Aplikasi Antivirus untuk Smartphone yang Recommended

Antivirus merupakan salah satu aplikasi yang wajib dimiliki baik untuk PC atau bahkan Smartphone. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai aplikasi antivirus terbaik untuk Smartphone.

Dengan adanya antivirus ini maka diharapkan akan membuat Smartphone Anda akan lebih terjaga dari virus atau malware yang menyusup.

Dengan adanya virus atau malware maka ponsel Anda akan menjadi rusak atau bahkan yang paling berbahaya adalah diretas dan semua data penting milik Anda akan dicuri.

Baca juga: Fitur Penting Smartphone yang Harus Diperhatikan

Lalu, melalui jalur apa sajakah sebuah virus dapat masuk ke dalam ponsel? Virus dapat masuk melalui file yang Anda download saat sedang browsing, melalui link yang tidak jelas, dll.

Aplikasi Antivirus untuk Smartphone

Lalu, apa sajakah aplikasi antivirus untuk Smartphone yang bisa menanggulangi hal di atas? Saya sudah merangkum beberapa aplikasi terbaik dibawah ini:

1. Avast Mobile Security

Aplikasi antivirus untuk Smartphone yang sangat direkomendasikan adalah Avast Mobile Security. Avast ini selain tersedia versi untuk PC juga tersedia versi untuk Mobile.

Ada dua versi dalam Avast Mobile Security ini yaitu versi gratis dan versi berbayar.

Kelebihan: Jika Anda ingin melakukan upgrade ke versi berbayar, maka versi premium ini bisa dibilang murah dan terjangkau. Selain itu, kinerja anti malware di Avast ini cukup baik dan solid.

Kekurangan: Jika Anda menggunakan versi gratis maka akan ada banyak iklan yang akan muncul selain itu fitur Anti theft nya tak terlalu dapat diandalkan.

2. Norton Mobile Security

Aplikasi antivirus untuk Smartphone yang selanjutnya adalah Norton Mobile Security. Sama seperti Avast, Anda juga bisa melakukan upgrade dengan menggunakan versi berbayar.

Baca juga: 10 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android

Kelebihan: Dengan menggunakan versi berbayar Anda bisa mendapatkan fitur App Advisor yang dapat memeriksa aplikasi di Google Play Store mengenai keamanan dan juga privasi.

Desainnya juga terbilang sangat intuitif dan juga deteksi malwarenya yang cukup baik.

Kekurangan: Menggunakan versi premium ini bisa dibilang cukup mahal, setidaknya Anda harus mengeluarkan uang di kisaran 400 ribuan per tahun.

Sementara itu, jika menggunakan versi gratis akan ada banyak iklan yang akan muncul.

3. MCAfee Mobile Security

Aplikasi antivirus untuk Smartphone yang ketiga adalah McAfee Mobile Security. Anda bisa menggunakan versi berbayar ataupun versi gratisnya.

Sama seperti Norton Mobile Security, harga untuk versi berbayarnya sekitar 400 ribuan per tahun. Namun, apabila Anda menggunakan VPN Client maka Anda harus membayar lebih mahal lagi.

Baca juga: Aplikasi VPN Gratis Terbaik agar Internetan Lebih Aman

Kelebihan: Ada fitur Guest Mode yang bisa Anda aktifkan ketika ada teman yang ingin meminjam ponsel, berguna untuk diterapkan di seluruh aplikasi, dan juga banyak fitur yang bisa dibuka secara gratis.

Kekurangan: Sama seperti antivirus yang lainnya, jika Anda menggunakan versi gratis maka akan muncul banyak iklan yang tentunya sangat menganggu.

4. Google Play Protect

Sesuai dengan namanya, aplikasi antivirus yang satu ini berasal dari Google. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangannya? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikit:

Kelebihan: Tidak ada iklan, sistem anti theft nya bagus dan juga sistemnya ringan sehingga tak membebani Smartphone.

Kekurangan: Hanya dibuat khusus untuk Android.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Kecepatan Android

Penutup

Nah, itulah beberapa aplikasi antivirus terbaik untuk Android yang bisa Anda coba untuk mengamankan ponsel dari serangan virus dan malware yang mengancam.

Disarankan bagi Anda agar menggunakan satu saja jenis antivirus agar nantinya tidak akan ada masalah yang terjadi pada ponsel.