handphone Anda, Kinemaster adalah salah satu aplikasi yang wajib Anda coba, karena aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap.

Berikut ini fitur dari Kinemaster:

  1. Reverse videos
  2. Blending modes to create startling, beautiful effects
  3. Add voiceovers, background music, voice changers, and sound effects
  4. Editing tools to trim, splice, and crop your video.
  5. And many more.

JIka Anda ingin menghilangkan watermark dari aplikasi ini, Anda harus menggunakan yang versi premium. JIka Anda berlangganan premium, maka Anda mendapatkan semua fitur lengkapnya.

Penutup

Itulah dia tadi 7 aplikasi edit foto dan juga video yang bisa Anda gunakan untuk menyalurkan kreatifitas Anda. Silahkan gunakan aplikasi yang menurut Anda paling sesuai kebutuhan.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan dibagikan kepada teman-teman ataupun kerabat Anda. Terima Kasih.

Tinggalkan komentar