Aplikasi Desain Grafis Android dan PC

Aplikasi Desain Grafis di Android dan PC – Bagi Anda yang memiliki minat untuk belajar desain grafis, tentu aNDA membutuhkan tools/software untuk memulai. Ingin tahu apa saja? teruskan membaca.

Selain menggunakan PC, sekarang Anda juga bisa menggunakan software/tools desain grafis ini di smartphone Android kesayangan Anda. Cukup dengan melakukan install di playstore, Anda sudah siap.

Tentu saja ini akan membantu Anda yang ingin belajar, coba-coba, atau bahkan membuat logo untuk website, bisnis kecil dan sebagainya. Namun, sebelum itu ketahui dulu apa itu desain grafis.

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah sebuah keahlian dalam membuat konten untuk mengkomunikasikan sebuah pesan dengan menggunakan elemen visual, ilustrasi, fotografi, serta tipografi.

Desainer grafis (Seorang desain grafis) menggunakan semua elemen untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna dan fokus pada logika untuk menampilkan elemen dalam desain yang interaktif.

Fungsi Desain Grafis

Saat ini seorang desainer grafis (Orang yang membuat desain grafis) sangat dibutuhkan baik perorangan, bisnis, startup, dan sebagainya. Lalu, apasih fungsi dari desain grafis? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Menyampaikan informasi atau pesan dengan mudah.
  • Sebagai media untuk melakukan promosi.
  • Media untuk bisa menghasilkan uang.
  • Sebagai media penyaluran hobi dari desainer grafis.
  • Membantu bisnis untuk membuat desain.
  • Media untuk meningkatkan keindahan dan estetika.

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Menjual Jasa

Aplikasi Desain Grafis di Android

Setelah Anda mengetahi pengertian apa itu desain grafis dan fungsi dari desain grafis itu sendiri. Sekarang Anda harus tahu apa saja aplikasi yang dapat Anda gunakan di Android untuk membuat desain grafis.

1. Adobe Photoshop Express

Jika mendengar kata Photoshop, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut. Ya! Photoshop memang sudah ada sejak lama untuk pengguna PC.

Namun, saat ini Anda juga bisa menggunakannya di Android. Tidak jauh berbeda dengan versi di PC, Anda juga bisa membantu Anda membuat desain secara cepat dan mudah.

Aplikasi ini memberikan berbagai fitur, alat, dan efek yang lengkap dan bisa Anda gunakan dengan sangat mudah. Anda bisa mulai dengan text, edit warna, gambar dan sebagainya.

Fitur-Fitur Adobe Photoshop Express:

  • Perbaiki gambar secara otomatis.
  • Menghilangkan noise atau bintik-bintik pada gambar.
  • Menambahkan efek buram/blur pada gambar.
  • Menyesuaikan stiker, meme, keterangan, dll.
  • Serta masih banyak lainnya.

Baca juga: Software Video Editing Gratis untuk Linux dan Cara Installnya

Aplikasi satu ini masih menjadi primadona dikalangan desainer grafis. Sehingga, Anda wajib untuk mencoba menggunakannya untuk menghasilkan desain yang indah dan menakjubkan.

2. Desygner: Desain Grafis, Foto, dan Editor Gratis

Aplikasi yang kedua adalah Desygner. Desygner menawarkan gambar profesional yang bebas untuk digunakan alias tanpa royalti. Dalam arti kata lain, ini gratis.

Tentu saja ini berbeda dengan aplikasi lainnya yang terkadang mengharuskan Anda menjadi premium atau membayar untuk menggunakan gambar yang bagus.

Desygner juga menyediakan kurang lebih 1000 template yang siap digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Beberapa fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Desain template untuk membuat logo.
  • Template grafis sosmed (Facebook, twitter, instagram, pinterest,dll).
  • Membuat desain poster untuk bisnis, acara, klub, dan sebagainya.
  • Desain web banner atau blog posting siap pakai
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Aplikasi ini juga menawarkan berbagai ukuran untuk desain Anda. Selain itu, iklan yang ditampilkan untuk versi gratis juga tidak mengganggu kenyamanan Anda saat sedang melakukan desain.

3. Adobe Illustrator Draw

Dengan menggunakan aplikasi desain grafis android yang satu ini, Anda dapat dengan mudah untuk membuat karya seni yang lebih interaktif seperti vektor.

Dengan aplikasi ini, ANda dapat membuat desain dengan mudah menggunakan template yang tersedia. Selain itu, Anda juga bisa membuat desain secara manual.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Android untuk Pemula

Fitur-fitur menarik yang diberikan:

  • Zoom hingga 64x untuk menerapkan detail yang lebih halus.
  • Sketsa dengan lima pen tips berbeda dengan adjustable opacity, size dan color.
  • Bekerja dengan banyak gambar dan layer gambar.
  • Ganti nama, duplikat, gabungkan, dan sesuaikan setiap layer.
  • Masukkan stensil bentuk dasar atau bentuk vektor baru dari Capture.
  • Kirim file asli yang dapat diedit ke Illustrator atau PSD ke Photoshop yang secara otomatis terbuka di desktop Anda.

Dengan aplikasi ini Anda dapat mulai membuat karya dan berkreatifitas di smartphone Android Anda dimana dan kapan saja.

4. Canva

Selain di website, Anda pun dapat menggunakan tools desain grafis ini di smartphone Anda. Aplikasi satu ini sangat mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun.

Saya sendiri menggunakan Canva untuk membuat thumbnail untuk youtube, membuat gambar untuk blog, membuat konten untuk pinterest dan lain sebagainya.

Untuk menggunakan Canva, ada 2 jenis member yaitu gratis dan berbayar. Namun, dengan versi gratis saja Anda sudah bisa mendapatkan banyak fitur.

Canva dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan seperti:

Mengedit gambar dan video.
Buat logo, sampul buku, desain blog dan sebagainya.
Membuat undangan semua acara: kartu ulang tahun, undangan pernikahan, dll.
Pembuat quotes, selebaran, spanduk untuk semua acara.
Dan masih banyak lagi lainnya.

Anda hanya butuh beberapa menit saja untuk membuat desain grafis yang menarik di Canva. Anda hanya perlu mengeluarkan kreatifitas, smartphone, dan internet untuk memulai.

5. SketchBook

Bagi Anda yang gemar dengan animasi-animasi Jepang atau lebih dikenal dengan anime, aplikasi Sketchbook ini mungkin cocok untuk Anda.

Karena dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menggambar anime tanpa perlu menggunakan template dengan fitur layer dan pen yang tersedia.

Aplikasi yang satu ini sendiri sudah mendapatkan review 4,1 dari total 336.000 lebih pengguna. Jadi tak salah jika aplikasi yang satu ini terbilang bagus.

Aplikasi Desain Grafis di PC

1. Adobe Photoshop

Soal pengeditan foto, tentu saja Adobe Photoshop adalah juaranya. Software ini sudah sangat populer karena digunakan puluhan juta orang dari seluruh dunia.

Software ini juga populer dikalangan para fotografer karena dapat membuat hasil foto mereka menjadi terlihat sempurna dengan proses editing yang simple.

Bukan hanya edit foto, tapi logo, membuat spanduk, poster, dan lain-lain, aplikasi ini juga sangat diandalkan oleh para desainer grafis.

Dengan jumlah komunitas yang besar, tentu saja sangat mudah untuk menemukan tutorial cara menggunakan Adobe Photoshop ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

2. Adobe Illustrator

Walaupun masih dalam satu nama “Adobe” tapi Adobe Illustrator ini lebih dikenal sebagai software desain grafis pc yang digunakan untuk membuat desain vektor.

Jika Anda inging membuat desain yang lebih rumit seperti membuat sketsa, tipografi, dan sebagainya, software ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Bagi Anda yang senang dengan gradiasi, software ini menyediakan pilihan warna yang lengkap dibandingkan yang lainnya sehingga cocok untuk Anda.

Adobe Illustrator juga dapat membantu Anda membuat landing page yang menarik sehingga software ini juga sangat berguna untuk Anda yang menggeluti dunia web developer.

3. Corel Draw

Dengan fungsi yang sama yaitu untuk membuat desain grafis untuk vektor, tak jarang aplikasi ini disebut saingan berat dari Adobe Illustrator.

Walaupun Corel Draw memberikan beberapa fitur yang tidak dapat Anda temukan di Adobe Illustrator, tapi keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Corel Draw sendiri lebih banyak digunakan oleh mereka-mereka yang memiliki bisnis di bidang percetakan, publikasi, dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan visualisasi.

4. InkScape

Aplikasi satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar seputar desain grafis. Dengan menggunakan antarmuka yang sederhana tentu akan membuat Anda lebih mudah mengerti.

Anda dapat membuat desain vektor ataupun gambar dengan format SVG dengan cepat dan mudah. aplikasi ini bisa digunakan di berbagai OS seperti windows, Mac OS, dan juga linux.

Baca juga: 2 Cara Install Google Chrome di Elementary OS

Jika dibandingkan dengan kedua aplikasi sebelumnya, tentu saja aplikasi satu ini tebilang kurang dari segi fitur. Namun, untuk fitur standart, tentu ada.

5. GIMP (GNU Image Manipulation Program)

GIMP merupakan sebuah perangkat lunak untuk manipulasi grafis yang berbasis raster. GIMP sendiri merupakan aplikasi gratis dan open source yang berarti siapa saja dapat ikut mengembangkannya.

Aplikasi ini lebih banyak digunakan oleh pengguna OS Linux, saya sendiri menggunakan aplikasi GIMP untuk membuat logo, poster, dan sebagainya.

GIMP menjadi salah satu alternatif desain grafis yang fiturnya 11-12 dengan aplikasi berbayar lainnya. Dengan antarmuka yang sederhana, akan membuat Anda lebih mudah memahaminya.

Penutup

Itulah dia 10 daftar aplikasi desain grafis untuk Android dan juga PC yang bisa Anda gunakan. Mana yang menjadi pilihan Anda untuk membuat design pertama Anda? Jawab di kolom komentar.