Apa Itu Reksa Dana: Pengertian dan Macam-Macam Jenisnya

Apa Itu Reksa Dana? – Dewasa ini, ada banyak sekali jenis investasi yang tersedia bagi siapapun secara umum. Namun, setiap jenis investasi pasti memiliki peluang dan risiko yang berbeda pula.

apa itu reksa dana

Salah satu investasi untuk menghasilkan keuntungan yang bisa Anda mulai adalah dengan berinvestasi reksa dana. Apakah Anda tertarik untuk mulai berinvestasi reksa dana ini?

Jika iya, sebaiknya Anda pahami dulu pengertian apa itu reksa dana dan bagaimana cara untuk membelinya yang akan diulas dibawah ini.

Apa Itu Reksa Dana?

Reksa Dana adalah sebuah wadah dan pengelolaan dana untuk sekelompok investor untuk berinvestasi dalam instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan membeli unit reksa dana.

Baca juga: Portal Investasi untuk Mahasiswa, Cukup 10 Ribua saja!

Kemudian, Manajer Investasi (MI) bertugas untuk mengelola dana tersebut untuk diinvestasi ke dalam bentuk portofolio investasi, seperti saham, obligasi, pasar uang, dan lain sebagainya.

Periode yang disediakan oleh reksa dana dibagi menjadi dua bagian, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Investor dapat memilih periode investasi yang sesuai dengan keadaan mereka sebelum berinvestasi.

Setelah itu, investor akan mendapatkan keuntungan dengan membagikan dividen atau bunga yang dicatat dalam nilai aktiva bersih (NAB).

Aset yang diperoleh melalui reksa dana harus disimpan di bank kustodian yang tidak terafiliasi dengan manajer investasi. Bank penyimpanan ini akan menjadi tempat penitipan kolektif.

Baca juga: Bisnis Investasi Syariah yang Menguntungkan Setiap Tahunnya

Manajer investasi akan mendapatkan fee yang dihitung berdasarkan persentase nilai aset yang telah ditentukan sebelumnya. Secara umum, persentase ini disebutkan secara publik dalam brosur reksa dana yang dapat dibaca oleh semua calon investor.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Setelah kita membahas pengertian apa itu reksa dana, sekarang ketahui jenis-jenis dari reksa dana, silahkan baca dibawah ini.

1. Reksa Dana Saham

Jenis pertama adalah reksa dana saham, yang menginvestasikan setidaknya 80% dari portofolio yang dikelola dalam efek ekuitas (saham).

Nilai saham umumnya memberikan potensi pengembalian yang lebih tinggi dalam bentuk capital gain melalui pertumbuhan harga saham dan dividen.

Reksa Dana saham menawarkan potensi terbesar untuk pertumbuhan nilai investasi, namun sejalan dengan risikonya yang juga tinggi.

2. Reksadana Campuran

Reksa dana campuran adalah dana investasi dalam efek ekuitas dan efek hutang, yang sebagian tidak tercantum dalam kategori reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham.

Pengembalian dan risiko potensial reksadana campuran secara teori lebih dari reksa dana pendapatan tetap, tetapi lebih kecil dari reksa dana saham.

3. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Dana pendapatan tetap adalah reksa dana yang menginvestasikan setidaknya 80% dari portofolio yang mereka kelola dalam efek bersifat hutang.

Baca juga: Tips Menghindari Penipuan Pinjaman Online

Pertumbuhan nilai investasi dan risiko berinvestasi dalam jenis reksa dana ini lebih rendah daripada reksa dana campuran atau saham.

4. Reksa Dana Pasar Uang

Dana investasi pasar uang adalah dana investasi yang menginvestasikan 80% dalam sekuritas atau efek pasar uang, yaitu efek hutang dengan jangka waktu kurang dari satu tahun, seperti SBI, deposito.

Reksa Dana Pasang Uang adalah reksa dana terendah yang memberikan kinerja terbatas untuk pertumbuhan.

Reksa Dana Index

Merupakan dana investasi yang mengandung sebagian besar indeks (tidak semua, yang penting untuk mencerminkan indeks) dan dikelola secara pasif, yang berarti mereka tidak membeli atau menjual di pasar saham, kecuali ada subscription baru atau redemption.

Sehingga reksa dana indeks pada umumnya keuntungan dan kerugiannya sesuai dengan index tersebut (jika ada selisih, biasanya kecil). Jika reksa dana terdaftar di bursa, itu akan disebut dengan Exchange Traded Fund (ETF) dan harganya berfluktuasi setiap detik, sehingga sebenarnya terlihat seperti saham.

Penutup

Itulah dia pengertian apa itu reksa dana dan berbagai macam jenis-jenis dari reksa dana yang harus Anda ketahui sebelum mulai terjun untuk investasi reksa dana.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk jadi investor reksa dana?

JIka artikel “pengertian apa itu reksa dana” ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman-teman atau kerabat Anda agar bisa lebih bermanfaat lagi,terima kasih.

Tinggalkan komentar