Apakah Media Sosial Mempengaruhi SEO dari Sebuah Website?

Apakah Media Sosial Mempengaruhi SEO? – Halo semuanya, manajemen media sosial adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran, tetapi juga merupakan bagian penting dari strategi SEO yang baik.

Perkembangan media sosial saat ini telah meningkat seiring dengan popularitasnya. Ini berarti bahwa Google dan mesin pencari lainnya tidak dapat mengabaikannya, termasuk Anda juga tidak boleh mengabaikannya.

Mungkin saat ini, Anda sering melihat tweet dari seseorang tampil saat Anda mencari sesuatu. Silahkan perhatikan gambar dibawah ini, disini muncul tweet saya yang berisi tweet saya beberapa jam lalu.

Baca juga: Pengaruh SEO untuk Keberhasilan Bisnis

Disitu ada salah satu tweet saya yang berisi link yang menuju kesalah satu artikel saya. Tentu saja itu merupakan sebuah keuntungan, benar?

Jadi apakah media sosial mempengaruhi seo? Mari kita ulas bersama-sama.

Apakah Media Sosial Mempengaruhi SEO?

Pelanggan mencari Anda

SEO merupakan cara agar situs Anda segera ditemukan, jadi mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Jika orang mencari Anda, pastikan mereka dapat menemukan Anda!

Pelanggan yang telah mendengar tentang merek Anda dapat mencari di media sosial atau bahkan melalui Google. Sebagai perusahaan atau merek profesional, mereka berharap Anda ada di media sosial.

Anda tentu tidak ingin mereka datang dan tidak menemukan Anda. Lebih buruknya lagi mereka masuk ke tempat/media sosial pesaing Anda yang memiliki nama brand yang hampir sama dengan brand Anda.

Baca juga: Pentingnya Konten Instagram untuk Keberhasilan Online Shop Anda

Untuk alasan tersebut, maka Anda harus melakukan claim untuk profile Anda. Walaupun saat ini Anda tidak berniat untuk bergabung di media sosial, tapi Anda harus tetap membuatnya untuk claim brand Anda.

Jika Anda terdaftar di platform media sosial dan tidak berencana untuk mengaktifkan profil tersebut, beri tahu pengunjung Anda. Tambahkan opsi lain untuk menemukan Anda pada bagian profile Anda.

Jelaskan dalam posting/bio/dll bahwa meskipun Anda tidak aktif di sana, mereka telah menemukan brand yang tepat dan mereka dapat menghubungi Anda melalui opsi yang lain seperti email, whatsapp, dll.

Jika Anda memutuskan untuk mulai menggunakan platform media sosial di masa depan, Anda sudah siap untuk memulai.

Siapkan Akun Media Sosial Anda

Ketika Anda siap memiliki akun media sosial, maka siapkan dengan serius. Gunakan logo berkualitas tinggi dan lengkapi semua bidang yang disediakan.

Jika Anda memiliki toko fisik: tambahkan dan beritahu kapan waktu bukanya. Anda juga bisa mendaftarkan bisnis Anda ke Google Bisnis untuk memberikan informasi detail seputar bisnis Anda.

Secara umum, pastikan profil Anda terlihat profesional, up to date, dan konsisten. Gunakan brand yang sama di semua platform sehingga orang dan mesin pencari mengetahui bahwa itu adalah Anda.

Contoh: “Abdul Muhajir” Saya menggunakan nama dan username yang hampir semua sama disemua platform (kecuali tidak tersedia).

  1. Instagram: abdulmuhajir
  2. Twitter: abdulmuhajir
  3. Facebook: /abdulmuhajirr
  4. Pinterest: abdulmuhajirr
  5. LinkedIn: abdulmuhajir

Akun Socmed Ditampilkan di Hasil Pencarian

Tahukah Anda bahwa akun sosial Anda dapat muncul ketika orang mencari merek Anda di mesin pencari? Misalnya, pada google bisnis; lihat gambar goole bisnis saya dibawah ini.

Itu terlihat dan memberi kesan yang profesional, benar begitu? Itu menambahkan kepercayaan kepada calon costumer karena mereka tidak perlu ragu ketika klik tombol media sosial tersebut.

Google Menampilkan Tweet Terbaru

Apa yang saya pikir sangat keren adalah bagaimana Google secara teratur menampilkan tweet akun baru-baru ini, hanya di antara hasil pencarian lainnya.

Di bawah ini adalah contoh dari apa yang disebut tweet carousel yang muncul saat mencari di Google.

Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bisnis Anda dan apa yang ada di sekitarnya, sambil membuat orang mengunjungi dan mengikuti profil Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dapatkan Tempat Anda di Hasil Pencarian

Konten seperti tweet carousel terjadi lebih banyak di hasil pencarian! Hal yang sama berlaku untuk akun sosial Anda yang lainnya.

Baca juga: Cara Daftar Internet Banking BCA dari ATM dan Cara Aktivasi KeyBCA

Semakin banyak tempat yang Anda dapatkan dalam hasil pencarian, semakin besar tekanan pada hasil lainnya.

Ini jelas meningkatkan peluang orang mengklik salah satu media sosial atau lebih banyak pula lalu lintas ke situs web Anda.

Sekarang setelah Anda menyadari manfaat sebenarnya dari mengklaim akun media sosial Anda, ketahui bagaimana pengaruh dari media sosial terhadap SEO.

Lalu Apakah Media Sosial Mempengaruhi SEO?

Idenya sangat sederhana: jika orang berbicara tentang Anda, online atau offline, Anda relevan.

Anda tahu, inilah yang dicari oleh mesin pencari: Google ingin memberikan hasil yang paling relevan bagi pengguna.

Mereka senang memberikan hasil pencarian yang mereka tahu bahwa itu menarik bagi orang lain.

Jadi, jika Anda menyediakan konten luar biasa di situs web Anda, mengapa tidak mempostingnya lebih banyak dengan merujuknya di tempat lain, seperti Facebook, twitter, dll.

Ini adalah konten Anda, jadi hak Anda untuk membagikannya. Bantu orang lain menemukan Anda!

Dengan membujuk orang untuk mengklik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, membaca, dll, posting media sosial mereka dapat secara signifikan meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda.

Brand Awareness Melalui Media Sosial

Sukses di media sosial akan meningkatkan brand awareness. Jika Anda berbagi konten premium, orang-orang akan menghubungkan pengalaman positif ini dengan merek dan pengalaman Anda.

Baca juga: Pengertian dan Cara Membangun Brand Awareness

Mereka dapat membagikan konten tersebut dan Anda akan menjangkau audiens baru. Algoritma media sosial adalah mana konten yang paling banyak disukai maka akan lebih cepat menyebar.

Sekarang, jika orang-orang baru ini datang dan menikmati konten Anda, mereka dapat mulai mengikuti Anda! Mereka akan mengenal Anda, produk, layanan, atau apa pun yang ingin Anda ketahui.

Media Sosial dan SEO

Saya tidak mengatakan bahwa dengan hadirnya Anda di media sosial, maka akan langsung meningkatkan traffic website Anda, langsung banyak yang follow Anda, dan lain sebagainya.

Namun, ini secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan brand awareness, meningkatkan lalu lintas, dan orang-orang yang menikmati konten Anda, semuanya dapat membantu situs web Anda berhasil.

Maka Anda tahu bahwa menggunakan media sosial dapat berdampak baik pada brand Anda.

Tetapi salah satu yang paling sulit adalah apa yang Anda “lakukan”? Jenis konten apa yang harus dibagikan? Bagaimana Anda membuat rencana media sosial untuk bisnis atau blog Anda? atau berapa lama Anda melakukannya.

Penutup

Itulah sedikit penjelasan tentang “apakah media sosial mempengaruhi seo” semoga dapat bermanfaat dan bagikan jika post ini bermanfaat.