Apa Itu Website: Pengertian, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

Apa itu website? Bagi Anda yang sudah bermain di dunia Internet sejak lama pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sebuah website.
Apa itu website

apa itu website

Mungkin saat ini orang hanya mengenal website sebagai tempat untuk menemukan informasi dari Internet.

Walaupun website saat ini sudah dijadikan sebagai lahan mencari informasi, berbisnis dan lain sebagainya, tapi tidak banyak yang tahu dengan jelas apa itu website, fungsi, sejarah dan manfaatnya.

Baca juga: Cara Mengatasi The Site Is Experiencing Technical Difficulties

Maka dari itu, saya akan mengulas tuntas apa pengertian website, bagaimana sejarah website itu ada, apa saja fungsi website dan tentu saja apa manfaat sebuah website.

Silahkan simak dibawah ini.

Apa Itu Website?

Pengertian Website

Website berasal dari 2 suku kata yaitu Web dan juga Site; merupakan pusat dari beberapa halaman web tertaut dan dapat diakses dengan mengunjungi halaman beranda situs menggunakan browser.

Dalam arti lain; website adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya.

Baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Sejarah Terbentuknya Website

Saat ini ada jutaan halaman website di internet, tetapi tahukah Anda bagaimana sejarah pembuatan website pertama kali?

Halaman web yang pertama kali online di dunia adalah http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html. Web ini resmi online pada tahun 1991.

Website ini dibuat oleh Tim Beners-Lee pada tahun 1980an dengan tujuan agar lebih memudahkan para peneliti ditempat ia bekerja ketika ingin melakukan pertukaran atau perubahan sebuah informasi.

Kala itu tidak semua orang bisa memiliki website mereka sendiri. Tepatnya pada tanggal 30 april 1993, website sudah dapat dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Unsur-unsur Didalam Website

Website tidak akan berjalan tanpa adanya unsur pembangun website didalamnya. Apa saja unsur tersebut? simak dibawah ini.

Domain

Apa itu domain? Domain adalah sebuah alamat atau nama unik dari sebuah website yang berfungsi untuk mempermudah orang lain untuk menemukan website tersebut.

Contoh domain; abdulmuhajir.com. idblog.net, idblogschool.com.

Selain ekstensi .com, .net, .org, masih banyak lagi ekstensi domain yang tersedia dan bisa Anda gunakan.

Web Hosting

Hosting secara simple dapat diibaratkan sebagai wadah atau gudang tempat menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website.

Di era saat ini, sudah sangat banyak sekali penyedia jasa web hosting yang ada didunia, termasuk Indonesia. Harga yang ditawarkan dari masing-masing penyedia jasa ini juga beragam.

Konten

Sebuah website dibangun untuk membagikan konten secara lebih luas. Konten yang dibagikan di website juga beragam, bisa berisi informasi, berita, produk, dan banyak lagi lainnya.

Konten sebuah website ditentukan dari Niche (tema) yang ditentukan website itu sendiri. Saya ambil contoh;

  • abdulmuhajir.com : Konten seputar blogging, bisnis dan internet marketing.
  • idblog.net : Jasa pembuatan website
  • idblogschool.com : Konten seputar hiburan dan tips

Jenis-Jenis Website

Seperti yang kita ketahui bersama, website adalah sebuah wadah atau tempat mencari sebuah informasi. Pada saat awal kemunculannya, website hanya berisi atau menampilkan tulisan saja.

Namun dengan semakin perkembangan, saat ini website tidak hanya sebatas untuk membagikan tulisan saja, ada banyak jenis lainnya seperti berikut ini.

Website untuk Pribadi

Maksud dari website pribadi adalah sebuah website yang hanya bertujuan untuk menulis artikel, ide pikiran, puisi dan semacamnya saja atau dalam kata lain bukan website yang khusus.

Untuk membuat website pribadi pun sangat mudah karena sudah ada banyak sekali layanan pembuat website atau blog yang bisa Anda gunakan secara gratis ataupun berbayar.

Contoh beberapa layanan yang dapat Anda gunakan adalah blogger.com, wordpress.com, wordpress.org (berbayar/self host), wix, dan banyak lagi lainnya.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari berbagai macam layanan yang tersedia. Contoh paling banyak adalah perbandingan antara Blogger.com dan juga WordPress.org.

Untuk menggunakan blogger.com, Anda tidak butuh biaya seperpun untuk menggunakannya alias gratis. Namun kekurangannya adalah semua database yang ada di situs Anda ada didalam genggaman google.

Selain itu ada embel-embel blogspot.com dibagian akhir blog Anda (contoh.blogspot.com). Walaupun bisa dihilangkan dengan mengganti domain, tapi balik lagi database Anda ada di google.

Jika suatu saat, blog Anda bermasalah dengan google, maka semua data-data Anda akan hilang.

Namun hal sebaliknya dengan wordpress.org, Anda butuh biaya untuk sewa hosting dan domain. Namun semua database ada di tangan Anda sendiri. Sehingga jika terjadi sesuatu, Anda memiliki backup data web Anda.

Online Shop/Toko Online

Saat ini, pemasaran, promosi atau bahkan menjual suatu produk tidak lagi hanya sebatas memiliki toko fisik (ruko) atau memasang poster di pinggiran jalan saja.

Sekarang, Anda bisa melakukan semuanya menggunakan website ataupun media sosial. Saya yakin Anda sudah paham sistem toko online ini.

Salah satu kelebihan memiliki online shop adalah Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dari seluruh penjuru dunia hanya dengan memiliki sebuah website.

Dengan begitu, tentu saja keuntungan dari penjualan produk Anda akan lebih besar daripada sebelumnya yang hanya berjualan di toko.

Blog

Tidak jauh berbeda dengan point nomor 1, blog juga digunakan sebagai tempat untuk berbagi informasi dari si penulis blog tersebut.

Namun biasanya blog lebih banyak mengulas tips, trick, tutorial atau kisah pribadi dari sang penulisnya. Contoh blog; seperti yang sedang Anda baca saat ini.

Abdulmuhajir.com adalah sebuah blog yang berbagi tips dan trik seputar dunia website. Idblog.net adalah salah satu situs saya yang membahas seputar dunia bisnis, dan banyak lagi lainnya.

Ada banyak jenis website yang ada di internet, semua dibuat untuk peruntukannya masing-masing.

Manfaat Dari Website

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa website memberikan informasi kepada orang lain. Anda mencari informasi seputar website; Anda membaca tulisan ini “manfaat”.

Tapi, bukan hanya itu saja. Ada banyak sekali manfaat dari sebuah website yang tidak bisa saya jelaskan secara keseluruhan didalam satu artikel. Tapi, akan saya jelaskan beberapanya saja.

Sebagai Tempat Membangun Branding

Sebuah website dapat Anda gunakan untuk membangun branding, baik itu personal branding maupun untuk produk Anda.

Dengan memiliki website, Anda bisa dengan mudah untuk membangun brand yang kuat di produk atau diri Anda sendiri.

Anda bisa membagikan hasil karya dan portfolio Anda di website. Baik itu tulisan, foto, lukisan, gambar, desain grafis, hingga musik.

Membagikan Informasi

Website dapat Anda gunakan untuk membagikan informasi yang Anda ketahui kepada orang banyak yang membutuhkan. Pernahkah Anda mendapatkan tugas membuat kliping dari sekolah dulu?

Contohnya mencari tugas tentang biologi “Bagaimana Ayam Bertelur”, Anda mencari data dan informasi tersebut dari sebuah website lalu Anda print.

Informasi yang Anda gunakan untuk tugas tersebut berasal dari tangan-tangan penulis pemilik website tersebut yang membagikan ilmunya kedalam website.

Bisa Menghasilkan Uang

Last but not least, Anda bisa menghasilkan dengan memiliki sebuah website ataupun blog. Dapat uangnya darimana? Akan saya jelaskan lebih rinci pada artikel lainnya.

Saya jelaskan singkat saja, Anda bisa menghasilkan uang dari mengelola website dengan cara menjadi publisher, menjadi penulis lepas, menjual jasa Anda, atau kerja sama dari berbagai pihak.

Contohnya; menjadi publisher di google adsense, tugas Anda hanya menulis informasi yang bermanfaat di website Anda, memasang iklan dari google, selanjutnya Anda hanya perlu menanti orang klik iklan tersebut.

Setiap iklan adsense yang di klik oleh pembaca atau orang yang mengunjungi website Anda, maka Anda mendapatkan bayaran dari google adsense.

Selain itu, Anda juga bisa dengan menjual jasa. Jika Anda mahir editing, Anda bisa tawarkan kemampuan Anda di website Anda. Anda mahir menulis, Anda pun bisa tawarkan jasa tersebut.

Penutup

Itulah dia artikel singkat seputar apa itu website; pengertian, sejarah, jenis, dan manfaatnya. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan berlangganan dengan abdulmuhajir.com untuk mendapatkan artikel terbaru dari saya langsung ke email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *