Apa Itu Vaksin: Pengertian, Jenis, dan Ragam Manfaatnya

Sedari kecil Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya vaksin, tapi tahukah Anda apa itu vaksin, apa saja jenis-jenisnya dan apakah manfaatnya untuk tubuh manusia?

apa itu vaksin

Pada dasarnya manusia telah memiliki antibodi sendiri untuk melawan bakteri atau virus yang masuk kedalam tubuh. Namun, ada kalanya antibodi tubuh Anda tidak dapat menangani virus tertentu.

Pada saat itulah, vaksin diperlukan untuk membantu menghancurkan virus tersebut. Selain itu, juga untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit tertentu.

Pengertian Apa Itu Vaksin

Dikutip dari Wikipedia, Vaksin merupakan bahan antigenik atau senyawa yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan tubuh manusia terhadap suatu penyakit tertentu.

Baca juga: Cara Periksa COVID-19 Melalui Halodoc

Antigenik didalamnya mengandung bakteri atau racun yang telah dilemahkan ataupun dimatikan. Senyawa tersebut akan membantu tubuh Anda untuk memproduksi antibodi.

Senyawa tersebut di ibaratkan sebagai seorang “Prajurit pertahanan”. Dimana prajurit ini akan bertugas membentuk antibodi dengan cepat untuk melumpuhkan virus yang menyerang tubuh Anda.

Jenis-Jenis Vaksin

Jika melihat jenis yang tersedia, ada banyak sekali jenis dan manfaatnya masing-masing. Berikut ini beberapa jenisnya berdasarkan kandungan didalamnya:

Vaksin Hidup

Vaksin ini mengandung virus atau bakteri yang dibiarkan hidup/tidak dubunuh, melainkan hanya dilemahkan saja. Jenis ini akan memberikan kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Vaksin Mati

Kebalikan dari sebelumnya hidup, vaksin jenis ini memiliki bakteri yang telah dimatikan dengan suhu panas. Namun, jenis ini cenderung memberikan kekebalan tubuh yang lemah.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis vaksin yang di anjurkan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Polio, untuk mencegah poliomyelitis. Vaksinasi diberikan pada anak-anak sebanyak 4 kali mulai dari usia 0-4 bulan.
  2. Campak, untuk mecegah campak dan biasanya diberikan pada anak-anal yang telah berusia 9 bulan.
  3. Hepatitis B, sesuai namanya, ini untuk mencegah hepatitis b dan diberikan dengan takaran yang disesuaikan dengan usia anak.
  4. BCG, jenis ini akan diberikan untuk mecegah penyakit tuberkulosis dan diberikan pada anak usia 0-2 bulan.
  5. TT, yang satu ini berguna untuk mencegah tetanus ataupun neunatal tetanus.

Apa Manfaatnya?

Diatas hanya beberapa diantara banyaknya jenis yang tersedia di dunia ini khususnya di Indonesia. Tapi, dari tadi hanya ada vaksinasi untuk anak. Adakah yang untuk orang dewasa?

Jawabannya “Ada”, jadi jangan berpikir bahwa hanya anak-anak saja yang membutuhkan vaksinasi. Ternyata orang dewasa juga membutuhkan vaksinasi pada keadaan tertentu.

Jika vaksinasi pada anak-anak karena daya tahan tubuh meraka yang masih lemah. Sedangkan pada orang dewasa untuk mencegah penyakit menyerang diri Anda.

Beberapa kriteria orang dewasa yang disarankan mendapatkan vaksinasi adalah ketika ia menghadapi kondisi atau resiko tertentu, misalnya berusia lanjut, hamil, atau belum pernah di imunisasi.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Vaksinasi?

Anda bisa menemukan penyedia vaksinasi yang terdekat di daerah Anda dengan Halodoc. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan terlengkap dan terpercaya.

Contohnya, Jika saat ini Anda berada di Yogyakarta, Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi Vaksin Yogyakarta dengan cara membuka halodoc dan pilih cari dokter.

Setelah itu, tinggal masukan lokasi Anda di Yogyakarta, masukan vaksinasi dewasa pada kolom search dan terakhir tinggal klik cari. Maka akan tampil seperti dibawah ini.

halodoc vaksin

Jika Anda berada di wilayah lain, langkah dan caranya juga sama. Jadi, tidak perlu repot lagi untuk mencari dokter atau rumah sakit yang terdekat di lokasi Anda.

Penutup

Itulah dia pengertian apa itu vaksin, jenis, dan apa saja manfaatnya. Semoga dapat bermanfaat.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan di share agar lebih banyak lagi orang-orang yang mengetahui apa itu vaksin dan bagaimana mudahnya untuk menemukan dokter.

2 pemikiran pada “Apa Itu Vaksin: Pengertian, Jenis, dan Ragam Manfaatnya”

  1. Edukasi soal vaksin emang sangat diperlukan sih. Kebanyakan orang berpikir kalau vaksin hanya untuk anak-anak saja, padahal vaksin juga ada yang ditujukan untuk orang dewasa juga.

    Thanks for sharing mas

    Balas

Tinggalkan komentar